Vision Therapy – Gangguan penglihatan seringkali berpengaruh terhadap kemampuan visual seseorang. Ada banyak jenis gangguan penglihatan yang dapat menghambat kinerja visual, seperti disfungsi akomodatif. Dimana kondisi tersebut mempengaruhi kemampuan mata yang tidak dapat fokus atau tidak dapat mempertahankan fokus dengan baik. Gangguan penglihatan ini bisa melibatkan ketidakmampuan untuk fokus karena kontraksi otot siliaris yang berkelanjutan atau berlebihan atau disebut juga sebagai kejang akomodatif.

Ketahui Bagaimana Akomodasi Visual Bekerja

Akomodasi adalah proses di mana mata manusia mengubah fokus dari objek dekat ke jauh dan sebaliknya. Ini biasanya merupakan proses yang tidak disadari, tetapi dapat dilakukan secara sadar bila diperlukan. Otot-otot yang terlibat dalam akomodasi disebut dengan otot siliaris. Dimana otot-otot tersebut bertanggung jawab untuk mengubah bentuk lensa di mata, sehingga memungkinkan fokus pada jarak yang bervariasi. Ini bisa terjadi ketika otot siliaris mengalami kesulitan untuk berkontraksi dengan benar.

Gejala Gangguan Akomodatif

Gejala gangguan akomodatif cenderung melibatkan aktivitas yang membutuhkan kemampuan fokus yang sangat baik. Seperti misalnya untuk membaca atau keterampilan motorik halus. Orang dengan gangguan akomodatif cenderung mengalami penglihatan kabur. Selain itu, mereka yang mengalami gangguan akomodatif juga bisa menunjukkan gejala lain, seperti:

  • Kelelahan mata yang terjadi setelah beberapa saat fokus
  • Sakit kepala yang terjadi setelah beberapa saat fokus
  • Kata-kata yang seolah bergerak
  • Penurunan pemahaman saat membaca
  • Sering menutup atau menggosok mata
  • Kesulitan untuk berkonsentrasi saat membaca

Penting sekali untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan mata secara rutin untuk mendeteksi dini permasalahan dan gangguan mata. Dengan begitu, pencegahan bisa dilakukan dan perawatan akan lebih optimal.

Vision Therapy untuk Pengobatan Gangguan Akomodatif

Perawatan yang paling umum untuk gangguan akomodatif adalah kacamata atau lensa kontak. Namun, kombinasi vision therapy atau terapi penglihatan dan lensa korektif memberikan anda hasil yang lebih efektif. Penting untuk mengobati penyebab utama yang mendasari masalah gangguan akomodatif. Dimana hal tersebut bisa dicapai dengan vision therapy atau terapi penglihatan. Akan ada serangkaian latihan visual yang meningkatkan kemampuan akomodasi mata. Sehingga, dapat membantu melatih kembali otot siliaris untuk berkontraksi dengan rileks secara tepat.

Baca Juga: Gangguan Low Vision yang Bisa Disebabkan Masalah Perkembangan Visual Anak

Vision therapy dapat membantu mengurangi atau menghilangkan gejala gangguan akomodatif. Pada program vision therapy, dokter mata akan menentukan modalitas diagnostik dan terapeutik yang tepat. Selain itu, dokter mata akan menentukan frekuensi evaluasi dan tindak lanjut, berdasarkan pada kondisi dan kebutuhan pasien. Program latihan visual dalam vision therapy tersebut umumnya bergantung pada:

  • Keparahan gejala dan faktor diagnostik.
  • Komplikasi kondisi visual terkait.
  • Implikasi kesehatan umum pasien, perkembangan kognitif, perkembangan fisik, hingga efek obat yang diminum.
  • Sejauh mana tuntutan visual ditempatkan pada individu.
  • Kepatuhan pasien dan keterlibatan dalam regimen terapi yang ditentukan.
  • Jenis, ruang lingkup, dan hasil intervensi sebelumnya serta faktor etiologi.

Tujuan dari pengobatan yang telah ditentukan adalah untuk mengatasi faktor diagnostik. Dan untuk mengurangi tanda dan gejala yang muncul terkait dengan kondisi yang didiagnosis. Sebagian besar kasus gangguan akomodatif memerlukan vision therapy atau terapi penglihatan dengan resep perawatan khusus. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan untuk mempertahankan akomodasi. Kemudian meningkatkan rentang akomodasi relatif, fleksibilitas, dan stabilitasnya. Mengintegrasikan akomodasi dengan keterampilan motorik okular dan meningkatkan hubungan akomodatif atau konvergensi. Serta mengintegrasikan fungsi akomodatif dengan pemrosesan informasi visual.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.