Klinik Mata JakartaMata yang sehat bisa memberi tambahan pandangan yang bagus supaya anda bisa lihat bersama dengan lebih jelas. Kamu bisa nikmati keindahan lingkungan di sekitarmu, memandangi wajah pasanganmu yang memesona, atau mendapatkan calon pasangan impian yang anda dambakan. Tanpa mata yang bagus, anda akan susah didalam melihat, dan beraktivitas secara keseluruhan.

Ada banyak langkah untuk merawat kesegaran mata, layaknya mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin A. Namun tidak cuman itu, anda kudu hindari bermacam kebiasaan yang bisa menyebabkan kerusakan kesegaran matamu. Melansir berasal dari Self, tersedia sebagian kebiasaan tidak baik yang bisa menyebabkan kerusakan kesegaran mata. Simak yuk!

1. Nggak gunakan kacamata hitam

Paparan cahaya UV yang luas bisa menyebabkan kerusakan retina dan memunculkan risiko kesegaran mata yang memadai buruk, layaknya katarak dan pertumbuhan yang tidak cukup wajar. Jadi menurut para ahli, mutlak untuk mengenakan sunglasses yang bisa menghalangi cahaya UV kala berada di luar ruangan. Lebih senang mengenakan lensa kontak? pilih brand meng-klaim bisa memberi tambahan perlindungan UV.

2. Mengenakan lensa kontak lebih berasal dari yang dianjurkan

Mungkin terkesan nggak berbahaya, namun mengenakan lensa kontak yang pernah anda gunakan sebelumnya bisa tingkatkan risiko infeksi pada matamu, Bela. Selain itu, tidur bersama dengan lensa kontak, gunakan lensa kontak punya orang lain, atau nggak menggantinya didalam kala yang lama, bisa mengancam kesegaran matamu. Jadi, usahakan untuk mengenakan lensa kontak cocok bersama dengan wejangan pemakaiannya atau wejangan berasal dari doktermu.

3. Menggosok matamu

Menggosok mata bisa mengusir rasa gatal atau kotoran yang mengganggu. Namun, tindakan ini termasuk menyebarkan kotoran dan bakteri ke didalam mata, terlebih bakteri yang bisa mengakibatkan mata kemerahan.

Lebih jauh lagi, para pakar kesegaran menyatakan terkecuali menggosok mata perihal erat bersama dengan kerusakan kornea yang permanen. Salah satunya adalah Keratoconus, yakni penipisan kornea dan menonjol keluar. Selain itu, menggosok mata bisa menyebabkan kerusakan pembuluh yang rapuh di sekitar mata.

Menggosok mata termasuk bisa mengakibatkan kotoran di mata masuk lebih dalam. Karena itu terkecuali mulai gatal atau tidak cukup nyaman, cobalah kedipkan mata sebagian kali sampai air matamu bisa membersihkan daerah sekitar bola mata. Namun terkecuali tetap mulai gatal, membersihkan bersama dengan tetes mata.

4. Mengenakan lensa kontak kala mandi atau berenang

Mengenakan lensa kontak kala melakukan kegiatan air (mandi, berenang di kolam renang, menyelam di lautan, dan sebagainya) bisa memberi tambahan jalur masuk pada bakteri atau mikroorganisme beresiko lainnya ke didalam mata. Ada namanya Acanthamoeba, mikroorganisme ini hidup di tanah dan air yang bersih. Meski jarang terjadi, Acanthamoeba ini bisa mengakibatkan infeksi serius, bahkan kerusakan permanen pada mata.

5. Menggunakan product kosmetik mata yang kedaluwarsa

Sulit memang untuk membuang makeup yang paling disayangi meski batas usia pemakaiannya sudah lewat. Namun, gunakan product kosmetik mata yang sudah kedaluwarsa bisa mengiritasi mata dan bisa mengakibatkan infeksi, Bela. Menurut American Academy of Ophthalmology, product kosmetik mata harusnya dibuang sesudah pemanfaatan 3 bulan.

Beberapa pakar menyatakan maskara bisa dipakai 9 bulan lamanya, sedang eyeshadow lebih lama daripada itu. Namun, nggak tersedia salahnya untuk ikuti wejangan yang disampaikan pakar kesehatan, bukan?

Baca Juga :

10 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat dan Mencegahnya dari Kebutaan

Untuk memahami kala yang pas membuang maskara adalah lihat terkecuali konsistensinya sudah menggumpal. Jangan memberi tambahan air dikarenakan itu cuma akan memudahkan bakteri berkembang biak didalam produk.

6. Merokok

Dalam Ophthalmology, merokok mengakses bersama dengan tingginya risiko katarak dan degenerasi makula dikarenakan usia yang memengaruhi kesegaran mata. National Eye Institute menyatakan degenerasi makula dikarenakan usia sebagai kerusakan noda kecil pada retina, yang digunakan untuk penglihatan tajam dan terpusat.

Ketika bagian berasal dari retina mulai memburuk, kapabilitas pandangan ikut melemah. Sayangnya, ini merupakan penyebab menurunnya kesegaran penglihatan pada orang-orang usia 50 th. lebih, dan merokok tingkatkan risiko tersebut sampai 2x lipat.

7. Melihat smartphone sepanjang hari

Ada alasan di balik situasi lelahnya mata sesudah memandangi layar komputer atau smartphone sepanjang hari. Umumnya, mata jadi jarang berkedip kala anda mengusahakan lihat konten yang terpancar berasal dari layar gawaimu. Ketika mata mulai jarang berkedip, situasi ini akan turunkan tingkat memproses air mata. Tanpa lubrikasi atau cairan, mata mulai mulai kering dan lelah, pandangan mengabur, sampai bisa mengakibatkan sakit kepala.

Selain itu, penemuan lain mengutarakan terkecuali kerap memandangi layar bisa mengakibatkan kerusakan retina yang nggak sulit disembuhkan, dan juga tingkatkan tingkat risiko rabun jauh. American Academy of Ophthalmology merekomendasikan peraturan “20-20-20” untuk meredakan ketegangan mata. Setelah memandangi layar sepanjang 20 menit, pindah arah matamu untuk memandangi suatu objek sejauh 20 ft (sekitar 6 meter) sepanjang 20 detik. Ini bisa mendukung mengatur mata dan memberi tambahan kala untuk beristirahat.

8. Lupa mengenakan kacamata pelindung

Jika bekerja di daerah proyek, layaknya pembangunan jalur atau rumah, pastikan untuk senantiasa mengenakan kacamata pelindung atau kacamata pengaman. Mungkin kacamata ini nggak terlihat stylish. Tapi menurut para ahli, banyak kecelakaan yang tentang mata berjalan dikarenakan lupa mengenakan pelindung ini, bahkan kala mengerjakan pekerjaan rumah. Jadi, demi kesegaran dan keamanan mata, jangan lupa untuk mengenakan safety goggles kala bekerja di daerah pembangunan atau kala sedang membersihkan rumah.

9. Melewatkan pengecekan mata setiap tahunnya

Pemeriksaan mata kemungkinan terdengar sepele, namun ini kudu dilakukan terkecuali idamkan merawat kesegaran pandanganmu. Sekalipun mulai matamu baik-baik saja, senantiasa tersedia kemungkinan terkecuali anda senantiasa menyipitkan atau melebarkan mata kala lihat tanpa menyadarinya.

Para pakar kesegaran mata menuturkan, banyak orang yang mengalami masalah kesegaran mata namun nggak idamkan berkunjung ke dokter. Mereka baru mampir saat pandangannya sudah memburuk. Padahal, pengecekan dan perawatan sedari dini bisa mendukung menahan kemungkinan tidak baik itu.

10. Bergantung pada obat tetes mata

Obat tetes mata memang mendukung mengatasi masalah mata yang terlihat kelelahan. Namun, sangat kerap menggunakannya justru bisa membahayakan kesegaran matamu juga, Bela. Obat tetes mata ini bekerja bersama dengan langkah mengencangkan pembuluh darah.

Namun terkecuali gunakan secara berlebihan, bisa mengakibatkan kemerahan yang lebih parah. Jika mata kemerahan dikarenakan kelelahan, cobalah hilangkan bersama dengan mengedipkan mata sebagian kali sampai air mata mulai keluar. Juga, jangan lupa beristirahat bersama dengan memadai untuk hindari mata merah.