Klinik Gangguan Mata – Apabila Anda ingin melakukan pemeriksaan eksternal mata, maka juga tidak kalah penting untuk mengetahui bagaimana anatomi mata normal pada bagian eksternal terlebih dahulu. Pada umumnya, pemeriksaan mata eksternal memiliki teknik yang cukup sederhana dan dilakukan tanpa memerlukan alat yang sifatnya invasif.

Apabila anda mengalami gangguan mata, maka penting untuk pergi ke klinik gangguan mata yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan pemeriksaan. Tentu saja juga sangat penting untuk berhati-hati dalam memilih klinik mata, supaya nantinya pemeriksaan mata anda bisa berjalan dengan baik dan hasilnya akurat.

Untuk anatomi mata di bagian eksternal adalah mata yang memiliki bagian, seperti konjungtiva, lacrymalis, apparatus, palpebra, alis, sklera, kornea, pupil, dan Iris. Bagian mata eksternal juga termasuk Arteri temporalis dan nodus limfatik. Pada bagian mata medial, sistem limfatiknya berada  pada bagian nodus limfatik submadibular.

Sementara itu, pada bagian lateralnya mengalir pada bagian nodus servikalis profunda dan nodus limfatik. Pada bagian lateral mata ini, terdapat Arteri temporalis pada bagian pelipisnya. Selain itu, juga terdapat penurunan pulsasi atau adanya nyeri tekan pada Arteri temporalis yang termasuk salah satu kriteria diagnosis arteritis temporal.

Seorang pasien ketika akan melakukan pemeriksaan mata eksternal maka pertama-tama untuk persiapannya, perlu melakukan anamnesis tentang keluhan yang dirasakan pasien. Anamnesis ini biasanya termasuk keluhan utama dan keluhan tambahan, alergi, penggunaan obat-obatan, dan tentunya riwayat penyakit.

Riwayat penyakit sistemik yang bersifat kronis, seperti gangguan tiroid, hipertensi diabetes melitus, dan penyakit yang bersifat genetik, umumnya bisa mempengaruhi organ mata. Tempat tinggal, pekerjaan, dan riwayat penyakit keluarga juga harus diketahui, sebab bisa menjadi faktor risiko gangguan yang terdapat pada mata.

Misalnya seperti, pterygium yang mempunyai faktor risiko bekerja di alam terbuka dan terkena paparan sinar ultraviolet yang sering dalam jangka waktu yang panjang. Anamnesis pada anak-anak biasanya dilakukan lebih banyak pada caregiver atau orang tua, anamnesis pada anak-anak ini sama halnya dengan analisis yang diberikan pada orang tua atau orang dewasa, tetapi biasanya ditambah juga dengan adanya perihal persalinan dan riwayat kehamilan, serta komplikasinya bahkan hingga riwayat tumbuh kembang anak. Tentu saja riwayat Penyakit herediter ini tidak kalah penting untuk diketahui oleh ahli mata.

Hanya seperti pemeriksaan biasanya, pemeriksaan mata pada bagian eksternal ini pasti akan mengharuskan pasien untuk mengambil posisi duduk dengan mata pasien yang sejajar dengan mata pemeriksa atau ahli mata. Tetapi, pada kondisi tertentu misalnya seperti pasien yang tidak sadar, maka pemeriksaan mata ini bisa dilakukan dengan cara memposisikan pasien secara supinasi.

Baca Juga: Kenali Gangguan Penglihatan Binokuler, Apakah Sangat Mengganggu Aktivitas Harian?

Prosedur pemeriksaan mata eksternal, akan dimulai dengan cara mempersiapkan berbagai alat yang dibutuhkan. Pastinya alat yang dibutuhkan untuk pemeriksaan ini Tentunya juga sederhana, yaitu pen light dan slit lamp. Selain itu juga diperlukan peralatan tambahan seperti stetoskop, exophthalmometer, dan penggaris.

Pemeriksaan mata yang satu ini akan dimulai menggunakan pencahayaan yang sedang. Pemeriksaan yang akan dimulai dari inspeksi alis, konjungtiva, palpebra, sklera, kornea, pupil, dan Iris. Anestesi atau pembiusan lokal bisa diberikan supaya bisa meredakan rasa nyeri dan mempermudah pemeriksaan.

Nantinya, juga diperlukan fluoresensi topikal yang dimanfaatkan untuk mendeteksi ulkus kornea, abrasi kornea, trauma penetrasi, maupun gangguan kornea lain. Untuk melakukan pemeriksaan mata eksternal yang akurat dan dapat dipercaya, maka anda bisa mendatangi klinik gangguan mata yang telah profesional dan memiliki optometri dengan segudang pengalaman.

Apakah Anda ingin melakukan pemeriksaan mata eksternal dan ingin mempertahan kondisi mata tetap optimal? Maka, lebih baik Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik gangguan mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.