Vision Therapy – Terapi penglihatan mungkin merupakan salah satu topik populer saat ini dalam perawatan indra penglihatan. Beberapa dokter mata atau ahli optometry menjadi pendukung yang kuat bagi sebuah terapi penglihatan. Terapi penglihatan atau disebut dengan vision therapy, tidak hanya diperuntukkan bagi setiap orang dengan masalah kesehatan mata tertentu. Namun, terapi tersebut juga dapat menjadi alternatif ataupun sarana bagi anak-anak yang mengalami kesulitan dalam belajar. Hal tersebut erat kaitannya dengan kemampuan anak dalam membaca serta penglihatan anak yang bagus. Dewasa ini, tidak sedikit anak-anak yang memiliki kualitas penglihatan yang kurang, sehingga mereka akan kesulitan dalam membaca. Selain itu, kesulitan dalam mengikuti materi pembelajaran juga akan dialami oleh mereka. Oleh sebab itu, menjaga kualitas kesehatan mata anak menjadi hal yang penting untuk menunjang masa depannya nanti.

Apa Itu Vision Therapy?

Vision therapy adalah sebuah program kegiatan visual yang diawasi oleh dokter ahli mata. Prosedur tersebut dilakukan tanpa pembedahan dan dirancang khusus untuk memperbaiki masalah penglihatan ataupun meningkatkan kinerja penglihatan yang lebih bagus. Tidak seperti kacamata dan lensa kontak, yang hanya mengkompensasi masalah penglihatan, atau operasi mata yang mengubah anatomi mata atau otot di sekitarnya. Vision Therapy bertujuan untuk mengajarkan sistem visual atau indra penglihatan untuk memperbaiki dirinya sendiri. Vision Therapy seperti terapi fisik untuk sistem visual, termasuk mata dan bagian-bagian otak yang mengendalikan penglihatan. Terapi tersebut dapat mencakup penggunaan lensa, prisma, filter, dan aktivitas visual berbantuan komputer. Perangkat lain, seperti papan keseimbangan, metronom, dan instrumen visual non-komputerisasi juga dapat memainkan peran penting dalam program terapi khusus ini.

Penting untuk dicatat bahwa tingkat keberhasilan Vision Therapy tidak hanya bergantung pada alat dan teknik yang digunakan. Proses terapi dengan keterlibatan aktif dari dokter ahli mata, terapis penglihatan, pasien dan pihak keluarga khususnya orang tua, akan memberikan hasil pencapaian yang optimal. Secara keseluruhan, tujuan dari Vision Therapy adalah untuk mengatasi masalah gangguan penglihatan yang tidak dapat diselesaikan dengan sukses menggunakan kacamata, lensa kontak ataupun operasi saja. Selain itu, Vision Therapy akan membantu setiap orang dalam mencapai penglihatan yang jelas sehingga nyaman dalam melakukan setiap aktifitas.

Baca Juga: Alat Bantu Terbaik Bagi Penderita Low Vision

Manfaat Vision Therapy

Pentingnya memiliki mata yang sehat, Vision Therapy dapat menjadi solusi yang baik. Dalam melakukan berbagai aktifitas, penglihatan yang baik dan jelas sangatlah dibutuhkan. Oleh sebab itu, terapi ini akan membantu anda dalam meningkatkan ataupun menjaga kesehatan mata sehingga dapat berfungsi secara optimal. Beberapa hal menarik yang akan anda dapatkan melalui Vision Therapy, akan membantu setiap kegiatan ataupun aktifitas yang akan dilakukan.

Manfaat yang didapatkan dari Vision Therapy bagi anak adalah meningkatnya efisiensi dalam membaca. Vision Therapy bertujuan untuk mengoptimalkan seluruh sistem visual, termasuk mata dan area otak yang mengontrol penglihatan. Melalui seluruh sistem visual, terapi ini akan mengubah perilaku refleksif atau secara otomatis untuk menghasilkan penyembuhan yang bertahan lama. Sehingga, fungsi penglihatan dapat kembali secara efisien sehingga memberikan dampak penglihatan yang jelas. Selain itu, terapi ini akan menurunkan resiko miopi yang mungkin saja dialami oleh anak. Penglihatan akan kembali normal, sehingga meningkatkan efisiensi dalam membaca. Hal tersebut sangatlah penting sebagai sarana dalam meningkatkan prestasi anak dalam belajar. Karena membaca merupakan jendela ilmu pengetahuan yang sangat luas. Maka dari itu, kemampuan membaca yang baik sangat berpengaruh terhadap penguasaan materi dalam pembelajaran.

Selain dapat membantu anak untuk lebih efektif dalam belajar, terapi ini juga dapat menunjang masa depan anak. Indra penglihatan yang bagus sangatlah dibutuhkan oleh setiap orang dalam setiap profesi. Karena penglihatan yang baik akan membantu setiap orang dalam melakukan berbagai kegiatan. Seperti halnya seorang atlet atau olahragawan, yang membutuhkan penglihatan yang sehat. Tidak hanya itu, dokter, polisi, tentara ataupun ahli bedah juga sangat bergantung pada penglihatan yang jelas. Oleh sebab itu, Vision Therapy tidak hanya diperlukan untuk mengatasi gangguan penglihatan saja, namun juga meningkatkan serta menjaga kualitas penglihatan yang baik.

Vio Optical sebagai salah satu klinik mata profesional, siap membantu segala kebutuhan layanan kesehatan mata. Kami memberikan layanan Vision Therapy terpercaya dengan staff profesional dan ahli optometry yang handal. Dengan alat canggih yang lengkap, kami memberikan layanan terbaik bagi kesehatan mata anda. Segera hubungi kami di https://viooptic.com untuk mendapatkan layanan kesehatan mata profesional dan terpercaya dengan klik di sini.