Klinik Mata – Make up adalah kosmetik populer yang dipakai jutaan orang setiap hari, baik sebagai bagian dari rutinitas harian Anda atau tampilan riasan yang lebih berani. Riasan mata sering kali menjadi bagian penting dari penampilan Anda, dengan banyaknya produk riasan mata yang tersedia untuk digunakan, seperti eyeliner, maskara, dan perona mata. Namun, kosmetik juga dapat menimbulkan risiko bagi penglihatan dan kesehatan mata Anda. Sehingga, sangat penting untuk segera membawanya ke klinik mata apabila terjadi masalah penglihatan yang serius.

Jika Anda adalah seseorang yang sangat menyukai riasan mata, tidak peduli seberapa halus atau berani, ikuti tips aman berikut ini untuk mencegah mata merah, iritasi, ruam, dan bengkak.

Bagaimana Riasan Mata Dapat Mengiritasi Mata Anda?

Produk riasan mata, seperti maskara dan eyeliner, merupakan bagian penting dari rutinitas riasan dan penampilan kreatif sebagian besar orang karena cenderung menonjolkan fitur mata Anda. Namun, kebiasaan buruk dan kebersihan riasan yang buruk dapat menyebabkan infeksi mata dan masalah lain yang dapat memengaruhi mata dan kelopak mata Anda. Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda juga lebih rentan terhadap reaksi alergi dan iritasi akibat penggunaan riasan.

Sederhananya, dengan mempraktikkan teknik kebersihan yang baik dalam hal riasan mata, Anda dapat menghindari berbagai masalah mata yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu rutinitas kecantikan Anda.

Bagaimana Cara Menjaga Mata Saat Memakai Riasan?

Tips pertama untuk mata saat mengenakan riasan adalah menghindari penggunaan eyeliner pada tepi kelopak mata. Tepi kelopak mata Anda (dekat tempat tumbuhnya bulu mata) mengandung kelenjar minyak penting yang disebut kelenjar meibom. Kelenjar meibomian menyediakan komponen minyak pada lapisan air mata yang melumasi mata Anda. Lapisan berminyak adalah bagian luar lapisan air mata yang mencegah air mata Anda mengering terlalu cepat. Riasan dapat menghalangi kelenjar minyak ini, menyebabkan lapisan air mata tidak stabil dan dapat menguap terlalu cepat. Hal ini dapat menyebabkan masalah mata kering dan iritasi.

Menerapkan riasan mata pada ‘garis air’ (di belakang garis bulu mata, di mana kelopak mata bertemu dengan mata Anda) lebih cenderung menghalangi kelenjar minyak meibom. Hal ini juga dapat meningkatkan jumlah riasan yang masuk ke dalam lapisan air mata dan menyentuh permukaan mata Anda, produk seperti glitter yang digunakan di dekat mata mungkin lebih mungkin melakukan hal ini. Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan iritasi mata, tetapi juga dapat membuat mata Anda terpapar bakteri berbahaya.

Baca Juga: Wajib Tahu Mitos dan Fakta Seputar Pengobatan Katarak

Meskipun mungkin tidak mungkin untuk berhenti memakai eyeliner sepenuhnya karena ini adalah produk yang populer untuk digunakan, jika Anda mencoba mengaplikasikannya lebih jauh dari garis air dan lebih dekat ke bulu mata Anda, ini akan membantu mencegah infeksi mata. Menghapus riasan juga merupakan langkah terakhir yang penting dalam rutinitas riasan setiap orang, terutama jika Anda mengenakan riasan tebal. Menghapus riasan Anda sebelum tidur adalah hal yang penting dan tidak boleh dilewatkan, tidak peduli seberapa lelahnya Anda!

Hal ini karena hal ini akan menghilangkan partikel makeup yang berpotensi mengiritasi mata Anda sehingga mengurangi risiko infeksi mata, maka wajib untuk segera pergi ke klinik mata apabila mata sudah mulai terasa tidak nyaman. Saat Anda menghapus riasan Anda, pastikan untuk menggunakan pembersih riasan yang lembut untuk mengurangi risiko iritasi lebih jauh lagi. Jangan lupa, jika Anda memakai lensa kontak, Anda juga harus melepasnya terlebih dahulu.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.