Terapi Mata Minus Rabun jauh, juga dikenal sebagai mata minus adalah jenis paling umum dari kelainan refraksi. Dimana objek dengan jarak dekat tampak jelas, dan objek berjarak jauh tampak buram. Selain melemahnya ketajaman penglihatan, struktur fisik mata juga dapat berubah pada kondisi mata minus. Mata minus dapat mempertajam permukaan depan mata (kornea) dan meregangkan retina (pemanjangan aksial). Dimana keduanya dapat meningkatkan risiko penyakit mata di masa depan. Oleh sebab itu, penting sekali melakukan penanganan secara tepat sebagai terapi mata minus.

Mata Minus Dapat Mempengaruhi Anak-Anak dan Orang Dewasa

Mata minus biasa dialami baik oleh orang dewasa dan anak-anak. bahkan saat ini kondisi mata minus telah mempengaruhi  anak-anak antara 8 dan 12 tahun. Dan kondisi mata minus tersebut dapat memburuk selama masa remaja. Seseorang lebih berisiko untuk dapat mengembangkan mata minus apabila orang tuanya menderita mata minus. Ini disebut dengan faktor genetik. Selain itu, berbagai faktor lain juga dapat mempengaruhi kondisi mata minus. dan memiliki perkembangan miopia yang lebih cepat jika ada: Seperti peningkatan penggunaan komputer di tempat kerja hingga kebiasaan menggunakan visi jarak dekat dalam waktu lama.

Apa Tanda dan Gejala Mata Minus?

Lebih awal anda mengenali kondisi mata minus, maka hasil pengobatan yang dilakukan lebih baik. Lebih baik untuk memulai kontrol perkembangan mata minus sejak dini. Beberapa tanda dan gejala mata minus yang perlu diwaspadai meliputi:

  • Sakit kepala
  • Ketegangan mata
  • Menyipitkan mata terlalu sering
  • Kesulitan melihat objek yang jauh, seperti rambu jalan raya

Terapi Mata Minus dengan Ortho-K

Pemeriksaan mata lengkap dan menyeluruh dapat mengkonfirmasi apakah anda menderita mata minus. Sangat penting untuk menjadwalkan pemeriksaan mata yang komprehensif setiap tahun. Hal ini dapat membantu anda untuk memastikan bahwa mata Anda dalam kondisi sehat dan prima. Namun, ketika anda didiagnosis menderita mata minus, anda tidak perlu khawatir. Sekarang telah tersedia terapi mata minus yang menawarkan hasil secara optimal dalam menghambat perkembangan minus yaitu dengan orthokeratology.

Baca Juga: Siapa Saja yang Diuntungkan dengan Vision Therapy?

Orthokeratology atau ortho-K, adalah prosedur non-bedah yang aman dan nyaman untuk setiap pasien dengan masalah kelainan refraksi. ini dapat membantu menghilangkan atau mengurangi ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak di siang hari. Ortho-k bekerja dengan membentuk ulang kornea dengan memperbaiki kelengkungan mata dengan lembut. Ini dilakukan menggunakan lensa kontak khusus yang dirancang sesuai kebutuhan pasien dan dipakai saat Anda tidur. Ortho-k telah terbukti aman dan efektif dalam mengoreksi rabun jauh atau mata minus. Ada banyak penelitian yang telah menunjukkan efek positif dari ortho-k yang mana dapat memperlambat perkembangan mata minus. Ini juga memberikan hasil yang baik dalam waktu singkat.

Perubahan bentuk permukaan mata yang dihasilkan dengan perawatan penglihatan ortho-k, menunjukkan hasil yang efektif. Ini membantu proses pendataran pusat kornea untuk mengoreksi penglihatan dan membantu perubahan kornea perifer untuk kontrol mata minus secara optimal. Dengan perawatan ortho-k yang sepenuhnya disesuaikan dengan kebutuhan setiap pasien, dapat mmebantu mengoptimalkan efek kontrol mata minus. Perawatan ortho-k merupakan metode perawatan reversibel, sehingga aman untuk siapa saja. Dengan pemakaian lensa ortho-k secara rutin, maka meningkatkan ketajaman visual yang didapatkan semakin optimal. Konsultasikan dengan dokter mata, untuk mendapat hasil yang efektif selama perawatan.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.