Klinik Mata BekasiSama seperti organ tubuh lainnya, kesehatan mata bakal konsisten alami penurunan bersamaan pertambahan usia. Kondisi ini dikenal bersama degenerasi makula, yaitu berkurangnya kapabilitas mata untuk lihat yang umumnya menyerang orang usia 60 th. atau lebih. Tenang saja, meski risiko degenerasi makula bakal konsisten meningkat, Anda dapat memperlambat perkembangannya. Salah satu caranya adalah konsumsi makanan yang bernutrisi, seperti wortel.

Walaupun dikenal sebagai makanan yang terlalu baik untuk mata, tidak seluruh orang suka makan wortel. Jangan khawatir, menurut studi buah jeruk termasuk punyai potensi yang sama didalam merawat kesehatan mata Anda.

Potensi buah jeruk untuk merawat kesehatan mata
mata silinder

Sebuah studi dari The American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa teratur makan buah jeruk dapat menurunkan risiko degenerasi makula. Studi berikut dijalankan sehabis menghimpun wawancara 2.000 orang dewasa perihal menu makanannya setiap hari, termasuk asupan buah jeruk.

Degenerasi makula adalah rusaknya makula yang terkandung di belakang retina. Kondisi ini membawa dampak Anda tidak dapat lihat sesuatu benda bersama paham dan lebih teliti didalam jarak dekat maupun jauh. Jika Anda punyai kondisi tersebut, risiko kebutaan bakal jadi semakin besar.

Lalu, apa khasiat buah jeruk untuk mata Anda? Periset pada studi berikut sepakat bahwa buah jeruk kaya bakal flavonoid. Flavonoid adalah senyawa antioksidan yang dapat kurangi peradangan pada tubuh. Meski flavonoid termasuk ditemukan pada makanan lain seperti teh atau apel, periset belum mendapatkan potensi ke dua makanan berikut untuk kesehatan mata.

Baca Juga :

Inilah 5 Penyakit Mata yang Sering Menyerang Si Kecil Selain Mata Merah

Manfaat lain buah jeruk tak hanya merawat kesehatan mata
memilih jus jeruk sehat
Bukan hanya rasanya yang enak dan segar, buah jeruk termasuk punyai fungsi besar untuk kesehatan tubuh. Buah ini terlalu enteng ditemukan dan terlalu segar bersama rasanya yang manis agak asam.

Setiap satu porsi jeruk ukuran 154 gram punya kandungan kurang lebih 80 kalori, 250 mg kalium, 14 gram gula alami, dan 3 gram serat yang setara bersama 1 gram protein. Selain itu, buah jeruk termasuk punya kandungan beragam tipe vitamin dan mineral mutlak seperti vitamin B, vitamin C, vitamin A, folat, fosfor, magnesium, mangan, selenium, tembaga, dan asam pantotenik.

Sangat banyak bukan, kadar nutrisi buah jeruk yang berfungsi bagi tubuh Anda?

Selain meningkatkan kesehatan mata, dikutip dari laman Medical News Today, buah jeruk termasuk punyai banyak khasiat bagi tubuh Anda, antara lain:

  • Mencegah stroke. Menurut Asosiasi Jantung di Amerika (AHA), teratur makan buah bernutrisi seperti buah jeruk menurunkan risiko terkena stroke sebesar 19 prosen pada wanita.
  • Menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Buah jeruk punyai kadar natrium yang rendah agar kurangi pengaruh vasodilatasi (pelebaran diameter pembuluh darah sebab otot di sekitarnya mengendur).
  • Meningkatkan kesehatan kulit. Sifat antioksidan dari buah jeruk menunjang memerangi paparan cahaya matahari, debu, polusi yang menyerang kulit bersama meningkatkan mengolah kolagen. Semakin banyak kolagen diproduksi, tekstur kulit bakal jadi lebih kenyal dan terhindar dari kerutan.
  • Mencegah diabetes. Makanan tinggi serat seperti buah jeruk dapat menurunkan kadar gula darah dan merawat kadar insulin selalu normal.

Selain teratur makan buah jeruk, tersedia sebagian hal lain yang dapat menunjang Anda kurangi risiko degenerasi makula. Misalnya menghambat makanan tinggi lemak jenuh, tidak merokok, dan kurangi paparan cahaya biru dari gadget Anda. Jangan lupa, teratur periksa ke dokter mata seumpama Anda sudah berusia di atas 65 th. kendati Anda tidak punyai keluhan apa pun.