Terapi Mata Minus – Mata minus atau yang dapat disebut dengan miopia adalah kondisi dimana mata tidak bisa melihat benda dari jarak jauh dengan jelas. Mata minus dapat disebabkan oleh kornea yaitu lapisan terluar mata, yang terlalu melengkung karena panjang bola mata. Maka dari itu, orang dengan mata minus memiliki penglihatan jarak jauh yang buruk, kabur dan kurang jelas. Berbagai hal dapat menjadi penyebab mata minus, mulai dari faktor keturunan, kebiasaan membaca yang buruk, jarang beraktivitas di luar ruangan, dan masih banyak lagi. Terlalu sering menatap layar handphone ataupun komputer dalam waktu yang lama, juga berpengaruh terhadap resiko mata minus. Mata minus akan mengganggu penglihatan seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, seringkali seseorang melakukan terapi mata minus agar mata dapat berfungsi dengan normal kembali.

Dampak Mata Minus

Tidak sedikit orang yang menderita mata minus atau miopi. Bahkan anak-anak juga memiliki resiko mengalami rabun jauh atau miopi ini. Gangguan mata minus dapat memengaruhi kegiatan belajar anak, dimana mereka tidak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Gangguan mata minus pada anak seringkali menyebabkan anak kesulitan dalam mengeja ataupun membaca, sehingga mereka kurang fokus pada materi pembelajaran. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh terhadap menurunnya nilai akademik anak. Dampak yang diakibatkan oleh gangguan mata minus tidak hanya dapat memengaruhi nilai akademik saja. Dampak kesehatan yang terjadi akibat miopi atau rabun jauh dapat beresiko terhadap terjadinya katarak dan glukoma yang terjadi akibat komplikasi diabetes. Tentunya dampak tersebut sangat merugikan kesehatan setiap orang. Resiko terjadinya dampak yang buruk akan semakin tinggi apabila tidak segera dilakukan terapi ataupun pengobatan.

Gangguan mata minus yang dialami oleh seseorang akan mempengaruhi daya penglihatan seseorang menurun. Seseorang tidak dapat mengenali tanda atau marka jalan dengan jelas dari jarak yang jauh. Seringkali seseorang dengan mata minus tidak dapat membaca huruf yang kecil dan cenderung lebih mengenali huruf-huruf yang berukuran besar. Jarak pandang dan membaca seringkali lebih dekat dibandingkan dengan mata yang normal. Pada malam hari, seseorang dengan mata minus akan kesulitan dalam melihat tanda ataupun mengenali jalan karena menurunnya kinerja mata. Bahkan, bagi seorang wanita yang sedang hamil, kemungkinan resiko mata minus dapat menurun pada bayi yang sedang dikandung. Selain itu, resiko kebutaan pada saat persalinan normal dapat dialami oleh seorang wanita dengan mata minus. Maka dari itu, mata minus perlu disembuhkan dengan berbagai macam terapi dan pengobatan.

Baca Juga: Manfaat Vision Therapy Bagi Kesehatan Mata

Pengobatan dan Terapi Mata Minus

Pengobatan ataupun terapi mata minus akan membantu mengurangi resiko yang terjadi akibat mata minus. Pengobatan secara alamai ataupun medis dapat menurunkan tingkat resiko mata minus. Beberapa pengobatan secara alami menggunakan bahan alami yang diolah menjadi jus, akan menjaga kesehatan mata dengan baik. Beberapa bahan alami yang dapat dijadikan jus untuk kesehatan mata adalah wortel, tomat, lidah buaya dan buah bit. Jus wortel dan tomat sangat bagus bagi kesehatan mata, karena kedua buah tersebut kaya akan vitamin A. Anda juga bisa mengonsumsi jus lidah buaya dengan lemon dan madu secara rutin untuk menurunkan minus. Selain itu, jus buah bit yang dicampur dengan belimbing ataupun wortel dipercaya dapat mengatasi masalah mata minus. Dengan mengonsumsi jus-jus tersebut secara rutin, Anda dapat mengurangi resiko mata minus.

Menerapkan gaya hidup sehat dengan menerapkan kebiasaan yang baik, dapat membantu memelihara kesehatan mata. Sering berolahraga secara rutin, tidak membaca ataupun menonton tv dengan jarak yang terlalu dekat, serta mengurangi waktu dalam menggunakan handhphone, merupakan langkah yang baik. Selain itu, menggunakan alat bantu optic seperti kaca mata dan lensa kontak maupun terapi optic yang profesional dapat memberikan manfaat yang baik. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli optometry guna mengatasi permasalahan mata minus dengan baik dan tepat. Vio Optical, klinik mata dengan berbagai alat yang canggih dan lengkap, akan memberikan layanan optic secara profesional dan berkualitas. Kami memberikan berbagai solusi bagi kesehatan mata anda dengan pelayanan dari ahli optometry profesional dan pemeriksaan yang lengkap dan menyeluruh. Dapatkan pelayanan optic profesional dan terpercaya bersama Vio Optical dengan klik di sini.