Terapi Mata Minus – Bukan rahasia lagi bahwa dunia modern semakin digital, yang berarti kita sekarang menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar. Anak-anak juga sering menggunakan perangkat digital untuk sekolah dan hiburan. Meskipun perangkat digital telah membawa banyak manfaat, namun mereka juga dapat menimbulkan beberapa kelemahan. Ambil contoh kesehatan mata dan penglihatan. Peningkatan waktu di depan layar dapat menyebabkan banyak masalah, termasuk miopia atau rabun jauh. Sehingga, lebih baik segera melakukan terapi mata minus, setidaknya untuk menghambat perkembangan miopia tersebut.

Sebagian besar proses belajar dilakukan secara visual. Dan tanpa pemeriksaan mata anak secara teratur, masalah penglihatan yang tidak terdiagnosis dapat mempengaruhi aktivitas di dalam dan di luar kelas. Jadi, berapa banyak waktu di depan layar yang terlalu banyak? Mari kita cari tahu.

Apa itu Miopia?

Miopi (rabun jauh) terjadi ketika bola mata Anda terlalu panjang atau kornea Anda terlalu melengkung, sehingga cahaya yang masuk tidak dapat terfokus dengan baik. Cahaya terfokus di depan retina, bukan di retina. Benda-benda yang dekat terlihat jernih, tetapi benda-benda di kejauhan terlihat buram. Kemungkinan mewarisi miopi lebih tinggi jika salah satu atau kedua orang tua menderita rabun jauh. Miopi biasanya terjadi pada anak-anak. Karena mata Anda terus tumbuh, miopi akan berkembang hingga usia dua puluhan.

Miopi dan Waktu di Depan Layar

Meskipun banyak pasien miopia yang mewarisi kondisi ini, Anda juga dapat mengembangkan miopi karena faktor lain, termasuk peningkatan waktu yang dihabiskan untuk melihat layar.  Selama bertahun-tahun, anak-anak semakin sering menggunakan komputer dan sebagian besar perangkat lainnya sejak usia muda. Miopia yang disebabkan oleh terlalu banyak melihat layar bisa jadi disebabkan oleh perbedaan cara kita menggunakan mata saat melihat layar dibandingkan saat kita menggunakannya secara normal.

Penelitian mengungkapkan bahwa tingkat waktu di depan layar yang tinggi dikaitkan dengan risiko miopia sekitar 30% lebih tinggi. Dan jika dikombinasikan dengan penggunaan komputer yang berlebihan, hal ini meningkatkan risiko menjadi sekitar 80%.

Gejala penggunaan layar yang berlebihan pada anak-anak meliputi hal-hal berikut ini:

  • Ketegangan atau kelelahan mata akibat terlalu sering menggunakan mata dan silau dari layar
  • Sakit kepala akibat kelelahan mata
  • Penglihatan kabur saat memalingkan pandangan setelah fokus pada jarak yang sama selama beberapa waktu
  • Mata kering karena kurang berkedip saat fokus pada layar
  • Mengucek mata
  • Menyipitkan mata

Baca Juga: Pengobatan Sederhana yang Efektif untuk Mengatasi Mata Merah

Pengobatan untuk Miopia

Tidak ada obat untuk miopi, tetapi ada beberapa pilihan pengobatan yang menawarkan penglihatan yang lebih jelas. Pilihan tersebut antara lain:

  • Kacamata: Kacamata umumnya merupakan pilihan pertama untuk terapi mata minus. Dengan miopi, Anda mungkin hanya perlu memakai kacamata untuk beberapa aktivitas. Namun, pada miopi yang tinggi atau progresif, Anda mungkin perlu memakainya setiap saat.
  • Lensa kontak: Lensa kontak memberikan penglihatan yang lebih jelas dan bidang penglihatan yang lebih luas daripada kacamata. Ortokeratologi menggunakan lensa keras, yang dipakai terutama pada malam hari, untuk membantu meratakan kornea dan memberikan penglihatan yang lebih jelas di siang hari.

Cara Mencegah Miopia

Meskipun miopi dapat diobati, ada beberapa cara untuk mengurangi kecenderungan rabun. Kita tidak dapat menghilangkan perangkat digital dari kehidupan kita; yang dapat kita lakukan adalah mengikuti kebiasaan sehat di depan layar:

  • Batasi penggunaan perangkat digital sebelum usia 2 tahun.
  • Batasi waktu di depan layar pada anak-anak yang lebih kecil.
  • Gunakan perangkat digital untuk waktu yang lebih singkat, dan memiliki batas penggunaan per hari.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan terapi mata minus.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.