VIO OPTICAL – Mata minus adalah gangguan yang sering terjadi pada banyak orang. Bahkan penderita mata minus semakin meningkat baik pada orang dewasa dan anak-anak. Seseorang dengan mata minus mengalami kesulitan untuk dapat melihat suatu objek yang berada di kejauhan. Bahkan kondisi minus pada juga bisa bertambah akibat berbagai kondisi tertentu. Meski anda sudah memakai kacamata minus, tidak menutup kemungkinan tingkat minus bisa bertambah. Ketahui  mengapa hal tersebut bisa terjadi pada ulasan berikut agar mata minus tidak semakin parah.

Mata minus adalah kelainan refraksi mata, di mana struktur bola mata terlalu memanjang atau kornea yang lebih cekung atau melengkung dari seharusnya. Perubahan yang terjadi pada struktur mata tersebut menyebabkan cahaya yang masuk menjadi tidak bisa terfokus dengan baik. Hal tersebut mengakibatkan objek atau benda yang terletak jauh akan tampak buram dan lebih kabur. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor dan kondisi yang dapat memicu resiko mata minus. Seperti faktor genetik, lingkungan, hingga kebiasaan membaca yang kurang tepat dan lainnya.

Kondisi mata minus bisa bertambah dan semakin meningkat derajatnya. Meski anda memakai kacamata, namun tidak menutup kemungkinan kondisi mata minus bisa bertambah seiring berjalannya waktu. Perlu diketahui, bahwa penggunaan kacamata tidak bisa menambah minus ataupun mengurangi minus. Kacamata merupakan alat bantu optik yang ditujukan untuk mengoreksi kelainan fokus pada penglihatan. Kacamata merupakan lensa korektif yang membantu anda untuk melihat dengan lebih jelas.

Pertambahan jumlah atau ukuran kacamata bukanlah disebabkan oleh lamanya pemakaian kacamata. Pertambahan mata minus disebabkan oleh banyak faktor, seperti keturunan dan lingkungan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertambahan minus pada seseorang dapat terjadi karena:

1.    Memakai Lensa Kacamata yang Tidak Sesuai

Pemakaian kacamata yang kurang tepat dan tidak sesuai dapat menyebabkan jumlah minus seseorang bertambah. Salah resep kacamata merupakan masalah dan kekeliruan yang cukup umum ditemukan selama proses pemeriksaan. Ketika terjadi kekeliruan maupun kesalahan dalam perhitungan lensa, maka lensa kacamata bisa saja buram. Hal tersebut justru menyebabkan penglihatan yang semakin kabur dan buram. Apabila kondisi ini tidak segera diperbaiki, maka mata harus bekerja lebih keras untuk menyesuaikan penglihatan, sehingga berisiko pada minus yang semakin parah.

2.    Bertambahnya Usia

Faktyor usia juga dapat menyebabkan minus pada mata bertambah. Bertambahnya minus pada mata merupakan kondisi yang umum terjadi, terutama pada anak-anak. Jika anak-anak mengalami mata minus sejak kecil, maka struktur mata akan mengalami perkembangan hingga mencapai usia 20 tahun, sehingga minus mata bisa saja bertambah.

Baca Juga: Waspadai Dampak Buruk Memiliki Mata Minus Tinggi

3.    Kebiasaan Membaca Atau Memakai Gadget yang Masih Buruk

Memakai kacamata merupakan solusi yang paling umum bagi penderita mata minus untuk membantu penglihatan yang lebih jelas. Namun, kondisi mata minus memiliki kemungkinan semakin memburuk jika tidak disertai dengan kebiasaan yang baik dalam membaca atau pemakaian gadget. Salah satu penyebab mata minus yang semakin bertambah adalah kebiasaan membaca atau memakai gadget yang kurang tepat. Seperti misalnya membaca di tempat yang redup dengan jarak yang terlalu dekat. Ataupun kebiasaan bermain gadget dengan jarak yang dekat dan waktu yang lama.

Matas minus yang bertambah meski sudah memakai kacamata bergantung pada penggunaan kacamata yang tepat. Seperti yang telah disebutkan di atas, jika kacamata yang digunakan tepat dan sesuai dengan kondisi mata minus, maka tidak akan menambah minus pada mata. Akan tetapi jika kacamata yang digunakan kurang tepat seperti kelebihan minus, tentunya dapat memicu pertambahan minus pada mata. Oleh sebab itu, penderita mata minus dianjurkan untuk melakukan pengoreksian kacamata rutin setiap 6 bulan sekali. Hal ini dilakukan guna mencegah penambahan minus dan memperbarui resep kacamata jika dibutuhkan.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.