Mata merupakan indra penglihatan yang sangat penting perannya bagi kita untuk bisa melihat dunia. Namun, masih ada sebagian orang yang kurang memperhatikan kondisi kesehatan mata. Apalagi di jaman serba digital seperti saat ini, dimana setiap orang tidak bisa terlepas dari apa yang dinamakan dengan perangkat digital. Sering kita jumpai banyak orang memainkan gadgetnya bahkan tanpa memperhatikan batas waktu. Entah itu untuk bersosial media atau menonton drama korea yang lagi hits. Tanpa disadari kebiasaan menatap layar gadget terlalu lama bisa menyebabkan mata menjadi kering. Hal tersebut tentunya tidak baik bagi kesehatan mata.

Kondisi mata kering sendiri merupakan sebuah gejala yang biasa terjadi dan bisa dialami oleh banyak orang. Kondisi mata kering biasanya ditandai dengan adanya sensasi tidak nyaman dan gatal yang terjadi pada mata. Mata kering seringkali terjadi ketika seseorang melihat layar perangkat digital baik itu komputer, handphone, gadget, TV dalam waktu yang lama tanpa berkedip. Hal ini juga bisa terjadi ketika anda berfokus atau melihat sesuatu dalam jangka waktu yang lama dan lupa untuk berkedip sebanyak biasanya. Bahkan tanpa sadar, ketika anda menatap layar gawai seperti ketika menonton drama korea terlalu lama, hal tersebut bisa berujung pada mata kering.

Apa Penyebab Mata Kering?

Mata yang kering bisa disebabkan oleh kondisi mata yang tidak memiliki cukup pelumas atau air mata guna menjaga kondisinya agar tetap lembab. Kurangnya lubrikasi atau cairan inilah yang menjadi penyebab munculnya perasaan tidak nyaman atau kondisi mata kering. Terdapat banyak sebab mengapa mata tidak bisa menghasilkan cukup banyak lubrikasi yaitu air mata, seperti:

  • Masalah penglihatan tertentu
  • Menghabiskan waktu terlalu lama di depan layar perangkat digital seperti komputer, smartphone dan lainnya
  • Kondisi berangin, AC atau pemanas dapat membuat mata Anda kering
  • Memakai lensa kontak terlalu lama
  • Sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu

Baca Juga: Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Penyakit Mata Dibandingkan Pria?

Gejala Sindrom Mata Kering

Meski gejala mata kering bisa saja berbeda setiap orang, namun gejala yang paling umum muncul yaitu:

  • Mata memerah atau meradang (bengkak)
  • Sensasi seperti terbakar pada permukaan mata
  • Mata lelah
  • Gatal pada area mata yang terjadi cukup konsisten
  • Mata yang seringkali terasa terlalu kering
  • Penglihatan yang mulai kabur dan objek nampak tidak fokus
  • Fotofobia atau sensitivitas terhadap sebuah cahaya terang
  • Mata yang berair tetapi tidak cukup lama untuk memperbaiki rasa kering
  • Sensasi yang tidak nyaman, merasa ada sesuatu di mata meskipun tidak ada apa pun

Tips Mengatasi Mata Kering

Ketika anda mengalami kondisi mata kering, maka anda harus segera mengobatinya. Ini dibutuhkan untuk mencegah masalah kesehatan mata yang lebih serius. Anda bisa menggunakan tetes mata atau air mata buatan untuk melumasi mata dengan cara yang alami. Ini merupakan salah satu cara sederhana yang efektif untuk memberikan pelumas untuk mata kering. Untuk mencegah terjadinya kondisi mata kering, anda bisa menggunakan tips, seperti:

  • Selalu mengenakan kacamata dengan lensa khusus ketika ¬†bekerja dengan komputer atau menatap layar handphone dalam waktu lama. Lensa khusus tersebut akan membantu mencegah terjadinya kondisi mata kering akibat dari menatap layar komputer atau handphone terlalu lama.
  • Jangan lupa untuk istirahat secara teratur ketika anda bekerja di depan komputer atau di depan layar. Ini bertujuan untuk untuk mengistirahatkan mata selama beberapa menit.
  • Latihan mata sederhana seperti bergantian memejamkan mata dengan perlahan kemudian pejamkan mata secara kuat, juga bisa dilakukan untuk mencegah mata kering. Lakukan latihan tersebut sekitar 20 kali sehari untuk memperbanyak kedipan, sehingga secara otomatis akan menghasilkan lubrikasi atau air mata untuk pelumas mata.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.