Terapi Mata Minus – Mata minus atau yang juga disebut dengan rabun jauh adalah salah satu penyebab paling umum dari gangguan penglihatan pada orang di bawah usia 40 tahun. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan mata minus telah meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan. Dimana sekarang ini telah tercipta berbagai teknologi canggih sehingga disebut dengan era digital. Penggunaan berbagai peralatan digital seperti smartphone telah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Sinar biru yang terdapat pada layar perangkat digital inilah yang menjadi penyebab mata minus, meski terdapat berbagai faktor lainnya. Untuk itu, ketahui apa mata minus dan penyebabnya.

Apa itu Mata Minus?

Mata minus (rabun jauh) adalah gangguan penglihatan di mana anda dapat melihat objek di dekat anda dengan jelas, tetapi objek yang jauh akan terlihat kabur. Kondisi seperti ini bisa terjadi ketika bentuk mata anda abnormal, sehingga menyebabkan sinar cahaya membengkok atau dibiaskan dengan tidak benar. Cahaya tersebut akan memfokuskan gambar di depan retina anda, bukan tepat pada retina. Mata minus bisa berkembang secara bertahap atau berlangsung dengan sangat cepat. Bahkan, kondisi mata minus seringkali memburuk pada usia anak-anak dan remaja. Mata minus cenderung terjadi dengan tingkat risiko yang cukup tinggi dalam keluarga yang memiliki riwayat mata minus.

Gejala yang Bisa Timbul Akibat Mata Minus

Jika anda memiliki gangguan penglihatan mata minus atau rabun jauh, tidak menutup kemungkinan anda akan kesulitan untuk melihat benda-benda di kejauhan dengan jelas. Seperti rambu-rambu di jalan atau rambu lalu lintas. Meski begitu, anda dapat melihat dengan baik untuk radius yang dekat seperti membaca dan menggunakan komputer. Gejala atau tanda munculnya mata minus seperti menyipitkan mata, ketegangan pada mata, hingga sakit kepala. Anda juga bisa merasakan lelah pada mata saat mengemudi atau kesulitan untuk melihat atau mengenali marka jalan terutama di malam hari. Gejala mata minus atau rabun jauh secara umum termasuk:

  • Penglihatan yang kabur pada saat anda melihat objek yang jauh
  • Kebiasaan untuk menyipitkan mata atau menutup sebagian kelopak mata agar bisa melihat dengan jelas
  • Sakit kepala yang terjadi karena kelelahan pada mata
  • Kesulitan untuk melihat saat anda mengemudikan kendaraan, terutama pada malam hari (rabun senja)

Baca Juga: Mata Malas (Amblyopia) yang Membutuhkan Vision Therapy

Apa Penyebab Mata Minus?

Mata minus (rabun jauh) terjadi ketika bola mata memiliki bentuk yang terlalu panjang, yang berpengaruh terhadap kekuatan fokus kornea dan lensa mata. Sehingga sinar cahaya akan terfokus pada suatu titik di depan retina, tidak langsung pada permukaan retina. Mata minus juga bisa disebabkan oleh bentuk kornea atau lensa yang terlalu melengkung untuk panjang bola mata. Dalam beberapa kasus, mata minus terjadi karena kombinasi dari faktor-faktor tersebut.

Mata memiliki dua bagian yang memfokuskan gambar yaitu kornea, permukaan depan mata yang bening dan berbentuk kubah. Dan lensa, struktur yang jelas tentang ukuran dan bentuk permen. Pada mata yang berbentuk normal, masing-masing elemen pemfokusan ini memiliki kelengkungan yang sangat halus, seperti permukaan kelereng. Kornea dan lensa dengan lengkungan seperti itu (membiaskan) semua cahaya yang masuk untuk membuat gambar terfokus tajam langsung ke retina, di belakang mata. Jika kornea atau lensa anda tidak memiliki kelengkungan yang merata dan mulus, maka sinar cahaya tidak dapat dibiaskan dengan benar. Sehingga anda mengalami kesalahan bias yang menyebabkan mata minus.

Kondisi gangguan penglihatan mata minus bisa disembuhkan melalui terapi non bedah seperti kacamata, lensa kontak, atau ortho-k. Lensa ortho-k menawarkan penglihatan yang jelas sepanjang hari hanya dengan penggunaan pada malam hari saja. Atau langkah bedah LASIK yang menawarkan hasil permanen. Namun, perlu untuk diingat bahwa prosedur LASIK tidak bisa digunakan untuk beberapa orang.

Vio Optical merupakan klinik mata terpercaya yang menghadirkan pelayanan kesehatan mata terlengkap dengan alat canggih serta staff professional. Anda dapat memperoleh terapi mata minus seperti ortho-k, kacamata, ataupun kontak lens yang sesuai dengan kondisi anda. Pemeriksaan lengkap meliputi screening retina, screening, katarak dan screening glukoma. Segera dapatkan pelayanan kesehatan mata terpercaya dan lengkap bersama Vio Optical Clinic.