Low Vision – Gangguan penglihatan memiliki banyak bentuk dengan berbagai gejala. Dimana ada berbagai kondisi dan masalah visual berbeda dalam setiap gangguan penglihatan. Pengaruh gangguan penglihatan terhadap ketajaman visual seseorang, tentu bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari. Termasuk salah satunya gangguan low vision yang memengaruhi tingkat ketajaman visual seseorang. Ini adalah permasalahan yang tidak bisa diperbaiki dengan kacamata dan lainnya. Sehingga diperlukan penanganan khusus untuk melakukan rehabilitasi bagi para penderita low vision.

Ketahui Apa itu Low Vision dan Penyebabnya

Low vision adalah istilah yang mengacu pada gangguan penglihatan yang memengaruhi ketajaman visi. Dimana penderita low vision umumnya memiliki penglihatan 20/70 atau lebih buruk, sehingga tidak bisa melihat dengan jelas suatu objek. Kondisi ini tidak dapat sepenuhnya dikoreksi dengan kacamata ataupun lensa kontak. Ketajaman visual yang dimiliki akan turun secara signifikan dan bisa berpotensi pada kehilangan visi secara permanen. Sangat penting melaklukan pemeriksaan kesehatan mata agar bisa mendeteksi kondisi ini sejak dini. Sehingga, langkah pengobatan yang dilakukan bisa lebih optimal.

Penyakit mata adalah penyebab umum dari low vision dan banyak penyakit mata yang tidak memiliki ataupun disertai dengan gejala awal. Pemeriksaan mata secara teratur penting untuk memeriksa tanda-tanda peringatan dini masalah kesehatan mata yang cukup serius. Ada berbagai macam penyebab low vision, termasuk:

Degenerasi makula

Ini adalah kelainan yang mempengaruhi retina, lapisan peka cahaya di bagian belakang mata tempat gambar difokuskan.

Retinopati Diabetik

Ini adalah gangguan pada mata yang berkaitan dengan diabetes, dimana pembuluh darah yang memberi nutrisi pada retina berkembang kecil. Yang kemudian membentuk cabang abnormal yang bisa bocor dan menyebabkan retinopati diabetik.

Glaukoma

Ini adalah kerusakan pada saraf optic yang terjadi karena meningkatnya tekanan internal di mata karena masalah dengan aliran atau drainase cairan di dalam mata.

Katarak

Iniadalah kekeruhan dari sebagian atau seluruh lensa di dalam mata. Kekeruhan ini mengganggu cahaya yang mencapai retina di bagian belakang mata, yang mengakibatkan hilangnya penglihatan secara umum.

Baca Juga: Simak Apa Itu Orthokeratology dan Bagaimana Cara Kerjanya

Retinitis Pigmentosa

Kondisi ini secara bertahap menghancurkan penglihatan malam, sangat mengurangi penglihatan samping dan dapat menyebabkan gangguan penglihatan total.

Cedera mata

Kondisi yang bisa dikenali dengan gejala penurunan ketajaman visual atau bidang visual, sensitivitas kontras, penglihatan kabur, misalignment mata, dan penilaian kedalaman yang buruk.

Alat Bantu Low Vision

Penderita low vision memerlukan perawatan yang lebih intensif mencakup terapi dan penggunaan alat bantu. Penderita dengan gejala awal low vision, memiliki kemungkinan untuk masih bisa disembuhkan dengan terapi. Namun, ketika kondisi low vision memburuk, maka anda memerlukan terapi sekaligus alat bantu. Dimana alat bantu low vision memberikan anda bantuan untuk bisa melakukan aktivitas berkaitan dengan visi. Ini memberikan efek positif dengan memudahkan anda dalam beraktivitas sehingga anda lebih percaya diri.

Dengan alat bantu low vision, maka kinerja membaca meningkat saat menggunakan kaca pembesar, dibandingkan dengan membaca tanpa kaca pembesar. Menariknya, beberapa orang dengan low vision dapat membaca lebih cepat daripada rekan-rekan mereka yang terlihat normal saat menggunakan kaca pembesar. Alat bantu low visison juga membantu anda lebih mudah untuk melakukan tugas-tugas kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti membaca, menulis, melakukan pekerjaan administrasi, mengikuti jadwal, mengikuti berita dan melakukan kegiatan kreatif dan intelektual.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.