PRESS RELEASE ini dipublikasikan pada tanggal 11 Maret 2020.

Center for Ocular Research & Education merupakan pusat layanan penelitian terpercaya yang memberikan edukasi seputar Ocular Surface dan lensa kontak.

Hi, Healthy Peeps! Maraknya wabah Coronavirus / COVID-19 yang terjadi beberapa bulan terakhir menimbulkan beberapa kabar yang menyatakan bahwa penggunaan lensa kontak itu bisa terkontaminasi dengan virus corona ini.

Nah, kalian tidak perlu kuatir karena CORE (Center Ocular Research & Education) mengeluarkan Press Release bahwa lensa kontak tetap aman digunakan untuk setiap orang yang membutuhkan.

Beberapa ahli kesehatan ternama di dunia seperti di Kanada, Inggris, dan Amerika memberikan tips-tips aman menggunakan lensa kontak agar terhindar dari berbagai virus dan bakteri. Yuk disimak!

  • Mencuci tangan yang bersih. Cucilah tangan yang bersih dan secara menyeluruh dengan air dan sabun serta air yang mengalir. Setelah itu, keringkan tangan dengan kain bersih atau tissue. Prosedur ini wajib dilakukan sebelum dan sesudah memegang lensa kontak, baik itu softlens, hardlens, hybrid lens, lensa Ortho K, scleral lens, dan lain sebagainya.
  • Mendensifektan lensa kontak. Untuk penggunaan lensa kontak baik itu softlens, hardlens, hybrid lens, lensa Ortho K, scleral lens sangat diwajibkan mendensifektan lensa kontaknya setiap hari sesuai dengan prosedur yang dianjurkan Eyecare Professional.
  • Stop menggunakan lensa kontak jika mata sakit / merah. Kalau Anda merasa mata Anda sudah menunjukkan gejala mata merah, perih, dan sakit lainnya, sangat disarankan untuk tidak menggunakan lensa kontak sementara waktu dan menghubungi Eyecare professional
  • Rutin melakukan pemeriksaan mata. Karena mata adalah organ yang penting, apalagi jika kita adalah pengguna lensa kontak, maka harus rutin melakukan pemeriksaan mata minimal 3 bulan sekali. Agar jika ada kondisi tertentu yang mengganggu penglihatan Anda, bisa dicegah sejak dini.

Nah… kira-kira seperti itu tips-tipsnya, Healthy Peeps! Semoga bermanfaat untuk Anda semua yang menggunakan lensa kontak. Jangan lupa share informasi ini ke keluarga, teman, dan kerabat Anda.

Jika masih ada yang ingin ditanyakan seputar penggunaan lensa kontak, yuk langsung hubungi VIO Optical Clinic, team Eyecare Professional kami siap membantu untuk memberikan solusi kesehatan matamu.

Sumber: https://www.prnewswire.com/news-releases/core-advises-contact-lens-wearers-on-safe-use-amidst-covid-19-concerns-reinforces-proper-hand-hygiene-301021849.html