Klinik Mata Jakarta – Terlalu sering menggunakan smartphone ataupun berada di depan komputer terlalu lama tak jarang menimbulkan gangguan kesehatan mata mulai dari mata merah, mata kering, hingga mata minus dan berbagai kelainan mata lainnya. Hal paling umum untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan kacamata. Akan tetapi tidak semua orang betah menggunakan kacamata terlalu lama sehingga memilih alternative lain yaitu menggunakan lensa kontak atau softlens.

Bagi sebagian orang, menggunakan lensa kontak dianggap lebih praktis dan nyaman dibandingkan dengan menggunakan kacamata. Selain itu, bentuk dan warna softlens juga lebih bervariatif sehingga bisa membuat penampilan lebih menarik terutama untuk perempuan. Akan tetapi penggunaan softlens yang terlalu sering dalam jangka waktu lama tak jarang menimbulkan masalah baru untuk kesehatan mata anda.

Menggunakan softlens memang tidak boleh sembarang. Ada beberapa aturan yang harus anda taati agar tetap aman untuk mata anda. Jika tidak diperhatikan dengan baik, menggunakan softlens secara salah justru akan membuat mata anda menjadi infeksi yang pastinya sangat membahayakan jika tidak segera ditangani.

Cara Aman Menggunakan Lensa Kontak Agar Tidak Membahayakan Kesehatan Mata

  1. Ketahui masa kadaluarsa lensa kontak

Pada umumnya lensa kontak dibuat hanya untuk penggunaan jangka pendek. Maka dari itu sebelum menggunakan, pastikan mengecek masa kadaluarsa yang biasa tertera di kotak luarnya. Lensa kontak yang sudah kadaluarsa bisa saja membahayakan kesehatan mata anda maka dari harus berhati-hati sebelum menggunakannya.

  1. Simpan lensa kontak di tempat bersih

Lensa kontak harus selalu dalam kondisi bersih karena akan bersentuhan langsung dengan kornea mata anda. Maka dari itu anda harus menjada kebersihannya dengan selalu menyimpannya di tempat bersih baik sebelum maupun setelah digunakan. Jangan lupa juga memberikan cairan khusus untuk lensa kontak saat menyimpan agar tidak kering dan rusak.

  1. Hindari pemakaian terlalu lama

Walaupun bisa membantu penglihatan menjadi lebih jelas dan menambah daya tarik, akan tetapi lensa kontak tidak boleh dipakai terlalu lama. Penggunaan lensa kontak yang terlalu lama akan membuat maka kesulitan bernapas dan menjadikannya rentan terhadap berbagai masalah kesehatan mata.

  1. Lepas lensa kontak saat tidur

Untuk memastikan mata anda selalu aman dan sehat, pastikan anda selalu melepas lensa kontak saat tidak diperlukan terutama saat tidur. Menggunakan lensa kontak sangat tidur bisa sangat berbahaya karena bisa menimbulkan iritasi, infeksi hingga resiko kebutaan. Akan tetapi jika anda menggunakan lensa khusus seperti Ortho K, anda tidak perlu melepasnya karena lensa tersebut memang bekerja saat anda tidur.

Tips Merawat Lensa Kontak Agar Awet dan Aman

Lensa kontak biasanya dibuat tidak hanya untuk sekali pakai saja. Maka dari itu diperlukan perawatan agar awet dan tetap aman saat digunakan. Salah satu cara merawat lensa kontak adalah dengan pastikan tangan selalu bersih saat ingin menyentuh lensa kontak. Ini sangat penting anda perhatikan karena jika terkena kotoran bisa membahayakan mata anda.

Baca juga : Apakah Anda Kandidat Yang Tepat Untuk Menggunakan Ortho K?

Selain memastikan kebersihan tangan, lensa kontak juga harus selalu disimpan dalam kondisi basah. Anda harus mencuci lensa kontak sebelum dan setelah digunakan dan setelah itu baru menyimpannya dengan ditambahkan cairan khusus agar selalu lembab sehingga tidak kering dan rusak.

Itulah ulasan seputar tips menjaga mata agar tidak mengalami infeksi selama menggunakan lensa kontak yang perlu anda ketahui. Penggunaan lensa kontak memang bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi masalah penglihatan terutama bagi yang malas menggunakan kacamata. Akan tetapi agar tidak menimbulkan bahaya untuk kesehatan mata, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menggunakannya.