Klinik Mata Jakarta – Diperkirakan 4,5 juta orang di seluruh dunia mengalami kebutaan akibat glaukoma, menjadikannya penyebab kebutaan tertinggi ketiga di seluruh dunia. Kondisi mata ini sulit didiagnosis karena gejalanya tidak langsung terlihat, melainkan berkembang perlahan selama bertahun-tahun. Ini berarti banyak pasien baru mencari pengobatan dengan pergi ke klinik mata, ketika mereka menyadari bahwa mereka kehilangan penglihatan mereka, ketika kerusakan yang signifikan telah terjadi.

Apa Saja Gejala Glaukoma?

Biasanya, penderita glaukoma yang paling umum tidak mengalami gejala apa pun hingga tahap akhir penyakit, ketika kerusakan parah pada saraf optik telah terjadi, menyebabkan bintik-bintik buta dan kehilangan penglihatan. Penderita glaukoma sudut tertutup akut, yang lebih jarang terjadi, dapat mengalami nyeri dan kemerahan pada mata serta sakit kepala yang parah. Beberapa orang dengan glaukoma sekunder mungkin juga mengalami gejala.

Tanpa akses ke layanan kesehatan mata dan pemeriksaan rutin setiap dua tahun sekali, tanda-tanda awal penyakit ini dapat terlewatkan, sehingga penyakit ini dapat berkembang dan menyebabkan gangguan penglihatan permanen dan kebutaan. Jika tidak diobati, hal ini dapat terjadi dalam waktu 10 hingga 20 tahun.

Apakah Glaukoma Dapat Disembuhkan?

Glaukoma tidak dapat disembuhkan, dan penglihatan yang telah hilang tidak dapat dipulihkan. Namun, kehilangan penglihatan lebih lanjut dapat dicegah melalui pengobatan atau pembedahan. Setiap pasien glaukoma memerlukan penanganan seumur hidup untuk mendapatkan hasil terbaik.

Glaukoma adalah sekelompok kondisi yang memengaruhi fungsi saraf optik, yaitu kumpulan saraf yang menghubungkan mata dengan otak. Bentuk glaukoma yang paling umum adalah peningkatan tekanan di dalam mata, yang mungkin menyebabkan cedera langsung pada saraf optik dan mengakibatkan kehilangan penglihatan, tetapi bentuk glaukoma lainnya tampaknya menyebabkan kerusakan saraf melalui mekanisme lain.

Tidak ada obat untuk glaukoma. Kerusakan saraf dan kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh penyakit ini tidak dapat dipulihkan. Biasanya, perawatan medis untuk glaukoma adalah proses seumur hidup, meskipun ada beberapa prosedur pembedahan yang dapat mengurangi atau menghilangkan kebutuhan akan perawatan lain, seperti obat tetes mata. Perawatan yang tersedia secara efektif memperlambat perkembangan penyakit dan mencegah kehilangan penglihatan, terutama jika terdeteksi pada tahap awal. Itulah mengapa pemeriksaan mata dan skrining glaukoma secara teratur sangat penting.

Obat-obatan (biasanya obat tetes mata, tetapi obat oral juga dapat digunakan), terapi laser, dan pembedahan konvensional dapat digunakan untuk menangani glaukoma, baik secara individual maupun kombinasi. Terlepas dari keragaman jenis dan penyebab glaukoma, semua pengobatan yang ada saat ini ditujukan untuk mengurangi tekanan di dalam mata, yang dikenal sebagai tekanan intraokular.

Baca Juga: Melihat Lebih Dalam: Fungsi dan Kesehatan Pupil Mata

Tidak ada obat untuk glaukoma, tetapi ada pengobatan yang dapat memperlambat perkembangan penyakit dan mencegah kehilangan penglihatan.

Obat Tetes Mata untuk Glaukoma

Jika Anda didiagnosis menderita glaukoma, spesialis pada klinik mata kemungkinan besar akan merekomendasikan obat tetes mata sebagai pengobatan lini pertama. Obat tetes resep dapat menurunkan tekanan mata dengan membantu mengalirkan cairan atau mengurangi jumlah cairan yang diproduksi oleh mata.

Terdapat beberapa kategori obat tetes yang digunakan untuk mengobati glaukoma. Obat tetes mata yang digunakan untuk mengobati glaukoma dapat memiliki berbagai macam efek samping. Risiko terjadinya reaksi yang merugikan akan semakin besar seiring dengan meningkatnya dosis obat.  Beberapa efek samping yang mungkin terjadi antara lain:

  • Mata merah, gatal, atau bengkak
  • Bulu mata, kelopak mata, atau iris mata menjadi gelap
  • Memanjangkan bulu mata
  • Merobek
  • Mulut kering
  • Penglihatan kabur
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Nyeri dada
  • Memburuknya asma atau kondisi bronkial lainnya

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas tinggi termasuk perawatan Ortho K.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.