VIO OPTICAL – Mata minus merupakan gangguan penglihatan yang paling umum terjadi. Kondisi ini ditandai dengan kesulitan untuk bisa melihat objek atau benda jarak jauh. Sehingga menyebabkan penglihatan seseorang menjadi buram dan kabur. Penderita mata minus tidak dapat melihat suatu objek yang berada di kejauhan secara jelas. Dan seringkali mereka membutuhkan bantuan lensa korektif agar bisa melihat objek jarak jauh dengan jelas. Meski kondisi ini bisa mendapatkan bantuan lensa korektif, tingkat mata minus yang tinggi bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata, simak penjelasannya berikut.

Sistem visual kita bekerja melalui sinar yang direfleksikan dari sebuah objek. Yang mana sinar tersebut akan masuk ke mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata pada retina. Pada kondisi mata yang normal, lensa mata dan kornea akan membiaskan cahaya yang masuk ke mata. Dimana selanjutnya bayangan objek akan difokuskan tepat di retina. Namun, pada kondisi mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus tepat di retina, tapi jauh di depannya akibatnya objek terlihat tidak fokus. Hal ini bisa disebabkan oleh bentuk kornea yang terlalu cembung dan melengkung atau panjang bola mata yang terlalu besar.

Seberapa parah tingkat mata minus seseorang bisa ditandai dengan ukuran dioptri (D). Berdasarkan pada tingkat keparahannya, kondisi mata minus bisa dikategorikan ke dalam tiga kriteria. Yang mana terdiri dari mata minus rendah dengan tingkat minus 0.5D hingga minus 3D. Kemudian mata minus sedang dengan tingkat minus 3D hingga 6D. Dan terakhir mata minus berat dengan tingkatan minus di atas 6D. Gejala mata minus yang perlu diwaspadai bisa meliputi:

  • Kesulitan untuk melihat sesuatu dari jarak yang jauh namun jelas saat melihat dari jarak yang dekat.
  • Memicingkan mata pada saat melihat sesuatu.
  • Kesulitan untuk melihat saat sedang mengendarai kendaraan.
  • Perlu duduk dekat dengan papan tulis untuk bisa melihat dengan jelas.
  • Ketika menonton TV harus berdekatan agar dapat terlihat dengan jelas.
  • Mata yang terasa tegang.
  • Mata yang terasa lelah.
  • Sakit kepala.
  • Sering mengucek mata.
  • Mata sering berkedip.

Baca Juga: Penyebab dan Solusi Penglihatan Buram

Penglihatan yang buram akibat dari mata  minus tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat kualitas hidup menjadi berkurang. Hal ini karena keterbatasan penglihatan jarak jauh yang terjadi pada penderita mata minus. Selain itu, kondisi mata minus yang berat juga akan meningkatkan risiko penyakit mata yang lebih serius. Beberapa komplikasi yang berisiko pada penderita mata minus tinggi seperti terlepasnya retina (ablasio retina), glaukoma hingga katarak.

Semakin tinggi tingkat minus seseorang maka semakin tinggi pula risiko terjadinya ablasio retina atau retina yang bisa terlepas dari bola mata. Kondisi ini dapat menyebabkan penglihatan buram secara tiba-tiba hingga kebutaan mendadak. Ablasio retina termasuk ke dalam kondisi gawat darurat medis yang berisiko tinggi pada pada penderita mata minus 8D atau lebih.

Retina merupakan lapisan tipis sel yang terletak pada bagian belakang bola mata yang bertugas menangkap cahaya. Dimana cahaya yang masuk ke dalam mata akan diterima oleh retina yang kemudian dapat merangsang saraf mata untuk mengolahnya menjadi sinyal. Dimana kemudian sinyal tersebut dikirim ke otak, sehingga kita bisa melihat gambar drai objek yang dilihat. Fungsi retina adalah menangkap cahaya, yang kemudian menerjemahkannya menjadi gambar. Ketika sensor retina mengalami kerusakan, tentu penglihatan menjadi buram bahkan bisa hilang total.

Untuk mencegah dampak buruk mata minus, anda perlu melakukan pemeriksaan mata rutin. Mata minus dengan tingkat dioptri yang tinggi sangat beresiko pada berbagai kondisi penyakit mata hingga resikio kebutaan. Oleh sebab itu, segera lakukan pemeriksaan mata ketika anda mengalami gejala dan tanda terkait dengan masalah penglihatan.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.