Klinik Mata JakartaMungkin yang Anda tahu, kebolehan mata sebagai indra penglihatan bakal menurun bersamaan bertambahnya usia. Tak heran kecuali banyak orang yang mengalami penurunan penglihatan hingga kebutaan di umur senjanya. Tapi menanti dulu.

Ketajaman penglihatan mata tak serta-merta berhenti di umur produktif dan konsisten menurun setelahnya. Faktanya, kebolehan indra penglihatan manusia bakal konsisten berkembang hingga capai umur paruh baya. Tidak percaya? Simak penjelasan berikut ini.

Di umur berapa kebolehan mata sebagai indera penglihatan bakal paling baik?
Banyak yang menganggap bahwa pertumbuhan kebolehan memandang cuma berjalan terhadap lima th. pertama kehidupan dan bakal berhenti total setelahnya. Tetapi, fakta yang ditemukan oleh para pakar berasal dari McMaster University berbeda.

Dalam penelitian yang diterbitkan terhadap Journal of Neuroscience ini, diketahui bahwa kualitas indra penglihatan manusia tidak mentok hingga di situ.

Dari 30 peserta penelitian yang terdiri berasal dari 12 wanita dan 18 laki-laki, peneliti menyimpulkan bahwa bagian otak yang berperan didalam menyempurnakan kebolehan melihat, terbukti konsisten berkembang dan mematangkan diri setelah

menekuni kontrol jaringan otak. Hasilnya, ketajaman mata untuk memandang bakal konsisten berkembang hingga umur 40 tahun. Apa alasannya?

Baca Juga : Apakah Mata yang Buta Bisa Disembuhkan?

Ketajaman mata memandang ditentukan oleh pertumbuhan otak
Ketajaman indra penglihatan yang ternyata konsisten berjalan hingga umur 40-an ini perihal bersama pertumbuhan area otak yang menyesuaikan kebolehan mata melihat. Bagian otak yang berperan didalam pertumbuhan kebolehan memandang seseorang adalah korteks visual primer.

Jadi sederhananya, dikala Anda memandang sesuatu, maka saraf mata bakal mengirimkan sinyal terhadap bagian korteks visual primer dan lantas bagian otak berikut bakal membatasi sinyal yang dikirimkan, agar Anda menyadari benda atau

kejadian apa yang Anda memandang sementara itu. Sehingga, jika bagian otak ini berkembang, maka kebolehan memandang manusia dapat saja meningkat.

Kaitan pada pertumbuhan indra penglihatan bersama pengobatan mata malas
Dalam penelitian ini diketahui kecuali korteks visual primer konsisten berkembang hingga seseorang berusia 36 tahun. Tak

cuma fakta berikut saja yang dapat mengejutkan para peneliti, ditemukan termasuk sistem pertumbuhan otak korteks visual primer yang berjalan terhadap manusia.

Ada lima tahap berasal dari pertumbuhan yang berjalan terhadap korteks visual primer hingga akhirnya bagian otak ini berhenti.

Sebelumnya, para pakar menganggap bahwa anak-anak yang udah lewat umur 5 th. atau orang dewasa yang mengalami mata malas, tidak dapat diobati sepenuhnya. Biasanya, penanganannya cuma bersama langkah pakai lensa – kacamata atau

lensa kontak – untuk membantu kebolehan memandang jadi normal. Padahal, kecuali diamati berasal dari hasil penelitian ini, masih tersedia harapan untuk orang dewasa yang mengalami amblypobia. Tetapi, perihal ini masih perlu dikaji dan diteliti lebih lanjut lagi.