Terapi Mata Minus – Tidak sedikit orang yang mengalami gangguan kesehatan mata seperti mata minus. Pada umumnya kondisi mata minus bisa terjadi akibat seseorang terlalu lama bekerja di depan komputer. Atau seseorang yang melihat sesuatu dengan jarak dekat dengan waktu yang terlalu lama seperti membaca atau bermain gadget. Ketika hal tersebut terjadi, maka otot mata anda yang bertugas mengatur fokus mata akan terbiasa dengan kondisi seperti kebiasaan yang dilakukan. Otot mata yang secara tidak langsung bekerja keras dengan kebiasaan yang tidak tepat akan menimbulkan kondisi mata minus.

Penyebab dan Gejala Mata Minus

Mata minus adalah kondisi dimana berkurangnya kemampuan melihat jauh tapi dapat melihat dekat dengan lebih baik. Hal tersebut terjadi jika kornea dan lensa terlalu cembung atau bola mata terlalu panjang. Fokus pemandangan jauh akan jatuh di depan retina, bukan pada retina, sehingga membentuk gambar kabur dan buram. Semakin tinggi tingkat mata minus, semakin kabur dan buram objek yang dilihat, semakin anda mendekatkan objek tersebut pada mata agar terlihat jelas. Hal tersebut merupakan gejala umum mata minus yang mungkin anda alami, dimana penglihatan akan kabur dan buram untuk melihat objek yang terletak jauh.

Penyebab mata minus dapat disebabkan oleh faktor bawaan ataupun faktor lainnya. Faktor bawaan adalah genetik atau keturunan. Faktor lain yang menyebabkan mata minus seperti berikut ini.

  1. Kebiasaan membaca yang buruk

membaca buku dengan jarak yang terlalu dekat akan merusak kesehatan mata. Terlebih lagi apabila anda seringkali membaca buku dengan tiduran yang mana sangat berisiko terhadap timbulnya gejala mata minus.

  1. Cahaya yang tidak tepat

Pencahayaan juga memiliki peran penting untuk menjaga fungsi penglihatan yang baik. Berada di dalam ruangan dengan cahaya redup dalam kurun waktu yang lama akan berpengaruh terhadap resiko mata minus. Cahaya yang terlalu terang dan silau juga memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan mata anda.

  1. Kekurangan gizi

Gizi yang anda konsumsi tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, akan tetapi juga bagi kesehatan mata. Makanan bergizi yang kaya akan kandungan vitamin A dimana vitamin tersebut sangat bagus untuk kesehatan mata sangatlah penting. Kandungan vitamin A dapat diperoleh pada sayur dan buah yang memiliki warna merah atau oranye seperti wortel, tomat dan pepaya.

  1. Kesehatan yang buruk

Kondisi kesehatan anda juga dapat memengaruhi kesehatan mata. Beberapa penyakit memiliki dampak pada kesehatan mata. sehingga mata juga mengalami penurunan fungsi penglihatan yang signifikan.

Baca Juga: Vision Therapy Solusi Terbaik Bagi Kesehatan Mata Anak

Penanganan Mata Minus

Bagi seseorang yang mengalami mata minus kemungkinan besar sering bertanya apakah mata minus bisa diobati atau apakah mata minus bisa kembali normal. Mata minus yang anda diderita dapat disembuhkan dengan metode ataupun terapi yang tepat. Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah mengubah kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Anda dapat mengubah kebiasaan membaca sambil tiduran dengan posisi duduk. Jarak anatara buku dengan anda juga harus diperhatikan, jarak yang sesuai adalah 30cm. Memberi jeda atau waktu istirahat untuk mata ketika anda bekerja di depan komputer. Mengurangi durasi menggunakan gadget atau handphone. Maka dengan begitu anda mengurangi resiko mata minus yang dapat anda alami.

Selain mengubah kebiasaan buruk, mengonsumsi makanan sehat yang baik bagi kesehatan mata juga diperlukan. Anda dapat mengonsumsi secara rutin jus wortel dan tomat guna menjaga kesehatan mata agar memiliki penglihatan yang jelas. Selain itu, sebuah terapi mata minus yang tersedia di klinik kesehatan mata akan membantu anda secara optimal. Vio Optical Clinic menawarkan pelayanan kesehatan mata professional dengan pemeriksaan menyeluruh. Kami didukung oleh ahli optometry dan staff yang professional di bidangnya. Selain itu, Vio Optical Clinic memiliki peralatan medis yang canggih dan lengkap. Tunggu apa lagi, segera dapatkan layanan kesehatan mata terpercaya bersama Vio Optical Clinic dengan klik di sini dan hubungi kontak personnya.