Kacamata merupakan salah satu alat bantu optik yang dibutuhkan bagi seseorang yang memiliki masalah penglihatan. Secara umum, kacamata memiliki dua komponen berbeda yang terdiri dari frame atau rangka serta lensa. Di masa pandemi seperti saat ini, setiap orang diwajibkan untuk mengenakan masker. Ketika seseorang menggunakan masker untuk melindungi diri dari paparan virus, kemungkinan lensa kacamata akan berembun. Untuk mengatasi masalah tersebut, simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Kacamata Berembun

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka penggunaan perangkat digital semakin meningkat. Dimana hal tersebut juga memengaruhi masalah kelainan refraksi yang dialami banyak orang seperti mata minus. Penderita mata minus tentu bergantung pada kacamata untuk bisa melihat dengan baik. Namun, terkadang ketika mereka menggunakan kacamata tanpa sadar bisa mengalami masalah lensa kacamata berembun. Hal ini bisa saja terjadi pada saat anda sedang melakukan aktivitas sederhana. Misalnya seperti minum secangkir kopi, berolahraga atau berpindah ruangan dari ruangan yang bersuhu dingin pada suhu panas.

Lensa kacamata berembun terjadi karena adanya kondensasi pada lensa kacamata ketika udara panas menerpa permukaan dingin lensa. Dimana kemudian berubah menjadi tetesan kecil air yang selanjutnya membentuk lapisan tipis yang terlihat sebagai embun pada kacamata. Hal yang sama juga terjadi ketika anda menggunakan masker, dimana nafas akan keluar melalui bagian atas masker. Sehingga hembusan nafas akan mendarat pada permukaan lensa dan menyebabkan kacamata berembun. Kondisi ini tentu bisa berbahaya, terutama bagi yang bekerja dimana pekerjaan mereka membutuhkan penglihatan yang jelas setiap saat.

Tips Mencegah Kacamata Berembun

Untuk bisa menghindari efek ruang uap pada kacamata ketika anda berolahraga, bekerja, atau menggunakan masker, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kacamata berembun, seperti:

Baca Juga: Wanita Hamil Bisa Tidak Mengikuti Therapy Ortho-K?

  1. Memastikan masker terpasang dengan tepat

Langkah untuk menjaga agar kacamata tidak berembun yang pertama adalah membatasi udara hangat yang bisa mendarat pada permukaan lensa. Hal ini berarti bahwa anda perlu untuk memastikan masker yang dipakai sudah terpasang dengan tepat.

  1. Membersihkan kacamata dengan sabun dan air

Untuk mencegah kacamata berembun bisa dilakukan dengan tips mencuci kacamata menggunakan air sabun. Selanjutnya, bilas kacamata anda dengan bersih dan biarkan lensa kacamata mengering dengan sendirinya. Langkah ini dipercaya cukup efektif, dimana campuran sabun dan air yang digunakan memberikan lapisan yang berfungsi seperti anti kabut. Namun, perlu diperhatikan, sebelum anda menerpakan langkah tersebut konsultasikan terlebih dulu dengan dokter mata anda. Ini karena ada sebagian kacamata yang menggunakan bahan lensa khusus.

  1. Menggunakan plester pada masker

Tips untuk mencegah kacamata berembun selanjutnya yaitu dengan menempelkan masker pada pangkal hidung dan di pipi menggunakan plester olahraga atau medis. Hal ini bertujuan untuk menciptakan segel yang lebih baik guna mencegah udara hangat menerpa permukaan lensa kacamata.

  1. Menggunakan kacamata untuk menutupi bagian atas masker

Mendorong kacamata ke depan hidung untuk menutup masker bisa dilakukan sebagai alternatif, jika anda tidak ingin menggunakan plaster. Anda bisa meletakkan kacamata anda pada bagian atas masker yang menutupi hidung. Cobalah untuk menggerakkan kepala guna memastikan kacamata tidak terlepas. Ini akan membantu untuk mencegah udara yang keluar melalui bagian atas menyebabkan embun pada lensa kacamata.

Kacamata Anti Embun Solusi Mudah Mengatasi Kacamata Berembun

Selain tips yang telah disebutkan di atas guna membantu membatasi adanya embun pada lensa kacamata, anda bisa memilih alternatif lain untuk jangka panjang. Yaitu dengan memilih lensa kacamata yang memiliki lapisan anti kabut seperti lensa Optifog. Ini adalah solusi yang lebih efektif, mudah dan praktis untuk dilakukan agar bisa terhindar dari embun pada lensa kacamata.

Lensa Optifog ini dilengkapi dengan lapisan atas yang anti embun dan kain pintar yang memiliki molekul anti embun. Langkah pengunaannya juga cukup mudah untuk dilakukan. Dimana anda hanya perlu mengusap lensa kacamata seperti biasa dengan Optifog Smart Textile, tujuannya untuk mengaktifkan anti embun pada lensa. Sehingga, tetesan yang bisa menyebabkan embun akan menyebar. Lensa ini juga memberikan perlindungan terhadap pantulan, goresan, dan sinar UV.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.