Vision Therapy –  Vision Therapy merupakan satu pelatihan yang dilakukan oleh dokter ahli mata guna mengembangkan keterampilan indera penglihatan dalam pemrosesan visual yang lebih efisien. Vision therapy melatih kinerja mata dan sistem visual melalui koneksi atau koordinasi yang terjadi antara mata dan otak agar berfungsi dengan efektif. Tidak sedikit gangguan penglihatan yang terjadi, bahkan tidak terdeteksi tanpa adanya pemeriksaan penglihatan yang tepat. Tanpa disadari gangguan penglihatan yang dialami akan semakin berkembang, sehingga meningkatkan segala kemungkinan risiko yang lebih buruk. Satu-satunya cara untuk mendiagnosis dan merawat disfungsi visual ini adalah dengan mengunjungi klinik kesehatan mata yang dapat menguji kondisi kesehatan mata anda.

Pentingnya Vision Therapy

Beberapa gangguan kesehatan mata tidak dapat diobati secara maksimal hanya dengan kacamata, lensa kontak atau penambalan. Ada beberapa disfungsi visual yang memerlukan vision therapy, seperti amblyopia, strabismus, diplopia ataupun gangguan fungsi binocular vision dan lainnya. Dengan prosedur yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan otak dalam melakukan koordinasi dengan mata guna menghasilkan hasil visual yang dilihat seseorang. Kemampuan otak untuk mengendalikan kesejajaran mata, kerja sama mata, kemampuan fokus mata, gerakan mata, dan pemrosesan visual diharapkan dapat bekerja dengan efektif. Keterampilan visual dikembangkan melalui penggunaan komputer khusus dan perangkat optik. Perangkat optik yang digunakan dalam vision therapy meliputi lensa terapeutik, prisma, dan filter.

Masalah penglihatan yang belum ditangani di masa muda atau tidak terdeteksi sejak dini, akan menjadi masalah yang serius di kemudian hari. Selain itu, timbulnya masalah penglihatan sekunder yang diakibatkan oleh cedera otak, gegar otak, dan peristiwa lain yang mungkin berpengaruh terhadap fungsi visual anda. Vision therapy telah digunakan selama beberapa dekade guna mengobati adanya disfungsi visual pada setiap orang yang disebabkan oleh berbagai faktor. Dalam vision therapy, keterampilan visual akan diperkuat melalui integrasi antra keterampilan motorik dan kognitif. Sehingga, vision therapy menjadi alternatif terbaik bagi anda dimana kacamata dan lensa kontak tidak cukup sebagai solusi gangguan penglihatan yang anda alami.

Baca Juga: Low Vision, Gangguan Penglihatan Usia Lanjut yang Perlu Dideteksi Sejak Dini

Vision Therapy Solusi Disfungsi Visual

Vision therapy adalah istilah umum untuk berbagai perawatan berdasarkan latihan mata. Vision therapy dapat direkomendasikan ketika anda telah menjalani pemeriksaan mata yang komprehensif, dan menunjukkan bahwa itu adalah pilihan perawatan yang tepat. Program vision therapy secara spesifik didasarkan pada hasil tes standar dan tanda dan gejala orang yang bersangkutan. Program vision therapy ditujukan untuk koordinasi Binokular (Binocular Vision) yang buruk. Disini anda akan dibantu dalam mengembangkan koordinasi yang normal dan kerja sama kedua mata atau yang disebut dengan binocular vision dengan baik. Ketika kedua mata gagal untuk bekerja bersama sebagai tim dengan baik, maka kemampuan visual anda akan mengalami penurunan.

Vision therapy dapat menjadi solusi bagi beberapa disfungsi visual seperti:

  1. Convergence Insufficiency dimana terjadi gangguan fungsi penglihatan binokular di mana mata tidak dapat bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik.
  2. Amblyopia  ( mata malas ),  Diplopia  ( penglihatan ganda ), dan  Strabismus  ( mata juling).
  3. Rehabilitasi visual untuk kebutuhan khusus seperti gegar otak, cidera otak traumatis, stroke, cidera kelahiran, kerusakan otak, whiplash, cerebral palsy, multiple sclerosis dan lainnya.
  4. Perkembangan kemampuan visual yang buruk dan gangguan fokus mata yang buruk
  5. Peningkatan visi olahraga dimana keterampilan visual yang baik sangat penting untuk keberhasilan olahraga terutama bagi para atlet.

Apabila anda membutuhkan vision therapy yang tepat bagi kesehatan mata anda, maka segera hubungi kami di Vio Optical Clinic. Vio Optical Clinic memberikan layanan kesehatan mata secara professional dengan alat canggih dan pemeriksaan menyeluruh.