Vision Therapy – Permasalahan visual seringkali menjadi masalah yang dapat mengganggu kualitas hidup seseorang. Seperti yang diketahui, penglihatan atau sistem visual kita memiliki peran penting dalam mengolah informasi dari lingkungan sekitar. Sehingga penting memiliki visual yang baik dan jelas. Meski begitu, tidak jarang gangguan visual menyebabkan permasalahan yang tidak bisa diobati hanya dengan lensa korektif. Seperti halnya low vision, yang dapat memengaruhi ketajaman visual yang mengalami penurunan signifikan. Dimana kondisi ini membutuhkan penanganan khusus salah satunya vision therapy.

Gambaran Umum Low Vision

Low vision adalah istilah umum yang mengacu pada kehilangan penglihatan fungsional permanen. Yang mana tidak dapat diperbaiki dengan obat-obatan, pembedahan, atau kacamata. Pasien dengan low vision mungkin mengalami beragam penyakit, cacat lapang pandang, dan tingkat kehilangan penglihatan. Namun, secara umum, low vision dapat didefinisikan sebagai penurunan ketajaman visual atau bidang visual yang dihasilkan dari gangguan sistem visual. Penurunan ketajaman atau bidang visual ini mengakibatkan gangguan kemampuan untuk melakukan pekerjaan.

Pentingnya Pemeriksaan Low Vision

Pemeriksaan low vision harus merinci jenis dan kualitas defisit visual yang diderita pasien. Dan bagaimana mereka bisa beradaptasi dengan kehilangan penglihatan ataupun penurunan ketajaman visual yang dialami. Memeriksa dengan mendetail keluhan utama, serta riwayat kesehatan mata fujuga dibutuhkan. Dimana pemeriksaan perlu dilakukan secara menyeluruh, guna mengetahui kinerja sitem visual. Tujuannya untuk menentukan kondisi low vision yang diderita pasien. Karena tidak semua penderita low vision kehilangan penglihatan central, ada sebagian yang mengalami masalah penglihatan samping atau perifer.

Low vision sendiri adalah gangguan penglihatan yang tidak dapat diperbaiki dengan metode konvensional seperti kacamata, kontak atau operasi laser. Kondisi low vision ini seringkali dapat mengganggu kemampuan seseorang dalam menangani aktivitas sehari-hari. Sehingga pemeriksaan menyeluruh dibutuhkan segera agar kondisinya tidak semakin memburuk.

Penyebab Low Vision

Meskipun terkadang disebabkan oleh penyakit yang berkaitan dengan usia, low vision juga dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Penderita low vision umumnya memiliki kondisi penyakit seperti degenerasi makula, retinopati diabetik, glaukoma, dan penyakit mata lainnya. Cedera neurologis seperti stroke atau cedera kepala juga berisiko memunculkan kondisi low vision pada seseorang. Serta trauma pada mata akibat kondisi tertentu juga dapat berpengaruh pada low vision.

Baca Juga: Kenali Kondisi Low Vision dan Rehabilitasinya

Vision Therapy Untuk Low Vision

Vision therpay yang diperuntukkan untuk low vision akan membantu pasien menggunakan penglihatan mereka yang tersedia secara maksimal. Sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas sehari-hari dengan lebih efektif. Cara baru seperti menggunakan kaca pembesar dan peralatan adaptif lainnya mungkin dibutuhkan. Layanan vision therapy bagi penderita low vision dapat meliputi:

  • Evaluasi terapi okupasi
  • Rekomendasi keamanan rumah
  • Rekomendasi pencahayaan
  • Pelatihan membaca
  • Pelatihan keterampilan visual
  • Saran keamanan memasak
  • Peralatan adaptif
  • Pelatihan keterampilan hidup sehari-hari
  • Pelatihan kesadaran skotoma
  • Pelatihan lokus retina pilihan
  • Pelatihan tulisan tangan
  • Pelatihan alat bantu dan peralatan optik low vision lainnya
  • Pelatihan mobilitas

Perawatan yang dibutuhkan untuk penderita low vision tergantung pada jenis penyakit mata yang mendasari dan tingkat keparahan kondisinya. Dokter dapat menentukan langkah pengobatan yang tepat melalui pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh di awal program. Beberapa alat bantu low vision mungkin akan dibutuhkan untuk membantu pasien bisa menjalankan aktivitas dan kegiatan hariannya.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.