Vision Therapy – Tidak semua gangguan penglihatan bisa diperbaiki hanya dengan kacamata. Terdapat beberapa kondisi yang membutuhkan perawatan lebih untuk bisa memperbaikinya seperti amblyopia dan starbismus. Kondisi tertentu tersebut membutuhkan vision therapy atau terapi penglihatan khusus untuk bisa memperbaiki kemampuan visual pasien. Tidak hanya untuk memperbaiki masalah penglihatan yang dialami seseorang, vision therapy juga bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan visual seseorang. Simak ulasan berikut ini mengenai vision therapy dan manfaatnya dalam memperbaiki masalah visual seseorang.

Mengenal Apa Itu Vision Therapy

Program vision therapy atau terapi penglihatan dijalankan dan didukung oleh para ahli perawatan mata untuk mengatasi masalah mata tertentu yang dialami seseorang. Terapi penglihatan adalah program perawatan penglihatan yang dipersonalisasi yang diresepkan oleh dokter mata. Ini juga disebut rehabilitasi atau rehabilitasi visual yang bertujuan untuk mengurangi masalah penglihatan. Ini termasuk yang berkaitan dengan ketepatan gerakan mata, pemfokusan, dan koordinasi antara kedua mata.

Seorang profesional perawatan mata yang mempraktekkan terapi penglihatan mereka akan meresepkan latihan penglihatan harian untuk pasien. Program latihan visual tersebut dibuat dan dirancang khusus untuk memperbaiki masalah penglihatan yang dialami oleh pasien. Dengan demikian, otot mata menjadi lebih efisien melalui latihan yang ditentukan. Dengan terapi dan latihan yang dilakukan dengan rutin, maka fungsi penglihatan termasuk koordinasi mata dan ketajaman visi yang meningkat.

Untuk Siapa Vision Therapy Itu?

Terapi penglihatan vision therapy dapat diresepkan untuk orang dewasa dan anak-anak. Ini lebih sering dilakukan pada anak-anak karena sistem visual mereka masih dalam keadaan yang berkembang. Dengan demikian, terapi penglihatan dapat meningkatkan keterampilan visual tertentu yang belum berkembang secara normal. Misalnya untuk memperbaiki masalah amblyopia, suatu kondisi yang biasa disebut sebagai mata malas. Amblyopia ditandai dengan kelemahan penglihatan pada satu mata dibandingkan dengan yang lain. Kondisi ini bisa teratasi tuntas jika dirawat sebelum usia enam tahun. Amblyopia dapat diperbaiki dengan kacamata atau rehabilitasi visual, tergantung dengan kasusnya.

Baca Juga: Kenali Penyebab Low Vision yang Bisa Mempengaruhi Kemampuan Visual Anda

Terapi penglihatan juga dapat mendorong pembelajaran di sekolah. Disfungsi gerakan mata memang dapat memengaruhi beberapa keterampilan, terutama di dalam kelas. Kelelahan mata dapat dikurangi dan membaca lebih mudah setelah terapi mata. Terapi penglihatan dapat meredakan gejala dan meningkatkan hasil untuk berbagai masalah mata, termasuk:

·         Amblyopia

Juga disebut mata malas adalah masalah dengan penglihatan yang berkembang di mana satu mata tidak mencapai ketajaman visual yang normal.

·         Strabismus

Vision therapy telah terbukti efektif dalam mengobati bentuk strabismus intermiten yang disebut ketidakcukupan konvergensi. Yang mana merupakan ketidakmampuan untuk menjaga mata tetap sejajar saat membaca meskipun mata sejajar saat melihat objek jauh.

·         Masalah mata lainnya

Masalah kesejajaran mata yang disebut forias yang mungkin tidak menghasilkan putaran mata yang terlihat tetapi. Kondisi ini dapat menyebabkan ketegangan mata saat membaca juga, dan bisa diminimalkan atau diperbaiki dengan terapi penglihatan.

·         Anomali gerakan mata

Penelitian telah menunjukkan bahwa terapi penglihatan dapat meningkatkan akurasi gerakan mata yang digunakan selama membaca dan pekerjaan close-up lainnya.

·         Gangguan fokus

Penelitian lain menunjukkan bahwa keterampilan pemfokusan jarak dan jarak dekat dapat ditingkatkan dengan pelatihan visual.

·         Masalah lainnya

Masalah mata lain yang mungkin efektif terapi penglihatan termasuk gangguan penglihatan dan persepsi. Masalah mata yang terkait dengan gangguan perkembangan, dan masalah mata yang terkait dengan cedera otak yang didapat (seperti stroke).

Bagaimana Vision Therapy Bekerja?

Selama pemeriksaan mata, dokter mata mendiagnosis masalah penglihatan yang dapat diobati dengan terapi penglihatan. Selama penilaian visual, dokter mata melakukan berbagai tes pada pasien, termasuk tes motilitas mata. Setelah diagnosis, terapi penataan kembali mungkin direkomendasikan. Dokter mata mengatur latihan visual untuk dilakukan setiap hari. Untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilan rehabilitasi penglihatan, profesional perawatan mata harus mengandalkan kehadiran pasien dan kemauan untuk melakukan latihan visual yang ditentukan. Terapi penglihatan atau vision therapy dapat berlangsung beberapa minggu, bulan atau tahun, tergantung pada kasusnya.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.