Terapi Mata Minus – Masyarakat masih memiliki tingkat kesadaran yang kurang terhadap pentingnya menjaga kesehatan mata. Sebagai indra penglihatan, mata memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan sehari-hari. Adanya gangguan kesehatan mata tentunya akan berpengaruh terhadap kelancaran anda dalam melakukan aktifitas. Bahkan, tidak sedikit orang yang sekarang ini mulai mengalami gangguan kesehatan mata seperti mata minus. Mata minus tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, namun anak-anak juga memiliki resiko terhadap mata minus. Kebiasaan membaca yang buruk dan seringkali disepelekan, akan mengakibatkan gangguan kesehatan pada mata. Tidak hanya itu, jaman modern seperti saat ini membuat setiap orang bahkan anak-anak tidak pernah lepas dari gadget. Padahal, menatap layar handphone terlalu lama tidak baik bagi kesehatan mata. Seseorang akan mengalami mata minus yang memengaruhi kualitas penglihatannya.

Mata minus juga seringkali dikenal dengan rabun jauh atau miopi. Kondisi ini terjadi ketika mata mengalami penurunan fungsi penglihatan. Dimana pada kondisi ini kornea mata menebal sehingga pantulan cahaya atau bayangan objek tidak bisa fokus pada retina tetapi berada jauh di depannya. Dengan begitu, seseorang tidak dapat melihat objek atau benda yang berada jauh karena penglihatannya kabur dan buram. Berbeda dengan benda yang sangat dekat yang mana masih dapat dikenali. Untuk dapat melakukan rutinitas harian dengan baik, seseorang yang mengalami mata minus akan dibantu dengan kacamata ataupun kontak lens. Alat bantu optic tersebut bertujuan untuk memberikan penglihatan yang jelas sehingga anda dapat melakukan kegiatan harian dengan baik.

Gejala dan Penyebab Mata Minus

Selain tidak dapat mengenali objek dan benda yang berada jauh, mata minus juga dapat menimbulkan gejala lainnya. Salah satu gejala yang paling umum dirasakan adalah sakit kepala dan rasa lelah di mata apabila melihat benda dengan jarak yang jauh. Mata terasa tegang dan kaku ketika anda mencoba untuk focus melihat objek atau benda yang jauh. Bahkan, seseorang yang memiliki gejala mata minus akan kesulitan dalam melihat dengan jelas di malam hari. Penglihatan mereka cenderung buram dan tidak jelas, sehingga berbahaya apabila anda berkendara di malam hari.

Penyebab mata minus dapat meliputi berbagai faktor seperti adanya faktor keturunan atau genetik. Orang tua dengan riwayat mata minus atau miopi cenderung menurunkannya pada sang anak. Selain faktor keturunan, kebiasaan buruk yang sering anda lakukan juga berpotensi terhadap resiko mata minus. Beberapa kebiasaan buruk seperti terlalu lama beraktifitas di dalam ruangan dapat menyebabkan gangguan kesehatan mata. Pencahayaan yang terdapat di dalam ruangan kurang maksimal dibandingkan dengan pencahayaan alami di luar ruangan. Sehingga terlalu lama berada dalam ruangan akan menyebabkan mata bekerja lebih keras. Membaca dan main gadget yang berlebihan juga berisiko terhadap mata minus. Apabila anda terlalu sering membaca dengan pencahayaan dan posisi yang buruk, mata akan mudah lelah. Terlebih lagi apabila anda terlalu sering memainkan gadget, resiko mata minus akan menjadi lebih tinggi.

Baca Juga: Low Vision, Gangguan Penglihatan yang Harus Segera Diobati

Pengobatan Mata Minus

Untuk mengatasi masalah mata minus anda dapat melakukan terapi seperti mengonsumsi jus, ataupun menggunakan alat bantu optik. Mengkonsumsi minuman sehat seperti jus, yang kaya dengan vitamin A akan membantu menjaga kesehatan mata dari dalam. Anda dapat mengonsumsi jus buah atau sayur dengan kandungan vitamin A secara rutin di pagi hari dan sore hari. Selain menjaga kesehatan mata, mengonsumsi jus juga sangat bagus bagi kesehatan tubuh yang bugar. Buah seperti tomat, wortel, pepaya, dan buah bit memiliki kandungan vitamin A yang baik bagi mata. Selain mengonsumsi jus, anda juga perlu melakukan konsultasi kesehatan mata di klinik mata terpercaya. Anda akan mendapatkan alat bantu optik yang sesuai dengan kebutuhan anda, ataupun memperoleh terapi yang sangat bermanfaat.

Vio Optical merupakan klinik mata terpercaya yang menghadirkan pelayanan kesehatan mata terlengkap dengan alat canggih serta staff profesional. Anda dapat memperoleh terapi mata minus seperti ortho k, kacamata, ataupun kontak lens yang sesuai dengan kondisi anda. Pemeriksaan lengkap meliputi screening retina, screening, katarak dan screening glukoma. Segera dapatkan pelayanan kesehatan mata terpercaya dan lengkap bersama Vio Optical Clinic dengan cara klik di sini.