Orthokeratology – Masalah penglihatan seperti visi yang buram, membuat anda harus memakai kacamata. Namun, ada sebagian orang yang memiliki alasan mengapa mereka mempertimbangkan untuk melepaskan kacamata. Selain kacamata yang mungkin sulit untuk dipakai sepanjang hari, kacamata juga bisa memengaruhi penampilan untuk sebagian orang. Ada pula yang merasa khawatir kehilangan kacamata atau mengalami kerusakan akibat berbagai hal. Untuk itu, saat ini ada penawaran menarik bagi anda yang memiliki masalah penglihatan dan tidak ingin mengenakan kacamata. Metode ini adalah orthokeratology atau ortho-k. Simak penjelasan berikut ini berkaitan dengan lensa malam orthokeratology (ortho-k).

Apa itu Orthokeratology?

Lensa orthokeratology adalah lensa kontak yang kaku dan dirancang hanya untuk dipakai saat Anda tidur. Sehingga Anda dapat menjalani hari tanpa harus khawatir kehilangan lensa kontak, atau penampilan Anda saat menggunakan kacamata.  Orthokeratology memiliki manfaat bagi hampir semua orang, dengan memperbaiki kesalahan refraksi yang terjadi. Orthokeratology adalah teknik khusus yang digunakan dalam oftalmologi untuk memperbaiki cacat visual dari berbagai jenis.

Orthokeratology juga dikenal sebagai lensa malam atau dream lens adalah teknik non-bedah yang digunakan dalam oftalmologi untuk koreksi cacat visual. Perawatan ortokeratologi melibatkan aplikasi terprogram lensa kontak malam tertentu, kaku dan permeabel gas yang dibuat dengan cara yang dipersonalisasi untuk setiap pasien. Lebih khusus lagi, ortokeratology menggunakan lensa khusus yang harus digunakan pada malam hari untuk memperbaiki kondisi cacat mata seperti miopia, hiperopi, astigmatisme, dan presbiopi.

Keunggulan Orthokeratology

Banyak orang yang menjalani gaya hidup yang sangat aktif. Jika Anda senang berenang, olahraga kontak, bersepeda, atau beberapa olahraga. Anda mungkin khawatir lensanya akan lepas, atau kacamata Anda bukan pilihan yang aman untuk digunakan. Untuk pasien ini, orthokeratology bisa menjadi ide bagus untuk menjaga penglihatan Anda tetap jernih dan pikiran Anda pada aktivitas yang ada.

Jika Anda telah mempertimbangkan untuk menjalani operasi LASIK, tetapi belum siap untuk menjalani operasi. Atau anda tidak menyukai gagasan untuk membentuk kembali mata Anda dengan laser, orthokeratology merupakan pilihan yang bagus. Orthokeratology dianggap sebagai prosedur yang aman, tetapi jika Anda tidak menyukai hasilnya, Anda bisa berhenti memakai lensa.

Baca Juga: Lensa Malam Ortho K untuk Koreksi Penglihatan

Beberapa pasien telah mencoba melepaskan diri dari kacamata selama bertahun-tahun. Mungkin Anda tidak menyukai garis pandang atau penglihatan tepi yang kabur. Anda mungkin telah menemukan bahwa kacamata mudah luntur atau menyebabkan silau tambahan, atau mungkin Anda tidak suka penampilan Anda dengan kacamata. Lensa orthokeratology dapat membantu menghilangkan semua masalah ini dan membuat Anda kembali menjalani hidup setiap hari tanpa khawatir.

Tujuan Penggunaan Lensa Orthokeratology

Lensa orthokeratology adalah lensa kontak permeabel gas yang khusus dan kaku yang biasanya Anda masukkan ke dalam mata. Saat Anda tidur, mereka akan meratakan kornea Anda dengan lembut untuk memperbaiki kesalahan refraksi. Secara umum, efeknya hanya bertahan beberapa hari, itulah mengapa Anda perlu memasukkan lensa ortho-k setiap malam. Tujuan metode orthokeratology ini diantaranya:

1.    Kontrol Miopia yang Efektif

Studi terbaru menunjukkan bahwa ortokeratologi sangat efektif untuk pengendalian miopia pada anak-anak. Saat lensa membentuk kornea, mereka menekan pertumbuhan mata. Ini mencegah mata anak-anak untuk terus tumbuh dan memanjang, sehingga mencegah rabun jauh mereka memburuk.

2.    Pengobatan Hyperopia dan Presbiopia

Miopia bukanlah satu-satunya kondisi penglihatan yang dapat diobati dengan orthokeratology. Kemajuan dalam teknologi ortho-k telah menghasilkan desain lensa kontak yang dirancang untuk mengobati rabun dekat, presbiopia, dan astigmatisme juga.

3.    Peningkatan Ketajaman dan Kesehatan Mata

Bahan baru dan akurasi yang lebih tinggi dengan pemasangan lensa ortho-k bisa menghasilkan kesehatan mata yang lebih baik. Ini bisa menjadi alternatif untuk memiliki ketajaman visi dan kesehatan mata yang meningkat dengan baik.

Apabila anda membutuhkan layanan orthokeratology (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staff professional dan peralatan medis yang lengkap. Segera kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.