Klinik Gangguan Mata – Asap tembakau adalah campuran berbahaya dari lebih dari 5.000 bahan kimia, banyak di antaranya beracun dan berpotensi merusak mata. Ulasan berikut ini berfokus pada beberapa kondisi mata utama yang dapat disebabkan atau diperburuk oleh merokok: Degenerasi Makula Terkait Usia, Katarak, Retinopati Diabetes, Penyakit Mata Tiroid, dan Neuropati Optik. Sehingga, apabila mengalami gangguan penglihatan tersebut segera pergi ke klinik gangguan mata untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang paling tepat.

Degenerasi Makula Terkait Usia (DMTU)

Degenerasi Makula Terkait Usia (DMTU) adalah istilah umum untuk berbagai kondisi degeneratif yang mempengaruhi makula, yaitu area pusat kecil retina di bagian belakang mata yang bertanggung jawab atas kejernihan penglihatan sentral. Saat makula rusak, penglihatan menjadi kabur, terdistorsi, dan gelap pada bagian tengahnya (disebut skotoma). Meskipun penglihatan tepi tidak terpengaruh oleh DMTU, kehilangan penglihatan sentral berarti aktivitas sehari-hari seperti membaca, mengemudi, dan menonton televisi menjadi sulit atau tidak mungkin dilakukan. Terdapat beberapa mekanisme biologis potensial yang menghubungkan antara merokok dan DMTU.

Singkatnya, asap rokok cenderung memiliki efek toksik pada retina. Merokok menyebabkan stres oksidatif, merusak retina dan mengurangi aliran darah di jaringan mata. Risiko terkena DMTU juga lebih besar pada perokok yang memiliki genetik terhadap kondisi tersebut.

Katarak

Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan penglihatan kabur dan, jika tidak diobati, dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Katarak sering kali terjadi sebagai bagian dari proses penuaan yang normal. Merokok merupakan faktor risiko utama dalam perkembangan katarak. Merokok menyebabkan sekitar 3 kali lipat peningkatan risiko perkembangan katarak. Risiko perokok terkena katarak meningkat seiring dengan jumlah rokok yang dihisap, dan katarak lebih parah pada perokok berat.

Meskipun mekanisme yang tepat yang menyebabkan katarak belum sepenuhnya dipahami, penghancuran nutrisi antioksidan oleh asap rokok merupakan salah satu hipotesis potensial, karena antioksidan dapat membantu menjaga transparansi lensa. Merokok juga dapat merusak mikronutrien lain yang penting untuk kesehatan jaringan mata.

Retinopati Diabetik

Retinopati diabetik adalah komplikasi mata yang berhubungan dengan diabetes, di mana pembuluh darah yang memasok retina rusak akibat kadar gula darah yang tinggi. Ketika pembuluh darah ini rusak, pembuluh darah dapat mengeluarkan cairan atau darah dan menumbuhkan jaringan parut yang dapat mendistorsi gambar yang dikirim retina ke otak.

Baca Juga: Bagaimana Buta Warna Mempengaruhi Pengalaman Hidup Seseorang?

Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan kebutaan. Merokok merupakan faktor risiko yang signifikan untuk mengembangkan retinopati diabetik pada diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Berhenti merokok, bersama dengan peningkatan kontrol metabolik di antara penderita diabetes tipe 1 merupakan perlindungan terhadap retinopati.

Merokok juga meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes, sehingga lebih sulit untuk mengontrol diabetes yang dapat menyebabkan retinopati. Sehingga, lebih baik untuk segera pergi ke klinik gangguan mata untuk mengobati gangguan-gangguan penglihatan yang dirasakan.

Penyakit Mata Tiroid

Penyakit mata tiroid (penyakit mata tiroid), adalah penyakit autoimun di mana otot mata dan jaringan lemak di belakang mata meradang. Hal ini dapat menyebabkan mata terdorong ke depan (‘menatap’ atau ‘melotot’) dan mata serta kelopak mata menjadi bengkak dan merah. penyakit mata tiroid terutama dikaitkan dengan penyakit Graves, di mana kelenjar tiroid menjadi terlalu aktif dan melepaskan terlalu banyak hormon tiroid. Namun, penyakit mata tiroid juga dapat terjadi pada orang dengan tiroid yang berfungsi normal.

Dengan kian terbukanya peluang bisnis apron atau celemek karena makin marak penggunaannya, apakah Anda ingin atau sedang bergerak di bisnis ini? Solusinya ya Woodcrafy. Woodcrafy telah dipercaya berbagai bisnis dan berpengalaman sejak 2018 dalam memproduksi klinik gangguan mata untuk 300++ bisnis FnB dan Horeca. Karena Woodcrafy melayani pesanan besar Anda secara custom sesuai dengan pesanan Anda. Baik itu custom logo, nama, serta quotes yang dicetak dengan teknik grafir dan bordir.

Woodcrafy klinik gangguan mata juga selalu menggunakan bahan dengan kualitas premium yang pastinya akan menjadi produk terbaik. Tunggu apa lagi, segera maksimalkan bisnis Anda melalui supply produk celemek atau apron bersama Woodcrafy dan hubungi kami sekarang juga!