Terapi Mata Minus – Generasi milenial saat ini banyak dituntut untuk berinteraksi dengan berbagai macam perangkat digital. Seperti smartphone, laptop, komputer dan lainnya yang rutin digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Dimana hal tersebut memiliki efek yang kurang baik terhadap kesehatan mata. Kecenderungan menggunakan perangkat digital, memengaruhi risiko munculnya mata minus. Kondisi tersebut bisa sangat mengganggu aktivitas karena penglihatan menjadi tidak jelas. Penting untuk mencegah mata minus dan melakukan terapi mata minus agar kondisinya tidak berkembang.

Kenali Apa Itu Mata Minus

Mata minus atau yang juga dikenal dengan rabun jauh, adalah suatu kondisi yang mengganggu penglihatan seseorang. Ini adalah penyebab paling umum dari gangguan dan masalah penglihatan pada orang di era modern saat ini. Bahkan penderita mata minus mengalami perkembangan yang signifikan dan terus meningkat. Penderita mata minus dapat melihat objek pada jarak yang sangat dekat dengan jelas, namun mereka kesulitan melihat objek yang lebih jauh. Dimana objek yang berada jauh dari mereka akan terlihat kabur, buram atau tidak jelas.

Kondisi mata minus umumnya terjadi ketika bentuk mata terutama kornea, berada dalam kondisi yang tidak normal terlalu cekung atau melengkung. Hal tersebut bisa menyebabkan sinar cahaya membengkok (membias) secara tidak benar. Sehingga memfokuskan gambar di depan retina bukan di retina dengan tepat. Inilah yang mengakibatkan penglihatan jauh menjadi buram dan kabur. Penderita mata minus perlu untuk menggunakan lensa korektif guna membantu penglihatan lebih jelas dan jernih.

Apa Penyebab Mata Minus?

Mata minus bisa terjadi ketika bola mata anda terlalu panjang, sehingga berpengaruh terhadap kekuatan fokus kornea dan lensa mata. Yang mana kemudian menyebabkan sinar cahaya terfokus pada suatu titik di depan retina. Padahal seharusnya cahaya terfokus langsung pada permukaan retina. Mata minus juga bisa disebabkan oleh kondisi bentuk dari kornea atau lensa yang terlalu melengkung untuk panjang bola mata.

Mata minus bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Umumnya, kondisi mata minus ini dimuali pada masa anak-anak. Dimana anak dengan orangtua yang memiliki riwayat mata minus berisiko lebih tinggi. Selain itu, faktor lingkungan juga bisa menajdi penyebab mata minus. Seperti kurangnya vitamin A dan terlalu sering berinteraksi dengan barang elektronik ataupun perangkat digital. Kebiasaan buruk, seperti membaca buku di tempat yang gelap dan kurang cahaya juga menjadi salah satu penyebab mata minus.

Baca Juga: Kondisi Strabismus dan Vision Therapy

Terapi Mata Minus Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Ketika anda menjumpai indikasi terjadinya mata minus, maka segera konsultasikan dengan dokter ahli mata. Biasanya anda akan mendapatkan kacamata resep dan lensa korektif lainnya guna membantu penglihatan yang lebih jelas. Selain berkonsultasi dengan dokter mata ahli, anda juga bisa melakukan terapi mata minus di rumah. Menghindari kebiasan buruk yang bisa memicu risiko mata minus menjadi salah satu langkah yang bisa dilakukan. Selain itu, anda juga bisa melakukan tips berikut ini.

1.     Penuhi kebutuhan vitamin A dengan rutin mengonsumsi wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayur yang kaya akan kandungan Vitamin A. Vitamin A dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga dan memelihara kesehatan mata dengan baik. Mengonsumsi wortel secara rutin bisa membantu penderita mata minus mencegah perkembangan minus dan menghentikannya.

2.     Konsumsi buah bit

Selain wortel, buah bit juga dipercaya mampu untuk menyembuhkan mata minus yang tinggi dan sudah parah. Anda bisa membuatnya menjadi jus dengan wortel untuk menghambat perkembangan mata minus.

3.     Rutin menjemur mata di pagi hari

Rutin menjemur mata di pagi hari membantu anda mendapatkan asupan vitamin D. Hal tersebut bermanfaat untuk membantu menghentikan perkembangan mata minus anda. Caranya bisa dilakukan dengan menutup kedua mata dan mengarahkannya pada posisi yang terkena cahaya matahari lakukan selama 10 menit.

4.     Melakukan senam mata

Anda juga bisa melakukan senam mata di pagi hari setelah bangun tidur untuk menghambat pertumbuhan mata minus. Lakukan dengan cara menggerakkan bola mata ke kiri, kanan, atas dan bawah.

Vio Optical merupakan klinik mata terpercaya yang menghadirkan pelayanan kesehatan mata terlengkap dengan alat canggih serta staff professional. Anda dapat memperoleh terapi mata minus seperti ortho-k, kacamata, ataupun kontak lens yang sesuai dengan kondisi anda. Pemeriksaan lengkap meliputi screening retina, screening, katarak dan screening glukoma. Segera dapatkan pelayanan kesehatan mata terpercaya dan lengkap bersama Vio Optical Clinic.