Klinik Mata JakartaXerophthalmia adalah penyakit mata akibat kekurangan vitamin A yang ditandai bersama dengan mata kering. Tanpa pengobatan, penyakit ini cenderung berkembang makin lama kritis seiring berjalannya waktu, bahkan sampai mengakibatkan rusaknya sungguh-sungguh terhadap kornea mata.

xerophthalmia
Gejala Xerophthalmia
Gejala xerophthalmia awalnya ringan, namun bakal makin tambah kritis kecuali asupan vitamin A penderita tidak kunjung terpenuhi. Kekurangan vitamin A sanggup mengakibatkan konjungtiva, yakni selaput tidak tebal yang melapisi kelopak mata dan bola mata, jadi kering, tebal, sampai berkerut. Hal inilah yang mengakibatkan munculnya tanda-tanda awal xerophthalmia.

Kondisi tersebut bakal dirasakan sebagai tanda-tanda mata kering oleh penderitanya. Gejala yang bakal dirasakan oleh penderita xerophthalmia akibat mata kering adalah:

Mata mulai gatal.
Seperti tersedia sesuatu yang mengganjal di di dalam mata.
Rasa pedih atau terbakar di mata.
Mata merah.
Rabun senja.
Penglihatan jadi kabur.
Mata lebih peka terhadap cahaya.
Saat xerophthalmia makin tambah parah, maka bakal keluar jaringan kornea mata yang melepuh atau disebut bersama dengan bintik Bitot. Jika dibiarkan, keadaan mata penderita sanggup jadi makin lama parah, ditandai bersama dengan munculnya luka memborok atau ulkus kornea. Hal tersebut beresiko gara-gara sanggup mengundang kebutaan permanen terhadap penderita.

Baca Juga : Pengertian Rabun Senja atau Sering Disebut Dengan Nyctalopia

Penyebab Xerophthalmia
Xerophthalmia disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Perlu diketahui, tubuh tidak sanggup mengolah vitamin A sendiri. Dalam keadaan normal, vitamin A sanggup didapat berasal dari makanan, baik berasal dari makanan hewani maupun nabati.

Xerophthalmia lebih rentan dialami oleh anak-anak dan wanita hamil gara-gara keduanya memerlukan lebih banyak vitamin A. Selain itu, orang yang mengalami masalah penyerapan vitamin A termasuk berisiko terkena xerophthalmia. Ada lebih dari satu keadaan lain yang mengakibatkan tubuh seseorang lebih sukar menyerap vitamin A, antara lain:

Mengalami kecanduan alkohol.
Diagnosis Xerophthalmia
Pada awal pemeriksaan, dokter bakal menanyakan keluhan yang dirasa mengganggu dan mempengaruhi mata pasien. Dokter termasuk bakal menanyakan perihal formalitas dan pola makan yang dijalani pasien tiap-tiap hari. Setelah itu, dokter bakal melaksanakan pemeriksaan fisik, terlebih terhadap mata pasien.

Dokter bisa saja termasuk bakal merekomendasikan pemeriksaan penunjang untuk menyadari penyakit yang sanggup mengakibatkan seseorang kekurangan vitamin A. Selain itu, dokter termasuk bakal melaksanakan tes darah untuk memeriksa takaran vitamin A atau retinol.