Scleral Lens Dapat Menjadi Solusi Mata Minus Selain Ortho K?

Scleral Lens Dapat Menjadi Solusi Mata Minus Selain Ortho K

Vio Optical Clinic – Lensa kontak sklera menawarkan solusi unggul dalam koreksi penglihatan bagi pasien yang menderita ketidakteraturan kornea, seperti keratokonus, sindrom mata kering, dan kondisi mata lainnya, bahkan juga mata minus yang membuat mereka tidak dapat menggunakan lensa kontak biasanya. Scleral Lens dirancang untuk mengubah kornea yang tidak beraturan menjadi permukaan optik yang halus, mengoreksi ketidakteraturan dan memperbaiki penglihatan. Lensa ini digunakan pada bagian putih mata atau sklera, bukan pada bagian kornea. Hal ini untuk memaksimalkan kenyamanan karena lensa kontak yang sulit dipasang dapat menjadi tantangan, karena sklera kurang sensitif dibandingkan kornea.

Lensa ini memiliki komponen tambahan yang tidak terpisahkan dari desain revolusionernya, yaitu bagaimana Scleral Lens berada di mata dan menciptakan ruang antara lensa dan kornea. Ruang ini berfungsi sebagai reservoir dan diisi dengan larutan garam steril yang secara konstan membasahi kornea, menjaganya tetap terlumasi, membantunya sembuh, dan meringankan pasien dengan penyakit permukaan mata yang parah.

Kondisi Mata yang Dapat Diperbaiki dengan Menggunakan Scleral Lens

Meskipun Scleral Lens pada awalnya digunakan sebagai perawatan khusus untuk pasien dengan cedera mata atau berbagai kondisi mata, namun kini, Scleral Lens semakin populer di kalangan pasien dengan kornea normal yang mencari kenyamanan dan fitur-fitur berharga yang ditawarkan oleh Scleral Lens. Kondisi ini akan memburuk seiring berjalannya waktu dan dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur atau berkurang. Pasien dengan Keratokonus parah dapat secara signifikan mengurangi kebutuhan operasi kornea dengan menggunakan Scleral Lens.

Penderita sindrom mata kering dapat memperoleh manfaat yang signifikan dengan menggunakan Scleral Lens. Pelumasan konsisten yang diberikan oleh lapisan cairan di antara Scleral Lens dan permukaan mata membantu mengurangi kekeringan, ketidaknyamanan, dan gangguan penglihatan yang disebabkan oleh kondisi ini. Mata kering kronis adalah gejala umum penyakit ini. Scleral Lens merupakan pilihan terbaik untuk mengobati mata kering kronis selain hidrasi tambahan dan obat tetes mata. Pasien dengan kelainan kornea dan mereka yang menderita berbagai penyakit permukaan mata menemukan lensa kontak sklera sebagai alat terapi terbaik. Pasien-pasien ini mendapatkan manfaat dari hidrasi kornea yang terus menerus dan koreksi penglihatan yang optimal.

Scleral Lens merupakan perkembangan yang mengubah hidup banyak orang. Fakta-fakta mengenai Scleral Lens dan perkembangannya sungguh menakjubkan. Nama lensa ini berasal dari fakta bahwa lensa ini melayang di atas kornea dan mendarat di bagian putih mata, yang disebut sklera. Selain menawarkan alternatif yang nyaman dibandingkan lensa kontak standar, lensa ini juga dapat bermanfaat bagi pasien dengan kondisi mata tertentu. Selain kenyamanan yang diberikan oleh Scleral Lens, banyak dari kondisi ini yang dapat diatasi sepenuhnya atau sebagian dengan lensa jenis ini.

Baca Juga: Teknologi Terkini untuk Koreksi Mata Minus: Penglihatan Jernih Sepanjang Hari dengan Ortho K

Salah satu kondisi yang dapat ditangani oleh lensa kontak sklera adalah keratokonus. Kondisi ini mengubah struktur dan bentuk kornea pasien. Mata manusia memiliki desain yang spesifik, namun, kornea penderita keratokonus menonjol keluar. Keratokonus bisa menjadi sangat serius dan, menurut penelitian terbaru, berdampak pada sekitar 1 dari setiap 1.000 orang. Namun, perlu diketahui bahwa scleral lens ini bukan hanya bisa mengobati keratoconus saja, tetapi juga rabun jauh! Bahkan saat ini kondisi mata minus, tidak hanya terbatas pada perawatan dengan kacamat atau lensa koreksi seperti softlens.

Tetapi, juga dengan Ortho K dan Scleral Lens. Lensa kontak standar sering kali mengiritasi mata mereka yang mengalami kondisi ini, karena tidak dapat terpasang dengan baik pada permukaan mata. Lensa ini juga tidak dapat mengoreksi penglihatan secara memadai karena kornea dapat menjadi sangat tidak teratur pada kasus yang sedang hingga lanjut. Namun, Scleral Lens berada di atas kornea, sehingga efektif dalam mengatasi masalah ini.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.

Artikel Terkait

Promo Terbaru

Artikel Terpopuler

Pentingnya Pemeriksaan Mata