Klinik Mata Jakarta – Mata merah tentunya menjadi kendala penglihatan yang paling sering terjadi. Selain membuat penampilan menjadi kurang menarik, penglihatan Anda juga akan terganggu karenanya. Pasalnya selain memberikan rona merah pada mata, gangguan satu ini juga membuat mata terus berair dan Anda mudah silau jika melihat cahaya matahari.

Sudah tentu dengan kondisi seperti ini Anda tidak akan nyaman dalam beraktifitas. Mata merah biasanya tidak selalu disebabkan oleh gangguan pada mata. Penyakit satu ini bisa juga dipicu oleh penyakit lainnya. Misalkan saat Anda sedang demam, biasanya mata akan mengikuti berwarna merah. Tapi ada juga mata merah yang disebabkan oleh gangguan pada mata secara langsung.

Misalkan ada terlalu sering begadang dan kurang tidur, atau Anda terkena debu dan mengalami iritasi ringan saat berkendara. Tapi tenang saja, karena ternyata ada beberapa cara mudah untuk mengatasi penyakit satu ini. Anda tidak perlu melakukan hal-hal berlebihan untuk mengatasinya. Penasaran? Berikut ini cara mengatasi mata merah secara mudah yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Mengompres Mata dengan Air Hangat Atau Air Dingin

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata merah adalah dengan mengompresnya. Anda bisa menggunakan air dingin ataupun air hangat. Caranya mudah, siapkan saja kain katun yang lembut dan bersih. Basahi kain tersebut dengan air hangat atau air dingin yang bersih pula. Pastikan tidak ada kotoran pada air tersebut.

Setelahnya Anda bisa memeras air hingga habis dan simpan kain tersebut pada kelopak mata yang merah. Lakukan beberapa menit saja dan berulang, hal ini terbukti sangat ampuh untuk mengatasi mata merah.

Jaga Kebersihan Mata dengan Baik

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan mata Anda. Pada dasarnya, mata merah ini disebabkan oleh adanya partikel asing yang masuk ke mata. Karenanya Anda bisa juga mengatasi mata merah dengan membersihkannya. Tapi pastikan Anda melakukannya dengan benar agar tidak merusak jaringan retina.

Baca juga : Kehamilan Bisa Mengakibatkan Mata Kering dan Perubahan Pada Penglihatan?

Rajinlah membersihkan mata Anda. Bagi perempuan, hindari riasan yang terlalu mendekati mata karena hal ini bisa memicu terjadinya mata merah. Pastikan Anda menjaga kebersihan tangan dengan selalu mencucinya. Jangan menyentuh area mata yang sedang merah dalam kondisi tangan yang tidak higienis, hal ini bisa membuat infeksi pada mata Anda.

Lindungi Mata Anda dari Pemicunya

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata merah adalah menghidari pemicu atau penyebab mata merah tersebut. Dalam hal ini ada banyak hal yang memicu terjadinya mata merah. Salah satunya adalah asap, debu dan serbuk lainnya. Pastikan Anda “mengamankan” mata Anda dari partikel-partikel tersebut.

Jika penyebab mata merah Anda adalah karena penggunaan lensa kontak, tentu caranya juga berbeda. Pastikan Anda memahami betul bagaimana cara mengenakan, membuka, dan melakukan perawatan terhadap lensa kontak tersebut. lakukan perawatan dan permbersihan terhadapnya secara rutin sesuai dengan anjuran dari para ahli.

Gunakan Obat Tetes Mata

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata merah adalah dengan menggunakan obat tetes mata, Anda bisa membelinya di apotek terdekat. Anda juga bisa menggunakannya secara rutin untuk menghindari iritasi pada mata. Penggunaan obat tetes mata ini juga sangat disarankan oleh para ahli, karena membantu air mata menjaga kelembaban mata dengan lebih baik.

Mungkin itu saja yang bisa kami paparkan pada kesempatan kali ini. Agar ada terhindar dari mata merah, Anda bisa mengenakan kacamata jika bepergian. Hal ini membantu untuk meminimalisir jumlah debu yang masuh ke dalam mata Anda. Jika mata merah tidak kunjung sembuh, pastikan Anda berkonsultasi kepada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan dengan segera.