Terapi Mata Minus – Mata minus terjadi akibat cacat pandang di mana sinar cahaya yang tidak bisa terfokus dengan tepat. Sinar cahaya yang datang dari sebuah benda yang terletak jauh, berfokus pada titik sebelum retina. Hal ini akibat mata terlalu panjang atau kornea yang terlalu melengkung. Mata minus bisa menyebabkan penglihatan anda menjadi kabur dari jauh, sedangkan penglihatan jarak dekat anda bagus. Ini adalah suatu kelainan penglihatan yang paling sering terjadi dan seringkali berasal dari keluarga atau bahkan turun-temurun. Ketahui kondisi mata minus dengan baik dan terapi mata minus yang mungkin bisa dilakukan melalui ulasan berikut ini.

Apa Artinya Kelainan Penglihatan Mata Minus?

Kesulitan yang dialami oleh mereka yang menderita mata minus terjadi pada sifat visual. Dimana mereka sering mengeluh ketidaknyamanan saat menonton televisi, di bioskop, saat mengemudi, membaca rambu jalan, atau dalam penglihatan malam. Banyak siswa yang terpaksa duduk di depan meja, karena kesulitan membaca dan menyalin dari papan tulis. Banyak atlet yang membutuhkan lensa kontak untuk latihan berbagai aktivitas. Orang dengan mata minus harus menggunakan koreksi untuk bisa melihat dengan jelas dari kejauhan.

Mata minus adalah suatu kondisi mata di mana sinar paralel terfokus di depan bukan di retina. Yang mana terjadi akibat kekuatan refraksi kornea, lensa atau bola mata yang berlebihan. Studi yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa etiologi miopia kompleks dengan faktor genetik dan lingkungan berperan dalam risiko mata minus. Cacat refraksi menurunkan kualitas penglihatan, sementara kondisi mata minus yang semakin parah dapat menyebabkan hilangnya penglihatan sebagian. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil tindakan yang tepat yang bertujuan untuk mencegah perkembangannya.

Bagaimana Kondisi Mata Minus Dikompensasi Secara Optik?

Mata minus bisa dikompensasikan melalui anteposisi lensa sferis dengan daya negatif, sesuai dengan modalitas yang sebanding dengan luasnya masalah. Semakin tinggi cacat, semakin tinggi derajat koreksi (nilai yang diekspresikan dalam dioptri). Efek karakteristik lensa negatif memungkinkan untuk memindahkan sinar cahaya dari bidang anterior, membuatnya fokus pada retina. Dengan cara ini objek yang jauh terlihat jelas, karena efek menyusut yang dihasilkan oleh daya negatif lensa.

Baca Juga: Alasan Vision Therapy Dibutuhkan untuk Kasus Amblyopia

Mata minus adalah kelainan penglihatan di mana mata terlalu panjang atau sinar cahaya dibuat menyatu di depan retina. Sehingga pasien melihat dengan visi kabur terutama dari kejauhan dan saat mendekati objek fokusnya meningkat. Hingga untuk bisa mendapatkan titik di mana ia bisa melihat dalam fokus berbanding terbalik dengan kondisi mata minus. Saat mata minus anda meningkat titik jauh, yaitu titik di mana pasien melihat dengan fokus tanpa kacamata akan menjadi semakin dekat.

Terapi Mata Minus untuk Koreksi Mata Minus

Untuk mengoreksi mata minus perlu dipasang lensa negatif, yaitu lensa divergen, yang mampu menggerakkan sinar cahaya dan menjatuhkannya ke retina. Lensa negatif ini bisa dipasang pada kacamata, bisa diletakkan di dalam mata, bisa diletakkan di dalam mata, atau lensa bisa diganti untuk memperbaikinya. Mata minus juga terkait dengan serangkaian patologi mata. Jadi bukan hanya kelainan penglihatan tetapi kecelakaan seperti katarak, glaukoma, ablasi retina, makulopati dapat terjadi dengan risiko lebih besar. Beberapa terapi mata minus yang menjadi pilihan umum banyak orang yaitu dengan:

  • Kacamata
  • Mengenakan lensa kontak
  • Orthokeratology (ortho-k)
  • Peresepan kacamata multifokal

Untuk mengatasi permasalahan penglihatan yang muncul akibat mata minus, anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli mata atau spesialis mata. Dimana anda bisa melakukan pemeriksaan kesehatan mata pada klinik kesehatan mata untuk mendapatkan solusi perawatan yang tepat.

Vio Optical merupakan klinik mata terpercaya yang menghadirkan pelayanan kesehatan mata terlengkap dengan alat canggih serta staff professional. Anda dapat memperoleh terapi mata minus seperti ortho-k, kacamata, ataupun kontak lens yang sesuai dengan kondisi anda. Pemeriksaan lengkap meliputi screening retina, screening, katarak dan screening glukoma. Segera dapatkan pelayanan kesehatan mata terpercaya dan lengkap bersama Vio Optical Clinic.