VIO OPTICAL – Mata minus merupakan kondisi dimana mata tidak bisa melihat objek dari jarak jauh secara jelas. Mata minus atau yang juga disebut dengan rabun jauh terjadi ketika bayangan cahaya yang masuk dalam mata jatuh didepan retina. Akibatnya terjadi kesalahan bias yang membuat penglihatan jarak jauh menjadi tidak jelas dan kabur. Kondisi ini juga bisa terjadi akibat kornea yang terlalu melengkung atau panjang bola mata dan lensa yang terlalu tebal. Sangat penting untuk mengobati mata minus agar kondisinya tidak semakin memburuk. Karena minus dengan derajat tinggi sangat rentan terhadap resiko penyakit mata lainnya.

Kenali Tanda Awal Mata Minus

Mata minus terjadi di bisa diartikan dengan berkurangnya kemampuan mata untuk melihat benda dalam jarak yang jauh. Namun, mata bisa melihat benda dengan jarak dekat secara jelas dan lebih baik. Struktur bola mata yang terlalu panjang serta kornea dan lensa yang terlalu cembung bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya. Dimana kemudian struktur mata yang abnormal tersebut mengakibatkan titik fokus sinar atau cahaya yang dibiaskan terletak didepan retina. Kelainan struktur bola mata tersebut bisa terjadi karena faktor genetik maupun lingkungan. Kebiasaan buruk ketika melakukan aktivitas yang berorientasi pada visual juga dapat menyebabkan munculnya resiko mata minus.

Tanda-tanda atau gejala awal terjadinya mata minus cukup bervariasi dan berbeda-beda pada setiap orang. Tanda yang paling umum adalah buruknya penglihatan pada jarak jauh. Dimana penderita mata minus umumnya memiliki penglihatan kabur, buram dan tidak jelas. Ketika mereka harus melihat objek atau benda di kejauhan. Gejala lain yang mungkin menandakan Anda mengalami mata minus seperti sering pusing, sering memicingkan mata untuk melihat objek yang jauh hingga sering merasa mual. Mata yang mudah kelelahan disertai nyeri berdenyut juga bisa menjadi tanda munculnya mata minus.

Pengobatan untuk Mata Minus

Pada penderita mata minus, biasanya memerlukan alat bantu optik berupa kacamata atau lensa kontak untuk membantu penglihatannya. Lensa korektif baik kacamata dan lensa kontak tersebut tidak bersifat menyembuhkan atau menghilangkan kondisi mata minus. Keduanya hanya digunakan untuk membantu mata dalam memfokuskan cahaya agar memiliki titik fokus tepat di retina.

Penyembuhan mata minus biasanya dibantu dengan tindakan medis maupun terapi. Tindakan medis dan terapi visual akan membantu penderita mata minus untuk mengembalikan fungsi struktur bola mata yang mengalami kelainan agar bisa bekerja secara optimal. Dengan begitu proses pembiasan cahaya bisa terjadi dengan baik dan menghasilkan penglihatan yang lebih baik.

Baca Juga: Apakah Mata Minus Bisa Menurun dan Sembuh?

Tips Mengobati Mata Minus Tanpa Operasi

Tidak semua orang cocok dan sesuai dengan prosedur operasi meski hasilnya bisa dirasakan secara permanen. Operasi pada mata memiliki kemungkinan terjadinya resiko yang bisa merugikan kesehatan mata. Untuk itu, anda perlu melakukan pengobatan secara alami tanpa operasi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati mata minus secara alami. Salah satunya dengan rutin mengkonsumsi jus buah dan sayur. Jus buah bit atau jus wortel dapat menjaga dan memelihara kesehatan mata. sehingga baik untuk dikonsumsi secara rutin guna meningkatkan penglihatan anda.

Mengobati mata minus secara alami juga bisa dilakukan melalui senam mata latihan senam mata. Selain itu, Anda juga bisa melakukan terapi penglihatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja penglihatan Anda. Dimana akan ada serangkaian latihan yang membantu memperbaiki serta mengoreksi penglihatan dengan lebih baik. Salah satu terapi untuk mengobati mata minus tanpa operasi adalah orthokeratology. Ini memberikan Anda hasil efektif dengan memperbaiki struktur mata kembali normal. Anda bisa menikmati penglihatan yang lebih jelas dalam melakukan berbagai aktivitas.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.