Vio Optical Clinic – Sebagian besar survei dan penelitian menunjukkan bahwa sebagian yang mengalami gangguan penglihatan adalah orang dewasa yang tidak mengalami kebutaan total, tetapi memiliki apa yang disebut sebagai low vision. Anda mungkin pernah mendengar istilah “penglihatan parsial” atau “kebutaan parsial” atau bahkan “penglihatan yang buruk” yang juga digunakan untuk mendeskripsikan low vision. Namun, istilah-istilah tersebut tidak lagi digunakan secara umum.

Berikut ini adalah salah satu definisi low vision, yang berkaitan dengan ketajaman penglihatan. Low vision adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh penyakit mata, di mana ketajaman penglihatan 20/70 atau lebih buruk pada mata yang dapat melihat dengan baik dan tidak dapat dikoreksi atau diperbaiki dengan kacamata biasa.

Ketajaman Penglihatan dan Penglihatan Minus

Ketajaman penglihatan adalah angka yang menunjukkan ketajaman atau kejelasan penglihatan. Pengukuran ketajaman penglihatan 20/70 berarti seseorang dengan penglihatan 20/70 yang berjarak 20 kaki dari grafik mata dapat melihat apa yang dapat dilihat oleh orang dengan penglihatan yang tidak terganggu (atau 20/20) dari jarak 70 kaki. 20/70 paling baik dipahami dengan memeriksa bagan tes mata standar yang mungkin pernah Anda gunakan di ruang praktek spesialis saat pemeriksaan mata.

Snellen Eye Chart adalah tes yang digunakan oleh spesialis mata dan ahli mata untuk mengukur ketajaman penglihatan jarak jauh seseorang. Tes ini berisi deretan huruf, angka, atau simbol yang dicetak dalam ukuran bergradasi standar. Spesialis mata Anda akan meminta Anda untuk membaca atau mengidentifikasi setiap baris atau baris pada jarak tertentu (biasanya 20 kaki), meskipun jarak pengujian 3 meter juga digunakan. Jika Anda dapat membaca baris 8 (D E F P O T E C) dari jarak 7 meter sambil mengenakan kacamata atau lensa kontak biasa, spesialis akan mencatat penglihatan Anda (atau ketajaman penglihatan) sebagai 20/20 dengan koreksi terbaik.

Jika cetakan terkecil yang dapat Anda baca adalah garis 3 (T O Z) dari jarak 7 meter saat mengenakan kacamata atau lensa kontak biasa, spesialis akan mencatat penglihatan Anda (atau ketajaman penglihatan) sebagai 20/70 dengan koreksi terbaik. Harap diperhatikan: Bagan Mata Snellen yang sebenarnya jauh lebih besar daripada yang digambarkan di sini; oleh karena itu, Anda tidak disarankan menggunakan bagan ini untuk menguji ketajaman penglihatan Anda sendiri (atau teman atau anggota keluarga).

Baca Juga: Apakah Penglihatan Anda Diwariskan dari Orang Tua?

Definisi Fungsional Penglihatan Minus (Low Vision)

Tidak semua ahli kesehatan mata setuju dengan definisi low vision yang hanya berupa angka (atau ketajaman penglihatan). Berikut adalah definisi lain yang lebih fungsional dari low vision:

Low vision adalah kehilangan penglihatan yang tidak dapat dikoreksi yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Definisi ini lebih baik dalam hal fungsi, daripada hasil tes [numerik]. Dengan kata lain, low vision adalah “penglihatan yang tidak cukup untuk melakukan apa pun yang perlu Anda lakukan,” yang dapat bervariasi dari orang ke orang.

Beberapa ahli kesehatan mata lebih suka menggunakan istilah “low vision” untuk menggambarkan penglihatan yang berkurang secara permanen yang tidak dapat dikoreksi dengan kacamata biasa, lensa kontak, obat-obatan, atau pembedahan. Jika Anda memiliki low vision, Anda perlu melakukan pemeriksaan mata yang berbeda yang menggunakan tes yang berbeda dan lebih terperinci untuk menentukan apa yang dapat dan tidak dapat Anda lihat. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang bagan mata khusus dan prosedur pengujian ini pada klinik mata.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata yang berkaitan dengan low vision? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata, termasuk menggunakan Ortho K.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.