Vision Therapy – Kesehatan mata sangatlah penting bagi setiap orang. Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang mengalami gangguan kesehatan mata. Bahkan, terjadinya masalah kesehatan mata pada anak-anak dapat dibawa hingga mereka dewasa. Salah satunya adalah ambliopia, atau yang lebih dikenal dengan mata malas (lazy eye). Ambliopia adalah gangguan penglihatan yang mengakibatkan sebelah mata tidak dapat fokus dengan baik. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada anak-anak, dan menjadi penyebab yang paling umum hilangnya penglihatan pada anak. Pada umumnya, ambliopia hanya akan menyerang salah satu mata. Namun, tidak menutup kemungkinan ambliopia atau mata malas dapat terjadi pada kedua mata meskipun hal tersebut masih langka terjadi. Semakin cepat orang tua mengenali gejala ambliopia, pengobatan yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Sehingga, segala risiko yang berakibat buruk dapat dicegah.

Apa itu Ambliopia (Lazy Eye)?

Ambliopia (Lazy Eye) adalah kondisi dimana terjadi penurunan penglihatan akibat saraf mata dan otak yang tidak dapat bekerja dengan baik. Kondisi ini dapat ditandai dengan penglihatan pada salah satu sisi mata yang lebih buruk dibandingkan dengan sisi yang satunya. Tanpa  disadari, perbedaan kualitas penglihatan mata tersebut membuat otak mengabaikan sinyal atau impuls dari mata yang lebih lemah, atau mata yang malas. Mata malas atau ambliopia seringkali berkembang ketika bayi lahir hingga menginjak usia tujuh tahun. Kondisi seperti ini menjadi salah satu penyebab penurunan fungsi penglihatan anak pada umumnya. Ambliopia sangat sulit untuk dideteksi, anak-anak seringkali tidak menyadari adanya gangguan pada penglihatan mereka. Sehingga, diperlukan peran orang tua secara aktif mengetahui perkembangan sang anak.

Ambliopia atau mata malas dapat disebabkan oleh beberapa indikasi gangguan kesehatan mata. Salah satunya adalah mata juling yang dapat memicu timbulnya mata malas karena anak memiliki satu kebiasaan untuk melihat kedua arah yang berbeda. Apabila mata yang juling lebih jarang dipakai dibandingkan dengan mata yang normal, maka bisa beerakibat pada melemahnya mata julingnya. Pada anak yang memiliki ambliopia atau mata malas, biasanya memiliki gangguan penglihatan yang lebih parah pada salah satu mata saja. Hal ini kemudian menimbulkan perbedaan kualitas visual dan persepsi yang pada akhirnya menyebabkan mata tersebut menjadi malas melihat. Gangguan penglihatan ini dapat berlanjut ketika anak meginjak usia dewasa apabila tidak diobati dengan baik.

Baca Juga: Memahami Akibat yang Timbul Disebabkan Low Vision

Selain hal tersebut diatas, katarak kongenital juga dapat meyebabkan ambliopia. Katarak kongenital adalah kekeruhan pada lensa mata yang terjadi sejak bayi lahir akan mempengaruhi penglihatan bayi tersebut. Anak yang menderita katarak kongenital, biasanya memiliki noda keabu-abuan pada pupil matanya. Selain itu, anak-anak jadi kurang peka terhadap lingkungan sekitarnya. Seperti tidak menoleh ketika ada orang di sampingnya, atau pergerakan mata anak yang tidak biasa. Katarak pada umumnya terjadi hanya pada satu mata sehingga mata yang terpengaruh semakin melemah penglihatannya sehingga tampak malas. Penurunan fungsi pengihatan akibat ambliopia tentunya tidak baik bagi kesehatan anak serta aktifitasnya.

Peran Vision Therapy Bagi Ambliopia

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk menangani adanya ambliopia pada anak adalah dengan vision therapy. Terapi ini dirancang untuk menangani permasalahan penglihatan pada anak yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor.  Tidak terkecuali ambliopia atau malas, penurunan sebagian penglihatan yang dialami anak. Manfaat melakukan vision therapy tidak hanya itu, namun juga melatih penglihatan agar dapat berfungsi normal kembali. Dalam hal ini, perlu adanya terapi secara rutin dan bertahap untuk hasil optimal yang bisa didapatkan. Vision terapi bagi ambliopia dapat berupa kacamata, kontak lens ataupun obat tetes mata. berkonsultasi dengan dokter ahli mata akan membantu anda dalam memperoleh pengobatan ampliopia pada anak dengan maksimal.

Vio Optical Clinic, menawarkan pelayanan kesehatan mata professional. Kami didukung dengan peralatan kesehatan canggih yang lengkap dan para staff yang professional. Melalui pemeriksaan lengkap dan menyeluruh, kami akan memberikan vision therapy yang berkualitas demi kesehatan mata anda. Berbagai opsi terapi kesehatan mata dengan layanan terbaik akan anda dapatkan dengan menghubungi kami di sini.