Vision Therapy – Sering kali, penglihatan yang tampak kabur atau tidak jelas dapat dikaitkan dengan rabun jauh, yaitu suatu kondisi di mana bentuk mata menyulitkan untuk melihat benda-benda yang berjarak lebih dari beberapa kaki. Namun, rabun jauh cenderung muncul sejak usia dini atau berkembang secara bertahap. Jika Anda mengalami penglihatan kabur yang tampaknya muncul dalam hitungan hari, jam, atau minggu, spesialis mata Anda akan mempertimbangkan beberapa kemungkinan penyebab lainnya dan akan segera melakukan vision therapy, agar menghambat perkembangannya. Berikut ini adalah lima kemungkinan penyebab penglihatan buram.

Retinopati Diabetik

Jika Anda seorang penderita diabetes, atau jika diabetes ada dalam keluarga Anda, Anda harus waspada terhadap penglihatan kabur yang Anda alami. Penglihatan kabur dapat merupakan tanda retinopati diabetik, yaitu suatu kondisi di mana pembuluh darah di retina Anda menjadi rusak akibat kadar gula darah yang tinggi. Pembuluh darah mulai mengeluarkan cairan ke bagian belakang mata; cairan ini memberikan tekanan pada retina, yang menyebabkan penglihatan kabur.

Jika Anda memiliki retinopati diabetik dan mengabaikannya, Anda dapat mengalami kehilangan penglihatan secara permanen. Anda dapat mencegah kondisi ini memburuk jika Anda dan dokter Anda dapat mengendalikan kadar gula darah Anda, meskipun beberapa kasus yang lebih serius memerlukan pengobatan dengan obat steroid atau pembedahan untuk membuang kelebihan cairan.

Migrain

Apakah penglihatan Anda kabur dalam beberapa episode? Apakah muncul tepat sebelum Anda mengalami sakit kepala, atau disertai dengan gejala lain seperti mual dan kelelahan? Penglihatan kabur secara berkala dapat merupakan gejala migrain. Beberapa orang, pada kenyataannya, hanya mengalami gejala visual dan tidak pernah benar-benar mengalami komponen sakit kepala migrain. Anda mungkin juga melihat kilatan cahaya atau mengalami bintik-bintik buta di bidang penglihatan Anda. Biasanya, jika Anda bekerja sama dengan dokter Anda untuk mengendalikan migrain melalui perubahan gaya hidup dan resep obat, gejala visual Anda juga akan mereda.

Mata Kering

Perhatikan bagaimana perasaan mata Anda saat penglihatan Anda menjadi kabur. Jika terasa kering dan gatal, maka penglihatan kabur mungkin disebabkan oleh kekeringan mata. Kekeringan mata memiliki banyak kemungkinan penyebab, mulai dari alergi hingga penyakit autoimun. Dalam jangka pendek, gunakan tetes mata pelumas untuk meningkatkan kenyamanan mata dan menjernihkan penglihatan Anda. Bekerjasamalah dengan dokter mata Anda untuk mengidentifikasi penyebab utama kekeringan mata sehingga Anda dapat mengatasinya secara langsung.

Baca Juga: Low Vision di Masa Remaja: Panduan Orang Tua untuk Memerikan Dukungan Penuh

Sklerosis Ganda

Penglihatan kabur dapat menjadi salah satu tanda awal sklerosis multipel. Jika MS ada dalam keluarga Anda, penglihatan kabur merupakan tanda bahwa Anda perlu menjalani pemeriksaan untuk penyakit ini. Anda juga harus memeriksakan diri jika penglihatan kabur Anda disertai dengan tanda-tanda awal sklerosis ganda lainnya, yang meliputi:

  • Kesemutan pada ekstremitas
  • Kesulitan menahan buang air kecil
  • Kebingungan dan kelelahan mental
  • Kelemahan yang tidak dapat dijelaskan pada kaki
  • Masalah dengan keseimbangan
  • Iritabilitas dan perubahan suasana hati

Penglihatan buram akibat sklerosis ganda sering terjadi pada satu mata saja. Meskipun Anda mungkin tidak dapat memulihkan penglihatan yang telah hilang, penanganan sklerosis ganda  dengan vision therapy dapat membantu menjaga agar kehilangan penglihatan Anda tidak semakin parah.

Terkadang, penglihatan buram merupakan indikator masalah yang lebih serius. Oleh karena itu, Anda harus membuat janji temu Anda, jika Anda mulai merasakan penglihatan buram, baik yang terjadi secara tiba-tiba atau berlangsung selama berminggu-minggu.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.