Pusat Terapi Mata – Mata hitam sering kali disebabkan oleh cedera pada wajah atau kepala dan disebabkan oleh darah dan cairan lain yang terkumpul di ruang sekitar mata. Pembengkakan dan perubahan warna gelap menghasilkan “mata hitam”. Sebagian besar mata hitam merupakan cedera yang relatif ringan. Sebagian besar akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, tetapi bisa jadi menandakan cedera yang lebih serius. Terlepas dari namanya, “mata hitam,” mata itu sendiri biasanya tidak terluka. Lebih baik segera membawanya pergi ke pusat terapi mata, sebelum nantinya gejalanya akan bertambah parah.

Jaringan di sekitar mata dapat berubah warna dan bengkak secara signifikan tanpa cedera pada mata itu sendiri, seperti memar di sekitar mata. Kulit di sekitar mata sangat longgar, dengan sebagian besar lemak di bawahnya, dan cairan mudah menumpuk di area ini. Kulit di sekitar mata adalah salah satu tempat pertama yang membengkak ketika area wajah terluka. Tergantung pada lokasi dan jenis cedera, salah satu atau kedua mata dapat terpengaruh. Cedera pada area alis, hidung, dan dahi sering kali menyebabkan mata hitam karena gravitasi menarik darah dan cairan inflamasi ke dalam jaringan lunak di bawah dan di sekitar mata.

Saat mata hitam sembuh, pembengkakan di sekitar mata akan berkurang, dan memar secara bertahap memudar. Memar biasanya akan dimulai dengan warna ungu yang sangat gelap, dan seiring dengan memudarnya memar, memar dapat berubah menjadi ungu muda, lalu kehijauan, kemudian kuning sebelum menghilang.

Apa yang Menyebabkan Mata Hitam?

Penyebab paling umum dari mata hitam adalah pukulan pada mata, hidung, atau dahi. Tergantung di mana pukulan mendarat, salah satu atau kedua mata dapat terpengaruh. Pukulan pada hidung sering kali menyebabkan kedua mata membengkak karena pembengkakan akibat cedera hidung menyebabkan cairan terkumpul di jaringan kelopak mata yang longgar.

Penyebab Lain dari Mata Hitam Meliputi

  • Prosedur pembedahan pada wajah, seperti pengencangan wajah, blepharoplasty (pembedahan kelopak mata), pembedahan rahang, atau pembedahan hidung
  • jenis cedera kepala tertentu yang disebut fraktur tengkorak basilar menyebabkan kedua mata membengkak dan menghitam; kondisi ini biasanya digambarkan sebagai “mata rakun”.

Penyebab lain pembengkakan di sekitar mata meliputi (kondisi ini tidak selalu membuat kulit menjadi hitam dan biru di sekitar mata):

  • reaksi alergi,
  • gigitan,
  • selulitis (infeksi kulit di sekitar mata),
  • angioedema (pembengkakan, biasanya di sekitar kedua mata), dan
  • infeksi gigi.

Baca Juga: Mengatasi Ketidaknyamanan Alergi Mata dengan Solusi Pengobatan Terbaik

Apa Saja Gejala Mata Hitam?

Edema (pembengkakan) dan nyeri adalah tanda dan gejala mata hitam yang paling umum dan dapat disertai perubahan warna akibat memar. Awalnya, pembengkakan dan perubahan warna mungkin ringan. Area di sekitar mata sering kali mulai sedikit memerah dan kemudian berubah menjadi lebih gelap seiring dengan bertambahnya pembengkakan. Beberapa penglihatan kabur atau kesulitan membuka mata dapat terjadi, tetapi masalah penglihatan yang lebih serius lebih jarang terjadi. Dalam beberapa hari, area tersebut akan menjadi lebih ringan dan pembengkakan akan berkurang.

Tanda-tanda cedera yang lebih serius adalah penglihatan ganda, kehilangan penglihatan, posisi mata yang tidak normal dibandingkan dengan mata sebelahnya yang tidak ada sebelum cedera, atau ketidakmampuan untuk menggerakkan mata. Kehilangan kesadaran, darah atau cairan bening yang keluar dari hidung atau telinga, darah pada permukaan mata, atau sakit kepala yang terus-menerus juga dapat mengindikasikan cedera yang parah. Sehingga, lebih baik dengat segera pergi ke pusat terapi mata untuk mengobatinya.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah pusat terapi mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.