Vision Therapy – Kemampuan mata untuk dapat melihat dengan jelas sangatlah penting. Dalam kehidupan sehari-hari, kita memerlukan mata sebagai penglihatan untuk mengolah informasi di sekeliling kita. Hampir 80% aktifitas kita dalam kegiatan sehari-hari memerlukan indera penglihatan yakni mata. Gangguan penglihatan pada mata, akan mempengaruhi kualitas penglihatan dan informasi yang anda dapatkan. Untuk itu, menjaga kesehatan mata dengan menerapkan pola hidup yang sehat amat diperlukan. Segera mendeteksi secara dini adanya gangguan penglihatan dengan melakukan terapi atau metode yang tepat, dapat mengurangi resiko yang lebih buruk akibat masalah kesehatan mata.

Masalah kesehatan mata yang dapat mengganggu penglihatan seseorang, tidak sedikit jenisnya. Berbagai faktor dapat menjadi indikasi penyebab terjadinya gangguan penglihatan tersebut. Salah satu gangguan penglihatan yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah disfungsi binocular vision. Kemampuan mata dalam mengolah cahaya yang masuk untuk menyatukan dua objek yang kita lihat, merupakan kemampuan binocular vision. Namun, apabila timbul satu permasalahan yang disebabkan oleh berbagai faktor, maka dapat berakibat pada penglihatan ganda, buram, atau berbayang.

Gangguan Fungsi Binocular Vision

Binocular vision mengacu pada bagaimana mata bekerja bersama untuk menghasilkan persepsi dunia tiga dimensi atau yang kita sebut dengan penglihatan. Gangguan penglihatan binocular ditandai dengan melihat gambar yang buram, kabur atau berbayang baik dalam jarak dekat maupun jauh. Apabila hal tersebut tidak ditangani dengan serius, maka kelainan binocular tersebut akan memicu terjadinya mata juling atau mata malas. Selain itu, resiko yang paling buruk adalah hilangnya penglihatan 3 dimensi. Penglihatan 3 dimensi adalah kemampuan seseorang melihat kedalaman ruang. Misalnya, ketika ada dua botol yang diletakkan di depan dan belakang. Seseorang dengan gangguan binocular botol tersebut menjadi sejajar.

Baca Juga: Kenali Gejala Low Vision yang Dapat Mengganggu Penglihatan

Gangguan penglihatan binocular vision adalah salah satu gangguan penglihatan yang paling umum terjadi. Hal ini biasanya dikaitkan dengan gejala-gejala seperti sakit kepala, mata yang tegang, sakit mata, penglihatan kabur, dan bahkan penglihatan ganda. Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan penglihatan binocular menjadi berkurang atau hilang sama sekali, seperti:

1.    Penglihatan berkurang pada salah satu mata

Gangguan penglihatan binocular dapat terjadi akibat mata malas, yaitu kondisi dimana mata tidak berfungsi dengan baik. umumnya, kondisi ini terjadi pada salah satu mata, sehingga mata yang lainnya tetap dapat melihat. Namun demikian, kondisi tersebut akan mengurangi kualitas penglihatan anda.

2.    Hilangnya koordinasi gerakan antara kedua mata (strabismus)

Strabismus dapat disebut dengan mata juling, dimana koordinasi mata tidak berfungsi dengan baik. antara mata kiri dan mata kanan memiliki koordinasi gerak yang buruk. Ketika anda melihat satu benda atau objek, mata akan memiliki arah yang berbeda sehingga disebut dengan mata juling.

3.    Masalah dengan otak membandingkan gambar dari kedua mata

Selain kedua hal tersebut diatas, permasalahan pada otak dalam menangkap informasi yang diterima oleh mata menyebabkan gangguan binocular vision. Informasi yang diterima oleh otak dari mata yang tidak sama, dapat menimbulkan persepsi yang berbeda pada sudut penglihatan.

Penanganan Gangguan Binocular Vision

Binocular vision adalah kemampuan mempertahankan fokus visual pada objek dengan kedua mata, sehingga menciptakan gambar visual tunggal. Gangguan pada fungsi binocular vision yang normal, menjadikan mata kesulitan dalam menciptakan gambar visual tunggal. Tidak jarang, seseorang mengalami mata ganda akibat hal tersebut. Mereka melihat objek yang sebenarnya tunggal menjadi ganda, begitupula sebaliknya. Gangguan tersebut perlu diatasi dengan binocular vision therapy untuk mengembalikan fungsi penglihatan yang baik.

Binocular vision therapy meliputi pemeriksaan penglihatan ganda. Dalam hal ini dilakukan  pemeriksaan dengan Cover-Uncover Test untuk mengetahui mata dominan atau mata yang mengalami ketidakseimbangan laten. Kemudian pemeriksaan Worth for Dot dimana pasien diminta untuk menunjukkan bagian dari 4 warna yang dilihat oleh kedua mata maupun dengan 1 mata.  Ataupun pemeriksaan dengan prisma untuk mengetahui sudut deviasi atau sudut kemiringan antara kedua mata. Sebagai solusi terbaik, Vio Optical Clinic memberikan layanan binocular vision professional bagi anda. Kami memiliki peralatan medis canggih yang lengkap dengan staff professional. Kami siap memberikan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda cukup dengan menghubungi kontak person di sini.