Terapi Mata Minus – Dalam beberapa tahun terakhir, diketahui bahwa jumlah penderita mata minus terus meningkat. Tidak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak maupun remaja mengalami peningkatan resiko mata minus dari tahun ke tahun. Perkembangan teknologi yang super canggih seperti sekarang ini, berperan dalam meningkatkan resiko mata minus. Penggunaan smartphone ataupun komputer yang seakan menjadi kebutuhan bagi setiap orang, memiliki pengaruh pada mata minus. Anak yang sering menghabiskan waktu dengan bermain gadget atau anda yang bekerja dalam waktu yang lama dengan komputer, memiliki resiko lebih tinggi akan mata minus.

Penyebab dan Gejala Mata Minus yang Harus Diketahui

Kedalaman bola mata yang terlalu panjang dan jarak antara kornea dan retina yang meningkat, menghasilkan resiko mata minus. Bola mata yang terlalu panjang dapat menyebabkan sinar cahaya fokus pada titik di depan retina bukan langsung pada permukaannya. Sehingga menurunkan kualitas visual seseorang dalam melihat satu benda atau objek. Selai itu, mata minus juga bisa disebabkan oleh kornea atau lensa yang terlalu melengkung untuk panjang bola mata. Sehingga, penglihatan seseorang tidak dapat berfungsi dengan baik. Dalam kasus ini, seseorang tidak dapat mengenali ataupun melihat dengan jelas suatu objek maupun benda yang lokasinya jauh dengan mereka.

Mata mius dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti keturunan dan lingkungan. Faktor keturunan atau genetik merupakan resiko yang diturunkan oleh orang tua pada anak. Sedangkan faktor lingkungan dapat berupa kebiasaan buruk yang kurang sehat seperti membaca sambil tiduran. Menonton televisi dengan jarak yang dekat juga tidak bagus bagi kesehatan mata. Apalagi terlalu lama menatap layar smartphone ataupun komputer yang menyebabkan mata lelah dan berisiko pada mata minus. Tidak hanya itu, asupan gizi yang diperoleh tubuh juga berpengaruh terhadap kesehatan mata. kurangnya mengonsumsi vitamin A yang dibutuhkan mata, akan mengganggu kesehatan mata anda.

Anda kesulitan membaca rambu-rambu jalan dan melihat objek yang jauh dengan jelas, tetapi dapat melihat dengan baik untuk jarak dekat ? Hal tersebut merupakan gejala umum terjadinya mata minus yang mungkin anda alami. Tanda-tanda dan gejala lainnya dari mata minus termasuk menyipitkan mata, mata terasa tegang dan seringkali merasa pusing. Mudah merasa lelah saat berkendara ataupun berolahraga juga patut diwaspadai sebagai gejala mata minus. Apabila anda mengalami gejala-gejala tersebut, akan lebih bijak apabila anda segera berkonsultasi dengan dokter ahli mata. karena pendeteksian secara dini dapat meningkatkan hasil perawatan yang optimal.

Baca Juga: Vision Therapy untuk Mata Strabismus (Mata Juling) pada Anak

Pengobatan Mata Minus

Dalam pengobatan mata minus pada umumnya menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk memperbaiki bagian yang tidak fokus. Tergantung pada tingkat mata minus yang dialami seseorang, penggunaan kacamata atau lensa kontak dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti contohnya ketika anda membaca ataupun bekerja dimana membutuhkan penglihatan yang jelas. Selain penggunaan alat bantu optik, anda juga harus memperhatikan beberapa kebiasaan yang harus diubah demi menjaga kesehatan mata anda. Salah satunya dengan menentukan postur tubuh yang baik ketika membaca ataupun menonton TV. Biasakan duduk yang tegap ketika anda sedang membaca. Jangan terlalu dekat dengan TV, layar handphone ataupun layar komputer, beri jarak setidaknya 30cm.

Selain itu, berada terlalu lama di dalam ruangan yang redup kurang baik bagi kesehatan mata anda. Mata anda perlu memperoleh sinar cahaya yang cukup untuk menjaga kualitas penglihatan yang baik. mata juga perlu waktu untuk istirahat dengan cukup. Setidaknya istirahatkan mata setelah 2 jam anda berada di depan komputer ataupun ketika mata terasa lelah. Mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur yang kaya akan vitamin A juga dapat menjadi opsi dalam pengobatan mata minus secara alami.

Bahkan sekarang ini terdapat sebuah metode pengobatan mata minus yang dipercaya efektif dalam terapi mata minus. Metode tersebut adalah orthokeeeratology, sebuah lensa yang dikenakan pada malam hari dan anda akan memiliki penglihatan yang jelas esok harinya. Anda menginginkan terapi mata minus terpercaya dan berkualitas? Jangan ragu untuk menghubungi Vio Optical Clinic melalui kontak person di sini. Kami memberikan pelayanan kesehatan mata terbaik bagi anda dengan didukung staff professional dan alat medis canggih yang lengkap.