Saat ini ini banyak orang yang yang sering mengeluhkan mata minus. Dimana mata minus merupakan salah satu jenis gangguan penglihatan paling umum. Penderita mata minus bisa mengalami kesulitan untuk melihat objek yang jauh. Bahkan derajat minus pada penderita mata minus bisa bertambah akibat berbagai faktor. Sangat penting melakukan langkah pencegahan untuk mencegah bertambahnya mata minus. Karena jika dibiarkan, mata minus tinggi bisa memicu komplikasi penyakit mata.

Apa Itu Mata Minus?

Mata minus atau rabun jauh merupakan salah satu kelainan refraksi mata atau kesalahan bias. Dimana pembiasan cahaya tidak tepat di retina, melainkan di depan retina. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan penglihatan penderita mata minus menjadi kabur dan buram pada jarak pandang yang yang jauh. Kondisi ini bisa terjadi ketika struktur bola mata terlalu memanjang atau struktur kornea yang lebih cekung dari kondisi seharusnya. Perubahan struktur mata tersebutlah yang menyebabkan kesalahan bias, dimana cahaya tidak bisa terfokus dengan baik.

Penyebab Bertambahnya Mata Minus

Meski telah memakai atau menggunakan lensa korektif bukan berarti mata minus bisa sembuh total. Penggunaan lensa korektif seperti kacamata dan lensa kontak hanya membantu memperjelas penglihatan. Seiring dengan berjalannya waktu mata minus bisa bertambah meski anda sudah memakai kacamata. Ketahui beberapa hal yang dapat menyebabkan bertambahnya mata minus berikut ini.

1.     Lensa kacamata yang tidak sesuai

Salah satu penyebab bertambahnya mata minus yaitu pemakaian kacamata yang kurang tepat. Lensa kacamata yang tidak sesuai, dapat memperparah kondisi mata minus anda. Hal tersebut membuat penglihatan semakin kabur. Oleh karena itu, melakukan pemeriksaan serta evaluasi rutin sangat penting dilakukan.

2.     Kebiasaan membaca yang buruk

Kebiasaan buruk terkait dengan visual juga berpotensi meningkatkan derajat minus. Sebaiknya jangan membaca pada pencahayaan yang redup serta jarak yang terlalu dekat. Hal tersebut dapat membuat otot mata bekerja lebih keras untuk menangkap objek. Jika hal ini terjadi terus-menerus, maka pertambahan mata minus bisa saja terjadi.

Baca Juga: Waspadai Bahaya Low Vision yang Bisa Merenggut Penglihatan

3.     Melihat layar monitor terlalu dekat dan lama

Kebiasaan buruk lainnya yang bisa menyebabkan mata minus bertambah parah yaitu melihat layar monitor terlalu lama. Ketika kita melihat layar monitor dengan jarak yang terlalu dekat dan dalam waktu yang cukup lama, maka mata akan bekerja lebih keras yang mengakibatkan mata cepat lelah. Hal tersebut bisa membuat fungsi mata juga semakin melemah yang berakibat pada bertambah parahnya mata minus.

4.     Tidak rutin memakai kacamata

Meski kacamata tidak dapat menyembuhkan secara total mata minus tapi penting untuk memakai kacamata secara rutin. Ketika anda tidak menggunakan kacamata, mata akan berakomodasi lebih keras untuk menyesuaikan penglihatan. Hal ini justru dapat menambah mata minus.

Tips Mencegah Mata Minus Bertambah

Untuk mencegah serta menghambat perkembangan mata minus, anda harus menghindari hal-hal yang dapat memicu pertambahan mata minus. Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, penting untuk menerapkan kebiasaan baik ketika beraktivitas dengan visual. Anda perlu untuk mengistirahatkan mata setelah melakukan aktivitas visual seperti membaca, belajar dan lainnya. Setidaknya istirahatkan mata setiap 20 menit dengan melihat pada kejauhan selama 20 detik. Mengatur jarak baca juga penting dilakukan, dimana jarak baca ideal yaitu 40 hingga 45 cm dari objek.

Selain itu, hindari untuk membaca sambil tiduran atau membaca di ruangan dengan pencahayaan yang kurang (redup). Selalu gunakan kacamata hitam setiap Anda berpergian di siang hari. Hal ini berfungsi untuk melindungi mata dari paparan sinar UV secara langsung. Dan yang tidak kalah penting adalah melakukan pemeriksaan rutin pada dokter mata. Tujuannya untuk membantu anda mengetahui kondisi masa serta melakukan tindakan pencegahan ketika mata mengalami masalah dan gangguan.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.