Vision Therapy – Tidak sedikit orang yang mengalami gangguan penglihatan yang disebabkan oleh berbagai faktor. Termasuk faktor dan risiko dari penyakit lain yang berpengaruh terhadap kesehatan mata seperti glaukoma. Gangguan penglihatan glaukoma  merupakan suatu kondisi yang merusak saraf optik mata sehingga memengaruhi kualitas penglihatan. Glaukoma yang semakin parah bisa berakibat pada hilangnya ketajaman visual secara menyeluruh.

Mengenal Apa Itu Glaukoma?

Tekanan yang meningkat di mata yang biasa disebut dengan tekanan intraokular, dapat merusak saraf optik. Saraf optik yang kita miliki bertugas untuk mengirimkan gambar ke otak. Dalam kebanyakan kasus penderita glaukoma tidak memiliki gejala awal atau nyeri yang dirasakan. Anda perlu untuk melakukan pemeriksaan glaukoma sebelum anda kehilangan penglihatan dalam jangka panjang. Menurunkan tekanan mata bisa membantu anda untuk menjaga penglihatan yang dimiliki. Pada kebanyakan orang dengan glaukoma yang mengikuti perawatan dan menjalani pemeriksaan mata secara teratur   dapat menjaga penglihatan mereka.

Glaukoma adalah kondisi mata yang merusak saraf optik, yang kesehatannya sangat penting untuk penglihatan yang baik. Kerusakan ini sering kali disebabkan oleh tekanan tinggi yang tidak normal pada mata. Kondisi ini adalah salah satu penyebab utama terjadinya kebutaan pada orang dewasa yang berusia di atas 60 tahun. Glaukoma sendiri juga dapat terjadi pada semua orang dengan beragam usia, tetapi lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Banyak bentuk glaukoma tidak memiliki tanda peringatan. Efek dari glaukoma sangat bertahap sehingga ada kemungkinan anda tidak melihat perubahan penglihatan sampai kondisinya berada pada tahap lanjut.

Penyebab Munculnya Glaukoma

Kehilangan penglihatan yang terjadi akibat glaukoma tidak dapat dipulihkan sepenuhnya, oleh karena itu penting untuk melakukan pemeriksaan mata rutin. Pemeriksaan ini mencakup pengukuran tekanan mata anda sehingga diagnosis dapat dibuat pada tahap awal dan ditangani dengan tepat. Jika anda bisa mengenali glaukoma sejak dini, maka kemungkinan untuk kehilangan penglihatan dapat diperlambat atau dicegah dengan baik. Penyebab utama terjadinya glaukoma adalah kegagalan mata untuk bisa menjaga keseimbangan yang tepat antara jumlah cairan internal (intraokular) yang diproduksi dengan jumlah yang keluar. Penyebab yang paling mendasari terjadinya ketidakseimbangan ini berkaitan dengan jenis glaukoma yang dimiliki seseorang.

Baca Juga: Bagaimana Retinopati Diabetik Menjadi Penyebab Low Vision?

Bola mata membutuhkan adanya tekanan cairan internal untuk bisa mempertahankan bentuk dan kemampuannya dalam melihat dengan jelas. Tetapi ketika sesuatu mempengaruhi kemampuan struktur mata internal untuk mengatur tekanan intraokular, tekanan mata bisa meningkat ke tingkat yang sangat tinggi yang menyebabkan glaukoma. Berbeda dengan bola atau balon, mata tidak bisa menghilangkan tekanan yang ada hanya dengan mengeluarkan kebocoran dan mengempis saat tekanan terlalu tinggi. Sebaliknya, tekanan mata tersebut terus membangun dan mendorong saraf optik sampai serabut saraf rusak secara permanen dan penglihatan hilang.

Faktor Risiko Glaukoma

Glaukoma sebagian besar akan mempengaruhi orang dewasa di atas usia 40, akan tetapi remaja, anak-anak, dan bahkan bayi juga dapat mengalaminya. Anda mungkin lebih berisiko untuk mengalami glaukoma jika:

  • Berusia lebih dari 40 tahun
  • Memiliki riwayat keluarga glaucoma
  • Memiliki penglihatan yang buruk
  • Menderita diabetes
  • Minum  obat steroid  tertentu  seperti  prednison
  • Pernah mengalami cedera pada mata
  • Memiliki kornea yang lebih tipis dari biasanya
  • Memiliki tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, atau anemia sel sabit
  • Memiliki tekanan mata yang tinggi

Dampak negatif yang terjadi akibat glaukoma perlu untuk diwaspadai, apabila anda tidak ingin kehilangan penglihatan secara permanen. Untuk itu, sangat penting melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara rutin.

Vio Optical merupakan klinik mata terpercaya yang menghadirkan pelayanan kesehatan mata terlengkap dengan alat canggih serta staff professional. Anda dapat memperoleh terapi mata minus seperti ortho-k, kacamata, ataupun kontak lens yang sesuai dengan kondisi anda. Pemeriksaan lengkap meliputi screening retina, screening, katarak dan screening glukoma. Segera dapatkan pelayanan kesehatan mata terpercaya dan lengkap bersama Vio Optical Clinic.