Low Vision – Penglihatan yang baik memiliki peran penting dalam menentukan kualitas hidup seseorang. Namun, masih banyak orang yang kurang memahami betapa pentingnya hal tersebut. Bahkan, tidak sedikit orang yang mengabaikan gejala atau tanda ketika mata mengalami gangguan kesehatan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya kasus gangguan kesehatan mata yang sering terjadi. Tentunya hal tersebut akan memengaruhi kualitas hidup seseorang dan membatasi seseorang dalam memperoleh akses pendidikan ataupun pekerjaan. Maka dari itu, penting sekali bagi anda untuk menjaga kesehatan mata.

Tidak sedikit orang yang mengalami gangguan kesehatan mata, salah satunya low vision. Low vision atau bisa disebut dengan penglihatan yang rendah merupakan ketidakmampuan mata untuk berfungsi secara normal. Low vision dapat dialami oleh setiap orang dalam segala usia. Bahkan tidak menutup kemungkinan bayi yang lahir dapat mengalami hal tersebut. Berbagai faktor dapat memprakarsai terjadinya low vision termasuk faktor kesehatan. Faktor kesehatan atau penyakit yang dialami seseorang menjadi penyebab paling utama terjadinya low vision. Guna memahami lebih banyak lagi tentang low vision, perhatikanlah ulasan berikut ini.

Apa Itu Low Vision dan Tanda Low Vision?

Low vision merupakan salah satu gangguan kesehatan mata atau gangguan penglihatan dengan penurunan tajam dari fungsi penglihatan. Penurunan yang tajam dari fungsi penglihatan mengakibatkan terjadinya keterbatasan kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan harian secara mandiri. Berkurangnya ketajaman penglihatan memiliki dampak yang buruk bagi seseorang yang mengalaminya. Membaca, menulis bahkan berjalan akan terasa sangat sulit karena penglihatan yang buruk, buram dan tidak jelas. Sehingga, banyak penyandang low vision yang kesulitan untuk dapat melakukan aktifitasnya secara mandiri. Bahkan, kebanyakan penderita low vision akan kesulitan dalam mengenali atau berjalan pada lingkungan yang baru dan asing. Untuk itu, penting sekali mengetahui gejala low vision sejak dini agar dapat melakukan pencegahan secara maksimal.

Baca Juga: Maksimalkan Ortho Keratology untuk Mengatasi Miopi pada Anak

Pada umumnya penderita low vision seringkali kesulitan mengenali wajah serta mengukur objek seperti tangga, trotoar ataupun dinding. Oleh sebab itu, tidak heran apabila penderita low vision seringkali terjatuh ataupun terpleset karena tidak dapat melihat tangga ataupun jalan dengan jelas. Meskipun berbeda dengan kebutaan, low vision tetap harus diwaspadai. Tanda yang harus anda waspadai yang merupakan gejala terjadinya low vision diantaranya :

  • Objek berwarna terlihat pudar
  • Garis lurus terlihat miring
  • Sulit membaca dan menulis meskipun menggunakan kacamata
  • Sulit mengemudi di malam hari
  • Sulit mengenali wajah
  • Sulit membedakan warna
  • Sulit berjalan sendiri dan sering tersandung
  • Melihat televisi, komputer, handphone dengan jarak yang sangat dekat

Penyebab Low Vision dan Pemeriksaan Low Vision yang Bisa Dilakukan

Low vision seringkali disebabkan oleh adanya penyakit yang dialami penderitanya. Penyakit seperti katarak, glaukoma, albinisme, nistagmus, maupun kelainan saraf retina dan optik menjadi faktor utama yang dapat menyebabkan low vision. Pada bayi yang baru saja lahir, low vision dapat disebabkan karena kesalahan nutrisi pada saat dalam kandungan ataupun faktor lainnya. Namun, umumnya low vision terjadi akibat penyakit yang dapat menyerang fungsi atau saraf mata yang berpengaruh terhadap penglihatan.

Penderita low vision bukan berarti tidak memiliki penglihatan (buta) namun lebih kepada berkurangnya kualitas penglihatan yang dimilikinya. Tidak jarang seseorang dengan low vision masih memiliki penglihatan pada salah satu atau sebagian penglihatannya. Pemeriksaan low vision perlu dilakukan sejak dini begitu terdapat tanda maupun gejala yang menjadi indikasi adanya low vision. Pemeriksaan yang dilakukan bergantung pada tingkat low vision itu sendiri. Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan mengetahui sejauh mana ketajaman mata anda guna menentukan perawatan yang paling sesuai dengan kondisi anda.

Apabila anda membutuhkan low vision treatment, jangan ragu untuk menghubungi Vio Optical Clinic. Vio Optical merupakan klinik kesehatan mata professional yang menyediakan layanan pemeriksaan secara menyeluruh dengan peralatan medis yang canggih dan lengkap. Kami memberikan layanan terbaik bagi kesehatan mata anda. Segera hubungi kontak person Vio Optical Clinic sebagai solusi kesehatan mata anda dan keluarga dengan cara klik di sini.