Vision Therapy – Gangguan penglihatan seringkali menjadi permasalahan yang dapat mengganggu kualitas hidup seseorang. Hal tersebut tidak terlepas dari pentingnya peran indera penglihatan bagi kehidupan. Munculnya gangguan penglihatan tentu akan berdampak pada kualitas hidup seseorang. Bahkan beberapa kasus gangguan penglihatan membutuhkan perawatan khusus seperti vision therapy. Kenali apa dan bagaimana vision therapy bekerja pada pembahasan berikut.

Apa itu Vision Therapy?

Vision therapy atau bisa disebut juga sebagai terapi penglihatan merupakan program latihan visual khusus. Yang mana program tersebut ditujukan untuk meningkatkan kemampuan visual seseorang. Dalam program vision therapy tersebut dapat digunakan berbagai cara dan latihan, seperti latihan mata, evaluasi ketajaman visual, dna lainnya. Terapi tersebut ditujukan untuk mengobati berbagai masalah visual sesuai dengan kebutuhan pasien. Secara umum, vision therapy dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah penglihatan seperti:

  • Ambliopia (mata malas
  • Masalah keselarasan mata dan koordinasi mata (mata juling)
  • Fokus yang buruk
  • Koordinasi mata-tangan yang tidak memadai.

Setiap program vision therapy dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik setiap individu. Vision therapy adalah perawatan tanpa operasi yang menggunakan serangkaian latihan dan teknik perawatan untuk meningkatkan kemampuan penglihatan. Teknik perawatan tanpa operasi dengan vision therapy ini merupakan solusi efektif dalam memperlambat atau mencegah perkembangan masalah penglihatan

Bagaimana Visi atau Mata Kita Dapat Bekerja?

Visi atau penglihatan adalah proses memperoleh makna dari apa yang dilihat. Kemampuan visual lebih dari sekadar kemampuan ketajaman visual. Karena dalam visi juga melibatkan berbagai kemampuan lainnya, meliputi:

  • Akomodasi (fokus)
  • Konvergensi (mata membidik)
  • Binokularitas (koordinasi mata)
  • Fiksasi dan kemampuan gerakan mata
  • Koordinasi mata-tangan
  • Persepsi bentuk visual

Baca Juga: Pelajari Tentang Low Vision, Melemahnya Visual Seseorang

Sistem visual akan terus berkembang setelah dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Timbulnya masalah penglihatan tentu dapat mempengaruhi perkembangan sistem visual. Hal tersebut bisa terjadi bahkan pada kondisi mata yang sehat dan bisa melihat dengan jelas sekalipun. Ketika seseorang memiliki masalah penglihatan, mereka tentu dapat mengalami ketidaknyamanan visual saat melakukan aktivitas yang menuntut kinerja visual. Sangat penting melakukan pemeriksaan mata secara rutin, untuk mencegah terjadinya masalah penglihatan.

Bagaimana Vision Therapy Memperbaiki Masalah Penglihatan?

Vision therapy adalah perawatan non bedah yang tersedia bagi setiap orang dari segala usia. Dalam program vision therapy akan ada sejumlah latihan yang dianjurkan untuk dilakukan pasien. Pelatihan tersebut dapat membantu pasien dalam meningkatkan kemampuan visualnya serta meningkatkan kinerja sistem visual yang lebih baik lagi. Seperti misalnya mengkoordinasikan mata dengan fokus yang tepat untuk bisa melihat sesuatu dengan jelas. Program vision therapy dirancang oleh dokter mata untuk memenuhi kebutuhan individu, sehingga program latihan mungkin berbeda untuk setiap orang.

Vision therapy atau terapi penglihatan biasanya digunakan untuk meningkatkan koordinasi dan kontrol gerakan mata. Dimana program vision therapy ini bisa mencakup tes diagnostik, prosedur pelatihan, dan latihan. Hingga penggunaan lensa dan prisma, yang mana merupakan bagian integral dari keberhasilan pengobatan masalah penglihatan. Program terapi tersebut tergantung pada sifat dan tingkat keparahan masalah atau gangguan mata yang dialami oleh pasien.

Dengan menjalani program vision therapy atau terapi penglihatan maka dapat membantu meningkatkan kemampuan dasar dan efisiensi penglihatan. Program terapi tersebut juga dapat menjadikan membaca, mengeja, dan belajar lebih mudah dan menyenangkan. Bahkan ini dapat membantu meningkatkan prestasi anak di sekolah. Serta mengubah cara mata dan otak dalam mengolah gambar atau mengolah informasi visual dengan lebih baik.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.