Klinik Mata Jakarta – Sering merasakan mata gatal dan pandangan terkadang tiba-tiba kabur? Anda perlu waspada bisa jadi anda tengah mengalami gangguan mata minus. Jika dibiarkan kondisi ini bisa sangat menganggu aktivitas, karena mau tidak mau anda harus menggunakan kacamata.  Karena jika tidak anda akan kesulitan melihat.

Kondisi mata minus sebenarnya merupakan hal wajar yang dialami banyak orang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti terlalu lama di depan layar komputer atau hape, sering terpapar polusi udara, gaya hidup tidak sehat hingga kurang memperhatikan kesehatan mata. Walaupun tidak berbahaya, kondisi ini bisa menganggu aktivitas terutama jika angka minus sudah cukup tinggi maka dari itu tetap perlu penangangan khusus.

Penggunaan kacamata hanya untuk membantu penderita mata minus agar bisa melihat lebih jelas namun tidak mengobati. Maka dari itu perlu ada penanganan secara khusus. Ada beberapa cara mengobati mata minus, salah satunya adalah dengan prosedur operasi Lasik. Akan tetapi untuk anda yang takut dengan prosedur operasi, bisa memilih cara lain yaitu terapi Ortho K.

Ortho K, Solusi Pengobatan Mata Minus Tanpa Operasi

Mata minus memang masih menjadi masalah yang kerap dialami banyak orang terutama yang banyak beraktivitas di depan komputer. Kondisi ini pastinya membuat tidak nyaman karena penglihatan menjadi tidak normal. Oleh sebab itu harus segara ditangani dengan benar. Salah satunya dengan terapi  Ortho K.

Ortho K atau Orthokeratologi merupakan terapi pengobatan kelainan mata seperti mata minus, silinder dan rabun dengan menggunakan lensa kontak khusus yang bernama Gas Permeable. Lensa ini berguna untuk memperbaiki dan membentuk kembali kornea mata yang mengalami kelainan sehingga mata bisa melihat dengan lebih jelas.

Baca juga : Apakah Ortho K Memiliki Efek Samping?

Berbeda dengan Lasik yang menggunakan prosedur pembedahan, untuk terapi Ortho K ini sama sekali tidak akan menggunakan prosedur pembedahan. Metode pengobatan ini hanya memanfaatkan penggunaan lensa kontak untuk membantu memperbaiki kornea mata sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin menghilangkan mata minus namun takut dengan prosedur operasi.

Penggunaan lensa kontak Ortho K dilakukan pada malam hari saat anda tidur. Lensa kontak akan bekerja memperbaiki kondisi kornea mata sehingga ketika anda bangun, penglihatan anda bisa semakin membaik. Walaupun hasilnya tidak permanen, akan tetapi menurut beberapa penelitian terapi cukup ampuh untuk menurunkan dan memperlambak kenaikan angka minus mata.

Ortho K Aman Tanpa Efek Samping

Prosedur pengobatan yang hanya menggunakan lensa kontak, membuat terapi Ortho K hampir tidak memiliki efek samping alias sangat aman. Jadi anda tidak perlu khawatir ataupun takut kondisi mata anda akan memburuk karena saat anda berhenti melakukan terapi atau mencopot lensa kontak, kondisi mata anda akan kembali seperti sedia kala sebelum memakainya.

Pengguna lensa kontak biasanya hanya merasakan efek saat awal menggunakan karena mata anda belum terbiasa. Kondisi yang di alami biasanya hanya infeksi atau peradangan. Hal-hal tersebut juga bisa anda dilakukan pencegahan sebelumnya jadi anda tidak perlu khawatir berlebihan. Namun jika anda kurang nyaman dengan kondisi tersebut, bisa melakukan konsultasi dengan dokter special lensa kontak Ortho K ini.

Itulah ulasan seputar tips menurunkan mata minus tanpa operasi dengan menggunakan terapi Ortho K. Terapi ini merupakan prosedur penanganan kelainan mata dengan menggunakan lensa kontak khusus. Penggunaannya juga tidak harus setiap hari sehingga tidak akan menganggu aktivitas anda. Selain itu karena tidak ada prosedur pembedahan, terapi Ortho K ini juga sangat aman dan tidak memiliki efek samping.