Vio Optical Clinic – Mengonsumsi makanan yang tepat sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan fungsi bagian tubuh kita. Dan ketika kita berbicara tentang makanan yang dapat membantu mata kita, hal pertama yang biasanya terlintas dalam pikiran kita adalah wortel. Sebelum itu, sangat penting untuk kita selalu memeriksakan mata rutin di klinik terbaik seperti VIO OPTICAL, supaya terhindar dari berbagai penyakit mata yang membahayakan. Kita sudah lama mendengar bahwa mengonsumsi sayuran berwarna oranye ini baik untuk mata dan dapat membuat penglihatan kita lebih baik. Meskipun ini adalah ide yang terkenal, kami tidak pernah mengira bahwa ada ilmu di baliknya.

Ilmu Pengetahuan di Balik Wortel untuk Kesehatan Mata Anda

Untuk menjaga kesehatan mata kita, bukan hanya dengan mengonsumsi satu jenis makanan saja, namun mengonsumsi campuran makanan yang baik sangatlah penting. Wortel sangat membantu, namun wortel bukanlah satu-satunya yang harus kita andalkan. Wortel memiliki sesuatu yang disebut beta-karoten, yang berubah menjadi vitamin A dan membantu mata kita, terutama bagian bening di bagian depan yang disebut kornea. Tapi kita juga membutuhkan vitamin lain seperti C dan E, serta mineral seperti seng dan sesuatu yang disebut omega-3. Mengunyah wortel saja tidak akan cukup.

Kita juga harus menyertakan makanan lain seperti sayuran hijau, buah-buahan, ikan, dan kacang-kacangan. Campuran makanan yang berbeda inilah yang benar-benar membantu mata kita tetap sehat dan memastikan kita dapat melihat dengan baik untuk waktu yang lama. Jadi, ingatlah, ini bukan hanya tentang satu jenis makanan saja; ini tentang menikmati berbagai jenis makanan yang baik untuk menjaga penglihatan kita tetap jernih dan cerah.

Kekurangan Vitamin yang Menyebabkan Penglihatan yang Buruk

Kekurangan vitamin dan mineral tertentu dapat menyebabkan berbagai masalah pada mata. Beberapa vitamin dan mineral sangat penting untuk menjaga penglihatan dan mata kita tetap sehat. Mari kita lihat beberapa masalah mata yang umum terjadi ketika kita tidak mendapatkan cukup nutrisi penting ini:

Kekurangan vitamin A: Vitamin A menjaga kesehatan penglihatan, terutama dalam kondisi cahaya redup. Kekurangannya dapat menyebabkan:

  • Rabun senja
  • Kekeringan pada mata
  • Ulkus kornea
  • Xerophthalmia
  • Berpotensi kehilangan penglihatan

Kekurangan vitamin C: Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu melindungi mata dari stres oksidatif dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah di mata. Tidak mendapatkan cukup vitamin C dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya:

  • Katarak
  • Gangguan penglihatan

Baca Juga: Pentingnya Merawat Mata pada Pasien yang Mengalami Diabetes

Sehingga, lebih baik untuk segera melakukan pengobatan dengan pergi ke klinik mata terbaik seperti VIO OPTICAL. Kekurangan vitamin E: Ini adalah antioksidan lain yang membantu melindungi mata dari bahaya oksidatif.

Peran Wortel dalam Kesehatan Mata

Seperti yang telah kita bahas, wortel kaya akan beta-karoten, dan tubuh kita mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga penglihatan yang baik dengan mencegah:

  • Mata kering: Vitamin A juga penting untuk menjaga selaput lendir yang menutupi mata, mencegah kekeringan dan ketidaknyamanan.
  • Rabun senja: Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai rabun senja, di mana seseorang mengalami kesulitan untuk melihat di lingkungan yang kurang cahaya.
  • Kesehatan kornea: Kornea adalah permukaan depan mata yang transparan. Vitamin A membantu menjaganya tetap sehat dan mencegah kondisi seperti xerophthalmia, yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang parah.
  • Katarak dan degenerasi makula: Meskipun vitamin A tidak secara langsung mencegah kondisi-kondisi ini, vitamin A berkontribusi pada kesehatan mata secara keseluruhan, yang dapat membantu mengurangi risikonya.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, seperti salah satunya adalah Ortho K untuk mengobati mata minus.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.