Klinik Mata Jakarta – Sejak dulu hingga masa kini, tidak sedikit memiliki gangguan penglihatan. Bagi orang dengan gangguan penglihatan, membaca sering kali menjadi salah satu tantangan tersulit. Banyak orang dengan low vision berhenti membaca sama sekali, karena apa yang dulunya merupakan aktivitas yang mudah dan menyenangkan sekarang membutuhkan persiapan dan banyak penyesuaian. Ada banyak perangkat low vision yang dapat membuat membaca lebih mudah dan bermanfaat bagi penderita degenerasi makula, retinitis pigmentosa, penglihatan terowongan, dan kondisi low vision lainnya.

Jika Anda mengalami low vision, hubungi spesialis mata di dekat Anda yang dapat meresepkan perangkat low vision untuk membantu Anda membaca tanpa kesulitan. Di bawah ini Anda akan menemukan daftar kaca pembesar, alat bantu, perangkat, dan strategi low vision yang dapat membantu penderita low vision membaca dengan lebih mudah dan nyaman.

Perangkat Low Vision untuk Membaca

Kaca Pembesar untuk Membaca

Alat bantu penglihatan yang paling sering digunakan adalah kaca pembesar genggam, untuk membaca. Dengan kekuatan yang tepat, kaca pembesar memungkinkan orang dengan low vision untuk membaca label, tombol oven, dan teks pada botol obat. Terdapat berbagai jenis kaca pembesar, termasuk kaca pembesar saku kecil, kaca pembesar dengan cahaya satu halaman penuh, dan kaca pembesar yang dipasang pada dudukan yang dapat disesuaikan. Tanyakan kepada spesialis low vision Anda, perangkat dan kekuatan mana yang paling memungkinkan Anda membaca apa yang paling penting bagi Anda.

Kaca Pembesar Video

Meskipun alat pembesar optik tradisional, seperti kaca pembesar, pada umumnya sangat membantu, beberapa orang mendapatkan manfaat lebih banyak dari kaca pembesar video. Kaca pembesar video, atau televisi sirkuit tertutup (CCTV), memiliki kamera yang mentransmisikan gambar yang diperbesar (hingga 50x atau lebih tinggi) dan menampilkannya pada monitor besar atau layar TV.

Kacamata Tele-Mikroskopis

Lensa tele-mikroskopis dipasang di atas lensa kacamata dan dapat diresepkan untuk satu atau kedua mata. Kacamata ini memungkinkan orang dengan low vision untuk membaca, menulis, menggunakan komputer, dan melakukan tugas-tugas lain pada jarak yang nyaman.

Perangkat low vision tertentu memerlukan resep dari spesialis mata karena dibuat khusus untuk kebutuhan spesifik pasien. Hubungi spesialis mata di dekat Anda, yang akan membantu menentukan perangkat dan alat bantu penglihatan mana yang terbaik untuk kebutuhan dan tingkat gangguan penglihatan Anda.

Baca Juga: Mata Minus Diatas 40 Tahun: Apakah Anda Juga Bisa Mengalami Mata Plus?

Tips Lainnya untuk Membantu Membaca Anda

Tingkatkan kontras

Penting untuk memastikan kontras yang tajam antara teks yang sedang dibaca dan latar belakangnya. Sebagai contoh, koran tidak menawarkan banyak kontras karena huruf-huruf berwarna abu-abu berada di atas latar belakang yang berwarna putih. Banyak layar elektronik yang memungkinkan seseorang untuk menyesuaikan kontras dengan kebutuhan mereka, seperti huruf hitam dengan latar belakang putih atau huruf hitam dengan latar belakang kuning.

Tingkatkan pencahayaan

Meningkatkan jumlah dan jenis pencahayaan dapat sangat meningkatkan kemampuan membaca pada mereka yang memiliki penglihatan rendah.

Buku cetak besar atau huruf yang lebih besar

Buku cetak besar memiliki huruf yang lebih besar, jarak spasi yang lebih banyak, dan kontras yang lebih baik, sehingga lebih mudah dan menyenangkan untuk dibaca.

Sesuaikan pengaturan pada ponsel pintar anda

Ponsel pintar memiliki berbagai pengaturan yang dirancang khusus untuk penglihatan rendah. Mulai dari font yang besar hingga pesan SMS yang dapat dibaca dengan keras.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata mengenai low vision? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.