Vision Therapy – Presbiopi merupakan salah satu jenis kelainan refraksi yang mempengaruhi ketajaman penglihatan seseorang. Ini adalah kondisi dimana mata kehilangan kemampuannya untuk bisa fokus melihat objek jarak dekat secara bertahap. Presbiopi bisa terjadi secara alami dan merupakan bagian dari proses penuaan. Seiring dengan bertambahnya usia, maka kemampuan mata untuk bisa fokus juga mengalami penurunan. Penting sekali menjaga Kesehatan mata agar penglihatan jelas tetap terjaga.

Ketahui tentang Presbiopi

Lensa mata kita dikelilingi oleh otot-otot mata yang bersifat elastis. Dimana tugas dari otot-otot mata tersebut adalah mengubah bentuk lensa mata untuk memfokuskan cahaya. Sehingga cahaya tersebut bisa fokus dengan baik dan jatuh tepat di retina dan menghasilkan penglihatan yang jelas. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, otot-otot mata yang ada di sekitar lensa mata mulai kehilangan elastisitasnya dan mengeras. Sehingga menyebabkan lensa menjadi kaku dan tidak bisa berubah bentuk untuk memfokuskan cahaya tepat di retina.

Penurunan kemampuan lensa mata dalam memfokuskan cahaya membuat informasi visual yang diterima menjadi kabur. Seseorang yang mengalami presbiopi akan mulai mengalami penurunan kemampuan melihat benda yang dekat. Gangguan penglihatan ini biasa dialami oleh orang dewasa pada usia 40 tahun ke atas. Seseorang dengan gangguan penglihatan presbiopi biasanya baru menyadari gejalanya, saat mereka harus menjauhkan buku atau handphone agar terlihat jelas saat membacanya. Penderita presbiopi cenderung merasa lebih nyaman saat membaca atau melihat benda dengan jarak jauh.

Kenali Gejala Presbiopi

Penting sekali mengenali gejala presbiopi untuk melakukan deteksi dini. Semakin cepat gangguan penglihatan diobati, tentu hasil pengobatannya semakin maksimal. Gejala umum dari presbiopi yaitu pandangan yang menjadi buram saat melihat benda atau tulisan pada jarak dekat. Dan biasanya kondisi tersebut membaik apabila anda menjauhkan objek atau benda tersebut. Saat anda memaksakan mata untuk melihat tanpa alat bantu penglihatan, maka bisa menyebabkan mata lelah hingga nyeri kepala.

Penyebab Presbiopi pada Lansia

Penyebab presbiopi atau mata tua adalah pengerasan yang terjadi pada lensa mata. Kondisi tersebut terjadi karena faktor usia. Saat seseorang menginjak usia lanjut, maka terjadi pengerasan pada lensa mata yang kemudian membuatnya menjadi kurang fleksibel. Semakin tua usia seseorang, maka lensa mata juga kesulitan untuk bisa berkontraksi sehingga sulit untuk fokus pada objek yang dekat.

Baca Juga: Pentingnya Jaga Penglihatan Tetap Jelas di Usia Lanjut Sejak Dini

Beberapa faktor yang meningkatkan risiko presbiopi yaitu berusia lebih dari 40 tahun. Kemudian memiliki riwayat penyakit diabetes dan memiliki riwayat gangguan jantung. Serta mengkonsumsi obat dalam jangka waktu lama, seperti misalnya antidepresan, antihistamin, atau obat diuretic. Penting untuk menghindari faktor risiko tersebut, sehingga membantu mengurangi risiko presbiopi pada lansia. Menerapkan pola hidup sehat membantu memelihara Kesehatan mata yang memberikan penglihatan jelas meski telah memasuki usia lanjut.

Pemeriksaan Mata untuk Mendeteksi Presbiopi pada Lansia

Pemeriksaan mata penting untuk mendeteksi presbiopi atau mata tua. Pemeriksaan tersebut sangat diperlukan, terutama bagi mereka yang berisiko mengalami penyakit mata. Anda perlu untuk melakukan pemeriksaan mata dalam jangka waktu tertentu. Saat berusia 40 Tahun, pemeriksaan mata perlu dilakukan lima tahun sekali. Pada usia 40 tahun ke atas, pemeriksaan mata sebaiknya dilakukan rutin setiap 3 atau 4 tahun sekali. Melalui pemeriksaan mata rutin tersebut anda bisa melakukan deteksi dini presbiopi dan segera melakukan pengobatan yang tepat.

Sebagai gangguan penglihatan yang merupakan proses alami dan bagian dari penuaan, penting menemukan penanganan tepat. Dimana dalam hal ini layanan vision therapy dari eye care professional bisa membantu mencegah dan mengurangi risiko presbiopi. Penggunaan kacamata atau lensa kontak yang diresepkan bisa membantu lansia dengan gangguan presbiopi melihat jelas.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.