Klinik Mata JakartaSoftlens dengan kata lain lensa kontak, saat ini ini lebih banyak diminati ketimbang kacamata biasa. Selain lebih praktis, pilihan lensa yang berwarna-warni akan sebabkan mata Anda jadi lebih indah. Namun, selamanya saja tersedia orang yang

tidak rela pakai softlens sebab cemas mengalami infeksi mata. Sebenarnya, pengaruh pakai softlens ini terlampau barangkali dicegah, kok. Yuk, intip cara pakai softlens yang benar sehingga mata bebas infeksi.

Infeksi mata, pengaruh pakai softlens yang paling kerap terjadi
Efek pakai softlens yang paling kerap terjadi adalah infeksi pada mata. Biasanya, perihal ini disebabkan sebab tradisi pakai

lensa kontak yang tidak benar. Area mata terlampau sensitif dan terlampau enteng terinfeksi. Mengucek mata dengan tangan kotor saja, udah bisa meningkatkan kesempatan infeksi mata. Apalagi kalau Anda tidak pakai softlens tidak benar.

Begini cara pakai softlens yang benar sehingga bebas infeksi

1. Pastikan tangan bersih
Pertama-tama, cuci tangan Anda dengan air bersih dan sabun. Lalu, keringkan dengan handuk bersih. Gunakan ujung jari telunjuk dan jari sedang Anda untuk mengambil alih lensa kontak berasal dari wadahnya. Menggunakan tangan yang satunya, lebarkan bagian atas dan bawah kelopak mata Anda.

Letakkan lensa kontak pada bagian putih mata Anda dengan lembut. Pejamkan mata Anda perlahan, selanjutnya gerakkan bola mata Anda dan berkediplah sebagian kali hingga terpasang sempurna.

Untuk melepasnya, pastikan Anda udah membersihkan tangan dengan bersih, selanjutnya arahkan mata Anda ke atas, geser lensa ke bagian putih mata secara perlahan. Cubit lensa kontak pakai telunjuk dan ibu jari dengan lembut, selanjutnya lepaskan berasal dari mata Anda. Jika cara menempatkan dan melepasnya udah benar, Anda bisa terhindar berasal dari risiko infeksi mata.

2. Jangan lupa membersihkan softlens
Ada tipe lensa kontak yang segera bisa dibuang setelah digunakan, dan tersedia pula lensa berjangka saat yang kudu

dibersihkan secara rutin. Nah, pengaruh pakai softlens ini terjadi kalau lensa jarang dibersihkan. Saat membersihkan lensa kontak, pakailah cairan pembersih maupun obat tetes mata yang cocok dengan tipe dan merek yang Anda gunakan.

Baca Juga : Daftar Obat yang Efek Sampingnya Menyebabkan Gangguan Mata

Untuk membersihkannya, menempatkan lensa kontak pada telapak tangan Anda. Kemudian, gosoklah secara lembut pakai jari telunjuk. Ulangi perihal ini tiap tiap kali lensa kontak selesai digunakan.

3. Simpan lensa kontak di tempatnya
Lensa kontak terlampau rentan terpapar debu dan kotoran. Maka berasal dari itu, Anda kudu detail di dalam menjauhkannya berasal dari benda sehari-hari yang jadi sumber keduanya.

Cegah permukaan lensa bersentuhan segera dengan air keran, air botolan, ataupun air penyulingan. Rutinlah mengganti cairan di di dalam daerah lensa kontak, dan jangan lupa mengganti tempatnya tiap tiap tiga bulan sekali. Sebisa mungkin, jangan pula melewatkan ujung botol bersentuhan dengan jari, mata, maupun benda lainnya.

4. Hindari tradisi jelek yang sebabkan infeksi mata
Infeksi mata akibat lensa kontak kebanyakan dipicu oleh tradisi jelek penggunanya. Berikut ini adalah hal-hal yang kudu Anda cermati di dalam pakai lensa kontak:

  • Jangan tidur dengan pakai lensa kontak sebab perihal ini akan membu
    atnya jadi kering dan sebabkan iritasi.
  • Hindari pakai lensa kontak punya orang lain, lebih-lebih kalau lensa berikut udah digunakan.
  • Lepaskan lensa kontak kalau Anda hendak berenang, sebab air kolam mengandung bakteri dan kotoran yang bisa sebabkan infeksi pada mata.
  • Pastikan Anda melenyapkan sisa cairan pembersih yang terdapat pada daerah penyimpanan. Selalu pakai cairan yang baru untuk menyimpan lensa kontak yang udah Anda gunakan.
  • Jangan pakai cairan pembersih yang udah kedaluwarsa, sekalipun cairan tetap tersisa banyak dan nampak jernih.

Dengan menerapkan cara pakai softlens yang tepat, Anda bisa kurangi risiko infeksi mata. Efek pakai softlens lainnya, layaknya iritasi termasuk bisa dicegah dengan pemakaian lensa yang benar.