Vision Therapy – Kesehatan mata harus dijaga sejak dini. Gangguan kesehatan mata dapat dialami oleh setiap orang di segala usia. Untuk itu, penting sekali menjaga kesehatan mata sejak dini guna mencegah terjadinya kelainan kesehatan mata. Gangguan kesehatan pada mata tidak boleh dianggap sepele karena apabila dibiarkan begitu saja akan berdampak buruk. Terutama bagi anak-anak yang selalu aktif dalam bergerak dan kurang memahami kondisi kesehatan mata. Oleh sebab itu, para orang tua harus lebih perhatian terhadap kesehatan mata anak.

Kelainan kesehatan mata berpengaruh terhadap kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh anak. Apabila kondisi tersebut tidak terdeteksi sejak dini, maka dapat memicu dampak negatif lainnya. Dampak negatif dari kelainan kesehatan mata adalah menurunnya fungsi penglihatan seseorang. Hal tersebut yang menyebabkan seseorang kesulitan dalam membaca ataupun mengenali suatu objek yang dilihatnya. Fungsi penglihatan pada anak yang menurun besar kemungkinan akan memengaruhi kegiatan mereka termasuk dalam hal belajar. Dalam hal ini, anak yang mengalami kelainan kesehatan mata akan kesulitan dalam membaca ataupun melihat tulisan di papan tulis. Sehingga mereka akan mengalami kesulitan dalam proses belajar dan mengalami penurunan nilai akademik.

Gangguan Penglihatan Pada Anak

Terjadinya gangguan penglihatan atau kelainan kesehatan mata pada anak dapat terjadi sejak dalam kandungan sampai masa anak-kanak. Adanya infeksi toksoplasma atau sitomegalovirus dapat menyebabkan seorang bayi terlahir dengan infeksi pada retina mata yang bisa disebut dengan korioretinitis. Infeksi tersebut memiliki kemungkinan disertai atau tidak disertai dengan kelainan organ lainnya. Kelahiran prematur juga dapat berakibat pada munculnya Retinopathy of prematurity yang berakibat pada gangguan penglihatan yang cukup berat sampai kebutaan. Mata berair pada seorang bayi juga merupakan suatu tanda kelainan mata.

Kelainan kesehatan mata juga dapat diturunkan secara genetik.  Meskipun begitu, faktor lingkungan dan gaya hidup ataupun kebiasaan anak juga memengaruhi terjadinya gangguan kesehatan mata. gaya hidup yang kurang sehat ataupun kebiasaan buruk yang dilakukan akan memicu terjadinya kelainan kesehatan mata yang dialami oleh anak. Berikut ini beberapa kelainan kesehatan mata yang paling umum dialami atau terjadi pada anak.

Baca Juga: Kenali dengan Baik Bagaimana Gangguan Penglihatan Low Vision

  1. Astimagtisma

Astigmatisma merupakan kelainan kesehatan mata dimana bentuk kornea yang tidak beraturan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan penglihatan anak menjadi tidak sempurna. Kelainan kesehatan mata ini menyebabkan pandangan seseorang menjadi kabur. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu penglihatan anak, baik dalam melihat jarak jauh maupun jarak dekat.

  1. Ambliopia

Ambliopia lebih dikenal dengan istilah lazy eye atau mata malas dimana berakibat pada fungsi penglihatan yang tidak sempurna. Kondisi ini merupakan gangguan mata berupa penurunan yang tajam dari penglihatan akibat adanya gangguan perkembangan penglihatan selama masa kanak-kanak. Mata malas ini bisa terjadi pada kedua mata, namun biasanya hanya terjadi pada salah satu mata saja. Kondisi ini tentunya memiliki dampak yang negatif apabila tidak segera ditangani. Oleh sebab itu, perlu adanya pemeriksaan secara dini guna menjaga kesehatan mata anak.

  1. Konjungtivitis

Konjungtivitas merupakan gangguan mata merah yang membuat penglihatan anak sangat terganggu dan tidak nyaman. Konjungtivitis ini adalah inflamasi (merah, bengkak) pada sel tipis yang menutupi bagian putih di mata anak dan di bagian dalam kelopak mata. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya konjungtivitis seperti bakteri, alergi ataupun bahan kimia.

  1. Herdeolum

Herdeeolum adalah pembengkakan di kelopak mata akibat infeksi kelenjar keringat atau minyak. Gejala hordeolum pada anak adalah muncul benjolan merah dan lunak, nyeri di sekitar area mata, sekitar mata terlihat membengkak, dan kelopak mata merah.

Vision Therapy Untuk Kesehatan Mata Anak

Peran orang tua sangatlah pentingguna meminimalisir kelainan kesehatan mata yang dialami oleh anak. Langkah yang dapat diambil adalah dengan melakukan pemriksaan kesehatan mata dengan baik. Vio Optical Clinic memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata terbaik bagi anda. Vio Optical Clinic menyediakan pemeriksaan Pediatric Refraction yang merupakan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui kondisi penglihatan anak anda. Percayakan kesehatan mata anda dan keluarga hanya bersama Vio Optical Clinic dan hubungi kami dengan klik di sini.