Orang dengan low vision terkadang membutuhkan bantuan untuk bergerak dengan aman di tengah masyarakat. Tujuan memberikan panduan adalah untuk membantu seseorang, agar mereka dapat melakukan perjalanan dengan percaya diri dan efisien sesuai kebutuhan dalam situasi tertentu.

Hal ini dapat mencakup perjalanan umum, dan contoh yang lebih spesifik seperti menggunakan eskalator atau masuk ke dalam kendaraan. Ingatlah, tidak semua orang dengan low vision akan membutuhkan jenis bantuan ini. Anda harus selalu menanyakan cara terbaik untuk membantu setiap individu.

Meskipun terkadang dibantu orang lain untuk menjalani aktivitas sehari-hari seseorang dengan penglihatan rendah tetap perlu secara rutin pergi ke spesialis mata. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar penglihatan tidak semakin buruk.

Menjalin Kontak

Perkenalkan diri Anda, meskipun Anda sudah mengenal orang tersebut.Tanyakan apakah mereka membutuhkan bantuan dan apakah mereka ingin dipandu ke tempat tujuan. Jika ya, lakukan kontak dengan menyentuhkan punggung tangan Anda ke punggung tangan mereka.Ini adalah sinyal bagi mereka untuk memegang lengan Anda.

Berikan Genggaman

Biarkan orang dengan penglihatan rendah atau kebutaan memegang lengan Anda tepat di atas siku – dengan empat jari mereka di bagian dalam dan ibu jari di bagian luar lengan Anda. Genggaman mereka harus kuat tetapi tidak cukup kuat untuk membuat Anda merasa tidak nyaman.

Genggaman Alternatif

Menautkan lengan mungkin lebih baik untuk orang lanjut usia, atau orang yang memiliki masalah keseimbangan. Menggenggam pergelangan tangan mungkin lebih nyaman untuk anak kecil atau di mana terdapat perbedaan ketinggian yang substansial. Seseorang mungkin lebih suka meletakkan tangan di bahu.

Sikap

Jaga agar lengan Anda tetap rileks. Lengan orang dengan low vision juga harus rileks, ditekuk sekitar 90 derajat dan dipegang di sampingnya. Mereka harus berdiri di samping Anda, sekitar setengah langkah di belakang.

Baca Juga: Tips Memilih Kacamata Minus: Jenis Lensa, Bingkai yang Sesuai, Buat Jadwal Temu dengan Spesialis Mata

Berjalan

Ketika Anda berjalan bersama, beritahukan orang tersebut akan adanya rintangan yang akan datang. Hal ini dapat berupa cabang pohon yang menjorok, perubahan arah, atau tekstur yang berbeda di bawah kaki.

Lorong yang sempit

Beritahukan orang tersebut jika Anda mendekati lorong yang sempit, atau lingkungan yang tidak memungkinkan untuk berjalan berdampingan. Gerakkan lengan Anda ke belakang dan posisikan secara diagonal di punggung Anda. Orang dengan penglihatan rendah akan meluruskan lengannya dan melangkah tepat di belakang Anda. Lengan mereka harus tetap terulur untuk mencegah Anda tersandung kaki satu sama lain.

Tangga dan eskalator

Selalu dekati tangga dan eskalator dari arah depan. Berhentilah sejenak di tempat mereka mulai. Beritahu orang tersebut jika tangga akan naik atau turun. Beri tahu orang tersebut di mana letak pegangan tangan dan biarkan mereka bergerak ke sisi tersebut. Tetap berada satu langkah di depan orang tersebut di tangga dan berjalanlah bersama dalam irama. Beri tahu orang tersebut jika Anda telah mencapai ujung tangga, atau beri tahu orang tersebut bahwa Anda akan turun dari eskalator: misalnya, dalam tiga detik.

Masuk ke dalam mobil

Bimbinglah orang tersebut ke pintu. Katakan kepada mereka ke arah mana mobil menghadap dan apakah itu pintu depan atau belakang. Letakkan salah satu tangan mereka di pegangan pintu dan biarkan mereka membuka pintu. Letakkan tangan yang lain di sudut atas pintu. Orang tersebut kemudian dapat menjangkau dan menemukan atap, tetap bersentuhan dengan atap hingga kepala mereka berada di dalam mobil.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan untuk pengobatan low vision.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.