Low Vision – Sekarang ini, jumlah anak-anak dengan gangguan penglihatan tidaklah sedikit. Kurangnya pengetahuan dan pemahaman pentingnya menjaga kesehatan mata, berakibat pada tidak terdeteksinya gangguan mata sejak dini. Padahal, gangguan kesehatan mata atau penglihatan dapat dideteksi ketika anak lahir. Gangguan kesehatan mata memiliki dampak terhadap perkembangan, pertumbuhan, pembelajaran, dan aktivitas anak. Gangguan penglihatan berarti banyak hal seperti tidak ada penglihatan, kebutaan, penglihatan yang sangat rendah (low vision) ataupun tidak bisa melihat warna tertentu. Sebagian besar kondisi gangguan penglihatan pada anak-anak berpengaruh hingga mereka dewasa. Oleh karena itu kebutuhan dalam menjaga kesehatan mata sejak dini pada anak memiliki peran yang sangat penting bagi mereka.

Apa Itu Low Vision?

Low vision adalah satu kondisi dimana anak anda tidak dapat melihat semua hal yang seharusnya dapat dilihatnya pada usianya. Anak mungkin memiliki penglihatan rendah, penglihatan kabur atau kehilangan penglihatan sebagian sehingga tidak dapat melihat dengan jelas. Sedangkan definisi low vision menurut WHO yang didasarkan pada pengukuran ketajaman visual jarak dan ukuran bidang visual. Rentang ketajaman visual “kurang dari 6/18 (0,3, 20/63) untuk persepsi cahaya” dan bidang visual “kurang dari 10 derajat dari titik fiksasi”. Jadi, kesimpulannya low vision merupakan penurunan fungsi penglihatan dimana anak tidak dapat melihat dengan baik sesuai dengan anak pada umumnya.

Penglihatan yang rendah (Low vision) tidak sama dengan gangguan kebutaan. Low vision lebih kepada adanya keterbatasan pandangan yang dialami oleh seorang anak, bukan berarti kebutaan. Biasanya, anak yang mengalami low vison seringkali memicingkan mata atau untuk melihat objek atau benda yang ada di sekitarnya. Tidak hanya itu, gejala yang dialami anak dengan low vision yaitu ketika mencoba melihat sesuatu tidak normal, misalnya menonton televisi terlalu dekat, membaca buku terlalu dekat dan membutuhkan pencahayaan yang terang. Pengecekan low vision perlu dilakukan sejak dini. Apabila tidak segera ditangani dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan anak akan mengalami kebutaan secara menyeluruh.

Baca Juga: Pahami Lebih Lanjut tentang Ortho Keratology di Vio Optical

Pencegahan dan Solusi Untuk Low Vision

Pada anak-anak, low vision bisa disebabkan oleh adanya gangguan kongenital (bawaan sejak lahir) atau kecelakaan. Seorang anak dengan low vision akan mengalami kendala dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Anak kesulitan  baca tulis, berjalan di tempat asing, atau mengenali wajah orang. Dengan keterbatasan penglihatan tersebut maka akan lebih sulit dalam mengenali orang dan benda, kurang mandiri, tidak dapat menghindari rintangan atau saat menyeberang jalan. Low vision dapat dihindari dengan mendeteksi sejak dini kelainan pada mata. salah satunya dengan pemeriksaan kesehatan mata pada dokter mata yang professional.

Low vision dapat diketahui dengan memperhatikan perubahan sikap anak sehari-hari. Apakah anak memicingkan mata saat melihat atau menonton televisi. Apakah dia melihat tulisan di papan tulis harus dalam jarak dekat, sering terjatuh dan tidak mengenali wajah orang. Semakin dini anda mengenali gejala tersebut dan berkonsultasi dengan dokter mata, maka proses penyembuhan low vision dapat dilakukan secara maksimal. Untuk tahap penyembuhan atau rehabilitasi, maka anak dapat menggunakan alat bantu low vision. Alat bantu tersebut meliputi kaca pembesar, teleskop, teropong, alat pengontrol silau, pemandu menulis, jam dinding kontras dan sebagainya. Selain alat bantu, anak juga  perlu beradaptasi dengan mengikuti latihan orientasi mobilitas agar bisa hidup lebih mandiri. Peran orang tua sangat penting dalam mendukung anak agar bisa sembuh dari low vision.

Apabila anda menginginkan low vision treatment professional dan terpercaya, maka datang saja ke Vio Optical Clinic. Kami memberikan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh yang didukung oleh peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memberikan jaminan mutu bagi kesehatan mata anda. Segera hubungi layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic dengan cara klik di sini dan hubungi kontak person yang tertera.